burung cingcoang coklat

Burung Cingcoang Coklat

Posted on

Kicaumania.net – Bentuk tubuh yang kecil dari burung jongkangan atau burung cingcoang coklat (Brachypteryx leucophrys) ini saat ini mulai di lirik oleh kalangan pecinta burung kicauan.

Karena, meskipun dengan ukuran tubuh yang kecil, suara kicauan burung cingcoang ini sangat bervariasi dan nyaring, dengan kemampuannya tersebut mengingatkan dengan burung hwamei mini.

Karena suara kicauan yang nyaring dan banyak variasi suara kicauaun, maka inilah yang menjadikan alasan, kenapa para kicaumania menyukai burung ini untuk memancing burung sejenis dan untuk memaster burung lain.

Ciri-ciri Burung cingcoang coklat

Untuk mengenal burung cingcoang coklat bisa dilihat dari fostur tubuh dan ciri khas lain, seperti :

  • Warna bulu tubuh bawahnya bewarna putih, mulai dari tunggir, tenggorokan, perut dan dadanya
  • Memiliki warna bulu coklat yang kemerahan pada tubuh bagian atas
  • Panjang tubuh cingcoang coklat 11 cm
  • Memiliki ekor pendek
  • Memiliki kai yang panjang
  • Terdapat alis yang bewarna putih
  • Pada bagian dadanya berbintik

Lihat Juga : Manfaat Jemur Burung di Pagi Hari

Persebaran Burung Cingcoang Coklat

Ada 3 jenis burung cingcoang yang ada di Indonesia, salah satunya burung cingcoang coklat yang memiliki persebaran di sumbawa, sumatera, timor, lombok dan jawa.

Sedangkan untuk persebaran negara asia lainnya burung cingcoang coklat terdapat juga di malaysia, Thailand, Nepal, Tiongkok dan Myanmar.

Makanan Burung Cingcoang Coklat

Ketika di alam liar cingcoang coklat suka ditemukan di permukaan tanah dan di semak belukar untuk mencari makanan aktifitas lainnya.

Lihat Juga : Kunci Utama Perawatan Burung

Makanan yang biasa di konsumi oleh cingcoang coklat pupa kumban, siput, keong, tempayak, jangkrik dan hewan lainnya.

Cara Merawat Burung Cingcoang Coklat

Dalam perawatannya, untuk membuat burung cingcoang coklat menjadi gacor atau rajin bunyi, terlebih burung bisa mengeluarkan suara bervariasi dan kencang, maka pemberian pakan, terutama pakan yang mengandung protein bagus untuk membuatnya rajin bunyi dan melakukan perawatan lainnya seperti pengembunan, memandikan, jemur dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Suara Masteran dan Pancingan Burung

  1. Pengembunan

Salah satu waktu favorit bagi burung cingcoang coklat adalah pagi hari pada jam 05.00 -06.00, karena di waktu itu burung akan menjadi rajin berkicau dan di waktu tersebut juga bagus untuk kesehatan fisik dan mentalnya.

Lakukan pengembunan secara rutin tiap hari agar burung selalu rajin bunyi dan bersautan dengan burung lainnya yang ini bagus untuk melatih keterampilan berkicau dan juga untuk pernafasannya.

  1. Mandi dan Jemur

Ketika burung sudah di embunkan dan matahari sudah mulai nampak, maka cingcoang coklat di mandikan dengan cara di semprot, atau jika burung sudah terbiasa dengan mandi di keramba maka gunakan keramba saja.

Lihat Juga : Tips Agar Burung Mau Makan Voer

Setelah mandi, cingcoang coklat di anginkan sambil memberikan pakan jangkrik sebanyak 2 -3 ekor, lalu jemur selama 30 menit saja.

  1. Pemasteran Cingcoang Coklat

Setelah di jemur selesai, cingcoang coklat di simpan di tempat yang teduh untuk beristirahat sambil memutar suara masterannya.

Suara Cingcoang Coklat Mp3

Di bawah ini telah kami sediakan suara burung cingcoang coklat sebagai suara masteran atau suara pancingan untuk bunyi yang bisa di putar terlebih dahulu sebelum mendownloadnya.

Suara Burung Cingcoang Coklat | Download

Suara Cingcoang Coklat untuk Pancingan Variasi 1 | Download

Suara Cingcoang Coklat untuk Pancingan Variasi 2 | Download

Demikianlah pembahasa kali ini seputar Informasi burung cingcoang coklat, mulai dari makanan, ciri-ciri, cara merawat, suara dan hal lainnya.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *