Burung Merak : Cara Merawat, Ciri, Jenis, Pakan dan Harganya

Posted on

Burung Merak memiliki daya tarik yang indah di pandang, karena memiliki bulu yang lebat dan corak yang bervareatif.

Ya, burung merak merupakan jenis burung hias yang memiliki pesona yang bagus untuk dilihat. Namun perlu untuk di ketahui, burung merah memiliki 3 jenis yang ada di dunia yang mungkin belum pembaca ketahui.

Burung merak memiliki sebutan tersendiri, dimana sebutan peacock untuk burung merak jantan, sedangkan untuk sebutan merak betina sering di sebut peahens, dan untuk burung merak jantan dan betina keduanya di sebut dengan Feafolt.

Karena burung merak memiliki  beberapa jenis, maka untuk harganya akan berbeda-beda, karena setiap burung merak memiliki vareasi bulu yang berbeda pula.

Jenis Burung Merak

Secara umum, burung merak memiliki ekor yang panjang dan di hiasi dengan vareasi bulu lainnya dan membuatnya menjadi terkesan elegan. Apalagi ketika bulu merak tersebut di buka lebar, nampak sudah keindahannya terlihat.

  1. Burung Merak Biru

gambar burung merak biru

Gambar burung merak biru

Burung merak biru memiliki nama ilmiah Pavo cristatus, atau biasa di sebut juga dengan burung merak india, merupakan salah satu jenis merak yang mungkin pamiliar banyak orang.

Ciri-ciri burung merak biru ini , panjang tubuhnya bisa mencapai 230 cm , dan memiliki ekor yang panjang yang bewarna biru metalik, dan ketika ekornya terbuka, maka terlihat seperti kipas-kipas yang di lengkapi dengan jambul yang menjadi ciri khas jenis burung merak biru ini.

Namun, keindahan burung merak biru betina tidak sebagus burung merak biru jantan, dimana untuk ciri burung merak betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari jantan sekitar 2 meter, dan untuk ciri fisik merak biru betina antara lain :

  • Warna bulu betina merak biru tidak mengkilap seperti jantan
  • Tidak memiliki bulu penutup ekor
  • Warna bulu coklat ke hijau-hijauan yang di lengkapi dengan garis hitam

Merak biru pada awalnya di jumpai di bangladesh, ada kemungkinan populasinya sudah langka dan kemungkinan juga punah keberadaannya.

Merak biru jantan biasa berpoligami, artinya bisa memiliki pasangan lebih dari satu. Dan ketika jantan sedang ingin kawin dan merayu betinanya, burung merak tersebut akan membuka ekor dan tubuhnya tersebut, sehingga terlihat indah dengan corak bulu yang menawan.

Makanan Merak Biru

Burung ingin menyukai banyak jenis pakan, seperti cacing, laba-laba, kadal kecil, serangga, dedauan, pucuk tanaman, dan biji-bijian.

Lihat Juga : Burung Cendrawasih : Cara Merawat, Pakan, Jenis dan Harganya

  1. Merak Hijau ( Pavo muticus )

Gambar burung merak hijau

Gambar burung merak hijau

Secara keseluruhan, motive bulu yang ada pada merak hijau dan merak biru memiliki motiv dan vareasi yang sama, hanya saja yang membedakannya, dari sisi warna, merah hijau memiliki warna bulu hijau, merak biru memiliki warna bulu biru.

Begitu juga dengan jambul yang dimiliki oleh merak hijau, memiliki jambul yang menghiasi kepalanya. Namun untuk merak hijau jantan dan betina, memiliki perbedaan, diantaranya :

  • Bulu tubuh jantan mengkilap, dan betina agak kusam
  • Ukuran tubuh jantan merak hijau memiliki tubuh yang lebih besar dari betina
  • Jantan merah hijau memiliki penutup ekor yang panjang, dan betina merak tidak memilikinya
  • Ukuran tubuh jantan merak hijau bisa mencapai 3 meter

Habitat Burung Merak Hijau

Burung ini ketika hidup di alam liar biasa di temukan di padang rumput dan di hutan terbuka. Untuk asal usul penyebaran merak hijau di Indonesia wilayah jawa, jawa,Republik Rakyat Tiongkok Indocina.

Namun, sebelumnya juga merak hijau di temukan di Bangladesh, India dan juga malaysia, akan tetapi keberadaanya pun sekarang ini tergolong sangat langka.

Seperti burung merak biru, merah hijau jantan memiliki karakter memiliki pasangan lebih dari satu dengan gaya khasnya ketika ingin kawin dan merayu merak betina , burung ini sering membuka ekor dan tubuhnya untuk menarik perhatia lawan jenisnya. Dan untuk merak hijau mampu bertelur sebanyak 3 sampai 6 ekor.

  1. Merak Kongo

gambar merak kongo

Gambar merak kongo

Merak yang satu ini, merak kongo memiliki perbedaan yang kontrak dengan jenis merak yang lainnya, seperti merak hijau dan merak biru.

Untuk ciri-ciri merak kongo, antara lain :

  • Merak kongo jantan memiliki panjang tubuh mencapai 70 cm
  • Jantan merak kongo memiliki warna bulu biru yang di hiasi warna hiau dan warna ungu yang mengkilap
  • Jantan merak kongo memiliki kulit leher yang bewarna merah
  • Jantan merak kongo memiliki jambul bewarna putih yang tegak
  • Warna bulu merak kongon betina bewarna coklat, terutama bagian sayapnya
  • Memiliki bulu warna hiau di bagian belakang tubuhnya
  • Betina merak kongo memiliki warna jambul coklat

Cara Merawat Burung Merak

Burung merak tergolong burung yang dilindungi oleh negara, dan tentunya jika ingin memelihara burung ini perlu iji terlebih dahulu untuk bisa memeliharanya.

Burung ini, sebenarnya tergolong mudah untuk di rawat, akan tetapi untuk di budidayakan tergolong lambat, karena burung ini hanya bisa menghasilkan 2 buah telur saja setiap bertelur. Jadi, mungkin saja inilah alasan mengapa burung ini cukup langka.

  1. Makanan Burung Merak

Pakan burung merak memang sama, setiap jenisnya, entah itu burung merak kongo, merak biru dan juga merak hijau.

Namun, yang pasti dalam pemberian pakannya melengkapi kebutuhan gizinya, seperti asupan pakan dari hewani dan pakan dari biji-bijian dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Kumpulan Kicauan Burung Mp3

Untuk pakan itu sendiri, bisa di berikan, diantaranya :

  • Laba-laba
  • Cacing
  • Kadal kecil
  • Biji-bijian
  • Dedauan
  • Pucuk rerumputan
  • Serangga, seperti jangkrik
  • Voer
  • Ulat hongkong dan ulat lainnya

gambar merak putih

Gambar merak putih

  1. Kandang Burung Merak

burung merak memiliki tubuh yang bedar, terutama burung tersebut sedang mengembangkan ekor dan bulu tubuhnya.

Untuk itu, berikan kandang yang luas, menyerupai di alam liar, karena jika kandangnya terlalu kecil akan membuat burung mudah stress.

Dan juga pastikan tempat kandang burung merak jauh keramaian, karena burung merak ini memiliki difat yang pemalu dan tidak menyukai tempat yang terlalu ramai.

  1. Masa Produksi Merak

Burung merak jantan bisa memiliki pasangan lebih dari 1, untuk itu jika memiliki betina lebih dari satu maka tinggal di satu kandangkan saja.

Namun, sebaiknya dalam satu kandang jangan banyak pejantan, karena dapat terganggu proses beternaknya, paling tidak sebagai referensi, dalam satu kandang terdapat 1 ekor jantan dan 2 ekor betina merak.

  1. Pengeraman Burung Merak

Ada beberapa keluahan yang pernah beternak burung merak, dimana ketika di erami oleh burung merak sendiri, telurnya jarang menetas. Akan tetapi ketika di erami oleh ayam, maka banyak berhasil menetas telurnya.

Untuk itu, jika burung merak peliharaan anda jarang menetas kalau di erami oleh burung merak sendiri, maka bisa mennggunakan ayam untuk mengerami telur burung merak.

Harga Burung Merak

Jenis MerakHarga Burung Merak
Merak Biru RemajaRp = 22.000.000/pasang
Merak Biru DewasaRp = 36.000.000/pasang
Merak Putih AnakanRp = 22.500.000/pasang
Merak Putih DewasaRp = 45.000.000/pasang
Merak Cameo RemajaRp = 50.000.000/pasang
Merak Biru Jnatan Umut 5-6 bulanRp = 12.000.000
Merak PIED/BLorokRp = 50.000.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *