cara merawat burung anis kembang

Cara Merawat Burung Anis Kembang Agar Cepat Gacor Atau Rajin Berbunyi

Posted on

Burung anis memiliki beberapa jenis yang ada, entah itu burung anis merah dan juga burung anis kembang yang akan kita bahas kali ini.

Dari berbagai jenis burung anis yang ada tentunya memiliki keunggulan masing-masing dan membutuhkan perawatan yang rutin untuk mendapatkan kicauan yang indah dan berkualitas.

Tentunya setiap pemilik burung kicauan, apapun itu hal yang paling menarik adalah bangaimana burung peliharaannya tersebut memiliki suara yang indah dan rajin berbunyi dan juga tentunya aktif dan sehat.

Ya, perawatan yang rutin merupakan bagian dari hal yang harus dilakukan untuk mendapatkannya. Seperti pemberian pakan, memandikan, menjemurnya dan lain sebagainya.

Setiap burung memiliki skebiasaan yang berbeda-beda, maka dari itu perawatan yang berbeda juga perlu dilakukan, meskipun secara umum dalam melakukannya sama saja, dan perawatan yang rutin adalah hal yang baik untuk dilakukan.

Cara Merawat Anis kembang Agar Cepat Gacor

Untuk melakukan perawatan bukan hanya tentang mendapatkan kicaun yang indah dari burung peliharaan, akan tetapi hal tersebut merupakan kewajiban anda yang memelihara burung kicauan yang menjadi factor  utama. Ketika melakukan burung peliharaan dengan rutin dan baik, maka hasil yang akan di dapatkan tidak akan mengecewakan anda tentunya.

  1. Perhatikan pemberian Pakan

Pakan merupakan hal yang penting untuk di berikan setiap harinya terhadap burung anis kembang. Banyak jenis makanan yang sukai oleh burung anis dan tentunya hal tersebut menjadi kebingungan tersendiri bagi anda seorang pemula untuk memilihnya. Pada penjelasan sebelumnya sudah dibahas tentang jenis-jenis makanan burung anis agar rajin gacor yang bisa temen-temen kicaumani baca dari artikel lainnya.

Adapun makanan yang bisa diberikan pada burung anis kembang , bisa anda berikan adalah kroto, jangkrik, voer, cacing dan buah-buahan.

Makanan yang akan diberikan tentunya menjadi hal yang penting untuk diberikan, yang akan memiliki manfaat yang dapat untuk menjaga :

  • Menjaga Kesehatan dan aktif
  • Membuatnya rajin berbunyi
  • Menstabilkan birahi anis kembang
  • Memberikan energy
  • Dan lain sebagainya
  1. Menjaga kebersihan kandang

Kandang merupakan rumah bagi burung anis kembang itu sendiri, ketika sangkar dalam keadaan kotor dan tidak bersih, maka kesehatan dari anis kembang akan terganggu dan membuatnya terkena penyakit yang membuatnya sulit untuk bersuara dan juga tidak aktif.

Jangan anggap remeh soal kebersihan kandang, karena kesehatan merupakan awal yang baik untuk membuat anis kembang menjadi sehat dan selanjutnyamenjadi lebih aktif dan membuatnya lebih rajin berbunyi.

Biasanya kandang yang kotor disebabkan oleh menumpuknya kotoran burung  yang ada di dalam kandang dan sisa makanan yang jatuh dan tercampur air yang jatuh dan mengundang penyakit datang.

  1. Mengangin-nganginkannya

Sebelum memandikan burung anis kembang, maka diperlukan mengangin-nganginkan terlebih dahulu, pada pukul 7 pagi. Sambil menganginkannya, bisa dengan mengganti pakan dan air minum , dan sambil membersihkan kandang jika kotor.

  1. Memandikan dan Menjemur Burung Anis kembang

Nah, dengan memandikan burung anis kembang tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan burung anis menjadi lebih segar dan juga menjadi aktif.

Untuk memandikannya bisa dimulai pukul 7 pagi dan setelah itu jemur sampai jam 11 siang. Namun pada saat menjemurnya sebaiknya hindari adanya burung sejenis dan bisa sambil memberikan pakan ektra fooding, seperti jangkrik, kroto dan lain sebagainya.

Setelah menganginkan, memandikannya dan juga menjemurkan setelah selesai dilakukan, maka bisa dengan menganginkan kembali selama 15 menit  setelah itu dimasukan ke krodong.

  1. Krodong dan memasteran

Pada jam 11 siang, maka bisa dengan cara memasukan anis kembang ke krodong sambil memasterannya hingga pukul 15.30 . untuk melakukan pemasteran, bisa dengan cara mencari suara anis kembang yang bagus , dan untuk alternatifnya bisa dengan menggunakan suara masteran Mp3 yang di perdengarkan.

  1. Gantang di depan Rumah

Setelah jam 15.30 maka selanjutnya bisa dengan menganginkannya di depan rumah, dan memberikan pakan jangkrik atau pakan lainnya. Dan jika cuaca lagi cerah, maka bisa dengan memandikan kembali, akan tetapi jika itu tidak memungkinkan, maka cukup menggantangnya di depan rumah.

Nah, berikut adalah cara merawat anis kembang agar rajin berbunyi dan juga sehat untuk bisa dilakukan sekarang juga dengan cara yang mudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *