cara mengatasi anis merah macet bunyi

Penyebab Anis Merah Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya

Posted on

Burung kicauan yang satu ini memiiki peminat yang banyak orang peihara, karena suara khas yang mampu di keluarkan oleh anis merah ini menjadi daya tarik seseorang untuk memeliharahanya, dengan suara gacor yang khas, teler menjadi keunikan dari burung ini sendiri yang tidak di miiki oleh jenis burung lainnya. 

Cara melakukan perawatan hingga anis merah tentunya bukanlah perkara yang mudah di lakukan, butuhkan keuletan dan perawatan yang tepat untuk melakukannya, namun ketika burung sudah bisa mendapatkan kicauan indah seperti yang di inginkan oleh pemulik burung itu sendiri, hal yang harus dilakukannya adah dengan mempertahankan kualitas kicauannya dan juga meningkatkan suara anis merah itu sendiri.

Namun ,kendala yang terjadi pada burung anis merah menjadi suatu hal yang menjadi persoalan tersendiri, dimana tiba-tiba anis merah yang tadinya gacor, bahkan teler banyak diam dan tidak berkicau sama sekali, tentunya hal tersebut dapat membuat pemilik burung anis merah yang teer, karena burung kesayangannya menjadi diam membisu seperti itu !!.

Setiap burung memiiki keunikan dan karakter masing-masing , maka dari itu untuk menangani hal tersebut tentunya kita sesuaikan dalam perawatannya dengan kareakter anis merah, agar membuat anis merah yang mascet bunyi tersebut mau kembali untuk berkicau.

Penyebab Burung Anis Merah Macet Bunyi

Mungkin bagi seorang pemua atau bagi anda yang sudah lama memeihara burung anis merah akan merasa sedih dan kesal ketika menjumpai burung peiharaanya menjadi diam dan tidak berkicau, terlebih burung tersebut akan di ikut lombakan, maka dari itu temen-temen kicaumania bisa dengan melihat terebih dahulu penyebab yang ada, dan nantinya bisa ambil solusi yang di sesuaikan dari penyebab anis merah macet bunyi tersebut.

  1. Mabung

Untuk penyebab yang pertama kenapa anis merah macet bunyi adalah di sebabkan oleh mabung, namun jangan khawatir, proses ini pasti terjadi pada burung anis merah, dan akan membuatnya menjadi berdiam diri.

Berdiam diri  burung anis merah dan tidak berkicau memang itu menjadi yang seharusnya terjadi, karena burung yang sedang mabung tersebut bisa focus untuk proses mabung itu sendiri. Akan tetapi jika pada proses mabung justru burung masih cukup sering berkicau maka hal tersebut tidak baik untuk pertumbuhan bulunya dan prosesnya tidak sempurna, seperti yang seharusnya dan membuat proses mabung lebih lama.

Selain pada proses mabung, anis merah juga terkadang akan masih jarang untuk berkicau ketika bulunya tersebut sudah mulai tumbuh kembali, hingga beberapa minggu dan juga beberapa bulan. Namun , hal tersebut masih wajar, karena ketika bulu anis merah tumbuh tentunya akan mengeluarkan banyak energy dalam proses pertumbuhannya tersebut. Setelah energynya kembali nanti anis merah akan rajin berkicau, karena energynya tidak terkuras oleh proses mabung, karena sudah selesai.

Baca Juga : Cara Merawat Anis Merah Mabung

  1. Akibat perjalanan

Anis merah merupakan burung kicauan yang mudah terkena stress, stress bisa di sebabkan oleh banyak hal, seperti yang disebabkan oleh perjalanan menuju suatu lokasi, misalkan membawa anis merah di motor atau di mobil untuk menuju tempat lomba kicauan, atau perjalanan menuju rumah setelah membeli anis merah di kios burung.

Biasanya anis merah stress yang di sebabkan akibat dari perjalanan tersebut ,karena pada saat perjalanan melewati jalan yang bergelombang atau berlubang, sehingga sangkar burung anis merah terguncang-guncang.

Jadi ketika membawa anis merah, maka usahakan dalam perjaannya jangan sampai membuat kandang menjadi sering terguncang dengan keras, karena dapat membuatnya menjadi stress.

  1. Faktor Lingkungan

Hampir setiap burung biasa hidup di alam liar di sekitar pegunngan atau juga perdesaan, begitu juga dengan anis merah yang memiiki kebiasaan di alam liar. Kebiasaan anis merah ketika hidup di alam liar lebih menyukai tempat yang tersinari matahari dengan sedikit dan tidak menyukai angin yang terlalu kencang.

Lingkungan yang penuh dengan polusi udara yang kotor menjadi sah satu penyebab anis merah macet bunyi. Misalkan di tempat para temen-temen kicau mania teralu banyak suara kendaraaan dan di tembah dengan udara yang sangat kotor.

Adapun penyebab lain dari lingkungan yang tidak kondusif untuk kehidupan anis merah, dimana anis merah di tempatkan dengan jenis burung lainnya, seperti burung nuri . karena jika terlalu di dekatkan dengan burung lainnya, maka mental anis merah lambat laun akan ngedrop.

Lihat Juga : Dowload Suara Burung Anis Merah Untuk Masteran

Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi

Dari beberapa penyebab yang menyebabkan anis merah macet bunyi yang telah di sampaikan di atas, maka jika terlanjur anis merah terseut macet unyi, maka bisa dengan mengembalikannya ke kondisi normal atau membantu mempercepat proses macet bunyi tersebut.

Untuk penyebab anis merah macet unyi yang di sebabkan oleh mabung, maka tidak peru melakukan perawatan khusus, hanya tingga menunggunya saja, hingga bulunya sudah tumbuh kembali dengan sempurna yang di dukung dengan pemberian pakan dan Multivitamin.

Namun , jika anis merah macet bunyi di sebabkan hal lainnya, maka bisa dengan meakukan tips di bawah ini.

Untuk memulai mengatasi anis merah macet bunyi, maka bisa dengan memulai pengembunan pada pagi hari dengan mengantung sangkar di dekat pohon rindang sekitar jam 04.00 pagi hingga matahari terbit, sambil memberikan pakan berupa 1 sendok teh kroto.

Setelah proses pengembuanan tersebut, maka bisa memberikan pakan lainnya berupa cacing tanah sebanyak 2 ekor .

Lakukan perawatan tersebut hingga beberap hari atau beberapa minggu, hingga burung mau berkicau kembali.

Sealin itu, jika pengembunan dan pemberian kroto dan cacing tanah masih kurang atau masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan, maka bisa dengan menambahkan ampas dari buah peer yang di campurkan pada pakan kroto tersebut.

Untuk pemberian pakannya, maka bisa dengan memarut buah peer dan peras airnya, setelah itu campurkan kroto dan ampas buah peer tersebut secara merata hingga burung mau mengkonsumsinya.

Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi Pasca Mabung

Anis merah bisa menghabiskan waktu mabung hingga 1 bulan, namun setelah pasca mabung tersebut, burung masih belum mengeuarkan kicauan yang bisa di keluarkan oleh burung itu sendiri sebelum mabung itu terjadi.

Akan tetapi sebelum memutuskan bahwa burung tidak mau berkicau lagi pasca mabung, akan tetapi perhatikan terebih dahulu, apakah pertumbuhan bulunya sudah sempurna apa belum. karena , jika pertumbuhan bulunya belum sempurna, maka akan banyak energy burung anis terkuras untuk pertumbuhan bulunya tersebut, dan ketika selesai tumbuh dengan sempurna,maka energynya burung anis merah tidak terkuras karena proses mabung tesebut, dan membuatnya menjadi rajin untuk berkicau

Namun, jika bulunya sudah tumbuh dengan sempurna, akan tetapi burung anis merah masiih terihat malas untuk berkicau, maka hal yang pertama untuk di akukan adalah dengan cara mengeluarkan sifat alaminya itu sendiri, dengan perawatan Khusus.

Untuk membuat anis merah macet bunyi pasca mabung bisa dengan melakukan terapi terhadap burung anis merah tersebut, agar kebosanan dan stress yang mungkin di alami anis merah bisa hiang yang di sebabkan oleh jenuhnya suasana sangkar yang kondisinya gitu-gitu aja, berbuan-buan hingga bertahun-tahun hidup di dalam sangkar.

Untuk melakukan terapi untuk menghiangkan kejenuhan atau stress pada anis merah, maka bisa dengan memberikan suasana baru di dalam kandang dengan kaki-kaki pendek. Dengan memberikan dasar sangkar berupa tanah bersih dari kotoran dan basah, dedauanan kering dan memasukan beberapa cacing.untuk menimbulkan kesan alami biasa anis merah hidup di alam liar.

Setelah semuanya di siapkan permukaan sangkar bagian bawah dengan tanah, cacing dan juga dadauanan kering,maka selanjutnya biarkan anis merah bermain-main di sana hingga 1 sampai 2 jam dan kembalikan sangkar anis merah seperti biasanya jika selesai.

Lakukan terapi ini secara rutin, hingga kebosanan dan kejenuhan anis merah sampai hliang dan membuatnya menjadi rajin lagi untuk berkicau.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *