burung kemade
Gambar burung kemade

Burung Kemade: Ciri-ciri, Kelebihan, Suara, Makanan dan Perawatannya

Posted on

Burung kemade memiliki banyak sebutan nama seperti cici geni ( cigen ), Kemadehan, burung cabe jawa, burung cabean dan burung talokan.

Dalam merawat burung kemade banyak yang orang yang memanfaatkan suaranya sebagai burung masteran, karena memiliki suara crecetan, tembakan dengan speed rapat.

Selain memiliki suara yang khas yang bagus untuk masteran, harga burung kemade tergolong murah dan populasi di alam liar cukup melimpah dan dalam merawatnya cukup mudah.

Perbedaan Burung Kemade Jantan dan Betina

Untuk anda yang berminat memelihara burung kemade, maka pilih yang berjenis kelamin jantan, karena suara jantan lebih keras, bervariasi dan juga gacor. Dan berikut adalah cara membedakan burung kemade jantan dan betina.

Lihat Juga : Cara Memilih Vitamin Burung

Secara umum, ukuran tubuh burung kemade hampir sama dengan burung kolibri dan burung pleci.

Ciri-ciri Burung Kemade Jantan :

  • Terdapat warna bulu merah terang pada bagian punggung, leher dan kepalanya
  • Warna bulu pada pangkal ekornya bewarna merah
  • Warna bulu pada bagian sayapnya bewarna hitam
  • Terdapat warna bulu putih abu-abu pada bagian perutnya

Baca Juga : Cara melatih Burung Makan Voer

Ciri-ciri Burung Kemade Betina :

  • Terdapat warna bulu coklat yang ke abu-abuan pada bulu bagain pundak dan kepalanya
  • Pangkal ekornya bewarna merah

Secara sederhana, warna bulu pada bagian pundak, leher dan kepalanya bewarna merah menyala untuk jantan, dan untuk betina warna bulu pada bagian leher, kepala dan pundaknya bewarna coklat ke abu-abuan.

Makanan Burung Kemade

Ketika di pelihara di dalam sangkar, burung kemade sebaiknya di berikan makanan beruba pisang kepok, untuk itu bisa mengajarinya terlebih dahulu untuk mau memakan pisang kepok dengan cara melolohnya setiap hari selama 3 hari.

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung

Selain itu, burung kemade juga biasa mengkonsumsi pakan berupa jangkrik, ulat kecil, talok/kersen, buah jambu biji, biji benalu.

Cara Merawat Burung Kemade Agar Rajin Bunyi

Untuk perawatan burung kemade agar rajin bunyi tentunya perlu melakukan perawatan yang rutin dan seperti mengatur makanan.

  1. Settingan Pakan Burung Kemade

Agar burung kemade memiliki kesehatan yang bagus dan rajin bunyi maka bisa memberikan pakan secara lengkap, seperti memberikan pisang kepok, jangkrik keci, ulat honkong, kroto, ulat kandang atau pakan lainnya.

Untuk jumlah pakan yang bisa di berikan, bisa memberikannya secara cukup saja, tidak ada settingan khusus, selama burung mau makan makanan yang di sebutkan di atas.

Lihat Juga : Download Suara Burung Gak Pake Ribet  ( Semua Jenis Burung Masteran dan Pancingan )

  1. Memandikan Burung Kemade

Mandikan burung kemade setiap harinya dengan cara di semprot dengan menggunakan semprotan halus.

Setelah di mandikan, berikan pakan ulat hongkong atau jangkrik kecil. Tapi untuk memberikan makanan bisa menggunakan langsung, agar burung menjadi jinak.

  1. Menjemur Burung Kemade

Setelah dimandikan dan diberikan pakan jangkrik atau ulat hongkong, burung dijemur selama 1 jam lama dan lakukan secara rutin agar burung menjadi rajin bunyi.

  1. Jaga kebersihan

Kebersihan memiliki peranan penting untuk membuat burung menjadi sehat dan rajin bunyi, untuk itu bersihkan kandang burung, mulai dari dasar sangkar, tangkringan, cepuk pakan dan minum.

Suara Burung Kemade 

di bawah ini emrupakan suara burung kemade dengan berbagai macam variasi kicauan yang bisa kalian gunakan sebagai burung pancingan atau untuk masteran.

Audio Burung Kemade Variasi 1 | Download

Audio Burung Kemade Variasi 2 | Download

Audio Burung Kemade Variasi 3 | Download

Audio Burung Kemade Variasi 4 | Download

Audio Burung Kemade Variasi 5 | Download

Video burung kemade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *