burung kenari tampil prima dilapangan

Cara Menjaga Kondisi Burung Kenari Agar Tampil Prima diLapangan

Posted on

Agar burung kenari saat lomba memiliki stamina dan kualitas suara yang bagus ketika di arena lomba tentunya ada banyak faktor yang perlu untuk di perhatikan dalam merawatnya, sehingga perawatan kenari tersebut , membuat kenari selalu tampil dengan dengan baik ketika di rumah, dan tentunya di arena lomba.

Perawatan harian dan perawatan sebelum dan pasca lomba untuk untuk di perhatikan, karena jika dengan perawatan yang tepat setiap harinya, maka fisik, mental dan kualitas kicauan akan berkembang dengan baik dari hari kehari.

Berbeda halnya ketika perawatan harinnya, cenderung asal-asalan, tentunya burung tidak dapat berkembang dengan baik, apalagi tampil baik saat lomba.

Cara Menjaga Kondisi Burung Kenari Agar tampil Prima dilapangan

Dalam menjaga kondisi burung selalu dalam kondisi pria tentunya hal yang paling di inginkan oleh pemiliknya, antara lain, burung memiliki suara kicauan yang bervareasi dengan durasi kicauan yang lama, serta di iringi dengan mental yang baik pula.

Dan untuk mencapai kondisi terbaik burung kenari tersebut, maka untuk perawatannya bisa di lakukan seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Melatih Fisik

Karena kicauan dengan durasi yang panjang berkaitan dengan kualitas fisik dan kualitas nafas burung, maka burung perlu untuk di latih setiap harinya.

Karena, jika nafas dan fisik burung tidak bagus, maka durasi kicauannya tidak terlalu panjang, karena burung akan kehabisan nafas dengan cepat dan tidak memiliki stamina yang bagus, dan membuat kicauannya tidak terlalu panjang dan baik.

Untuk membuat burung kenari memiliki kualitas suara yang bagus, maka bisa dengan melatihnya setiap hari di kandang umbaran atau kandang yang luas, untuk membuatnya menjadi sering terbang-terbang dan aktif.

Lihat Juga : Download Suara Burung Kenari Mp3

Ketika burung sering terbang-terbang, meskipun pendek-pendek, akan tetapi itu memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kualitas fisiknya.

Setelah burung di jemur, burung kenari di simpan di tempat yang besar, hingga beberapa jam, misalkan memasukan kenari di kandang umbaran pada jam 13.30 – 14.00.

download suara burung

  1. Berikan pakan yang sesuai

Setiap saat, burung kenari di perhatikan, entah itu ketika dalam burung kenari jarang berkicau meskipun dalam keadaan fit.

Ada beberapa kemungkinan, ketika burung dalam keadaan fit , tapi terlihat malas untuk berkicau, seperti kurang birahi. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa memberikan pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti mengkudu, telur puyuh rebus, salada, sawi hijau.

Sedangkan , ketika kenari tersebut terlihat terlalu over birahinya, maka bisa memberikan pakan mentimun, oyong dan mengurangi asupan protein yang tinggi.

  1. Multivitamin

Berikan multivitamin untuk melengkapi asupan yang di butuhkan oleh tubuh burung kenari, sehingga burung selalu terjaga kesehatannya, dan membuat burung menjadi aktif.

  1. Mandikan Setiap hari

Memandikan burung kenari bukan hanya dapat membersihkan bulunya dari kotoran, akan tetapi dalam membuat burung menjadi selalu segar, selain itu jika burung dimandikan setiap juga dapat membangun mental burung itu sendiri yang baik.

Baca Juga : Cara Beternak Burung Kenari Agar Cepat Kawin dan Betelur

Untuk memandikannya, dilakukan seperti biasanya, bisa menggunakan sprey, memandikan di keramba atau memasukan cepuk khusus untuk mandi burung kedalam sangkar hariannya.

  1. Berikan tulang sotong

Tulang sotong sangat baik di berikan pada kenari untuk membantu pertumbuhan tulang dan bulunya, karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Selain itu, tulang sotong juga memiliki manfaat yang dapat membantu menetralisir kandungan asam air.

Nah, demikianlah tips kali yang bisa kali bagikan untuk rekan-rekan kicaumania sekalian untuk menjaga kondisi burung kenari selalu prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *