Cara Merawat Anis Merah Trotolan

Cara Merawat Anis Merah Trotolan Atau Anakan Agar Gacor Maksimal

Posted on

Para kicau mania yang menyukai jenis burung anis dalam melakukan perawatannya lebih menyukai perawatan yang anis anakan atau trotolan, karena selain memiliki harga yang terbilang murah dibandingkan diewasa, dengan merawatnya dri kecil memiliki kepuasaan tersendiri ketika melakukannya, terlebih lagi melakukannya bisa mendapatkan suara kicuaan yang seperti di inginkan. 

Namun , jika temen-temen kicau mania yang ingin memliharanya mulai dari anakan maka tentunya membutuhkan perawatan yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan butuuh keuetan darri pemik burung itu sendiri.

Selain itu, persoalan ketika ingin memelihara anakan yang masih trotolan tentunya memiliki kendala , dimana untuk membedakan jenis kelamin burung anis itu sendiri, dibandingkan dengan membedakannya ketika sudah dewasa.

Namun , jika temen-temen membeli di tempat kios yang menjual anis merah yang sudah faham bener untuk membedakan kelamin jantan dan betina, maka tentunya bisa membeinya di tempat tersebut, selama penjual anis merah trotol tersebut bisa anda percayai.

Akan, tetapi jika ingin membedakan kelamin anis merah trotol sendiri, maka bisa dengan melihat ciri-cirnya dari sayap anis merah anakan itu sendiri, seperti penjelasan di bawah ini.

Cara Mebedakan Anis Merah Trotolan Jantan dan Betina

Untuk melihat ciri-ciri anis merah berjenis kelamin jantan dan betina, maka bisa dengan melihat bercak atau noda warna kuning di bagian sayapnya. Warna kuning tersebut bisa terlihat sangat jelas atau terlihat samar-samar.

Dan untuk sayap betina bisa dilihat memiliki bercak atau noda bewarna kuning di bagian sayapnya, hingga mencapai 5 sayap memiliki bercak tersebut, dan sedangkan untuk pajantan tidak memiliki bercak sama sekali.

Adapun cara lain untuk membedakan kelamin anis merah, bisa di lihat capit udangnnya, atau melihatnya cari kepala, paruh dan matanya, ketika anis merah sudah mulai tumbuh dewasa dan berganti bulu.

Cara Memilih Anakan Anis Merah Anakan

 Para kicaumania, ketika sebelum membeli anis merah trotolan, biasanya akan melihat ciri-ciri anis merah tersebut untuk menentukan kualitas dari anakan anis merah tersebut. Meskipun cara tersebut tidak selalu berhasil, akan tetapi cara tersebut di yakini suatu ciri untuk menentukan kualitasnya.

Selain itu, biasanya kicaumania akan membeli dari keturunan anak anis merah yang berkualitas, akan tetapi bangaimanapun perawatan memiliki peranan yang besar juga. Karena meskipun anakan anis merah dari keturunan yang berkualitas, akan tetapi perawatannya tidak tepat tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga : 

Penyebab Anis Merah Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya

Cara Merawat Anis Merah Mabung Agar Cepat Tumbuh Kembali Bulunya

Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Mencabuti Bulunya Sendiri

  1. Bentuk Kepala

Biasanya , kicaumania akan memilih anis merah troitolan anakan dengan memiliki kepala yang ceper karena mereka meyakini, dengan memiliki kepala yang ceper, maka anis merah tersebut akan mudah untuk di masterankan dan dapat menirukaknnya dengan baik.

  1. Paruh dan Leher Tebal

Hal kedua yang biasanya kicaumania lihat untuk mentukan kualitas anakan anis merah dengan melihat paruhnya. Mereka meyakini, dengan memiliki paruh yang tebal, maka kicuan yang dapat di keluarkannya sangat kencang. Dan juga memiliki kualitas kicauan yang bagus ketika lehernya terasa tebal ketika di pegang.

Selain itu pangkal paruh yang memiliki sobekan yang terlihat lebar ( paruh dekat mata ), maka akan membuat burung cepat untuk bunyi atau ngeplong.

  1. Kaki Anis Merah Anakan

Kaki yang hitam pada anis merah anakan, diyakini memiiki mental yang bagus

  1. Sayap

Sayap yang bagus adalah, dengan melihat sayapnya terlihat rapat, karena burung anis yang sehat memiliki sayap yang rapat.

Cara Merawat Anis Merah Trotolan

Jika sudah memilih dan memelihara anis merah trotolan, maka untuk memaksimalkan kemampuan burung itu sendiri mampu berkicau dengan sangat baik, maka harus melakukan perawatan. Meskipun anakan dari kuaitas juara, maka jika perawatannya tidak tepat, maka percuma saja.

Selain itu, untuk membuat anis merah anakan menjadi lebih baik pertumbuhannya adalah dengan mempertahankan ke stabilan emosinya. Karena anis merah cukup rentan terjadinya stress yang dapat menggangu perkembangannya, terumana pada waktu masih anakan.

  1. Menjemur dan Memandikannya

Untuk mandikan anis merah bisa dengan menyemprotkannya atau bisa dengan menyimpan anis merah dari keramba dan membiakannya mandi sendiri.

Mungkin untuk pertama kali anis merah anakan tidak akan langsung mau mandi dan bahkan tidak mau dekat dekat keramba. Akan tetapi , bisa memancingnya dengan menyimpan pakan kesukaannya, seperti jangkrik atau cacing tanah, agar mau masuk ke keramba.

Setelah mau mandi atau dimandikan, maka harus melakukan penjemuran, agar mengembalikan bulu basah kuyupnya menjadi kering kemali selama 30 menit saja pada pagi hari.

  1. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan, alangkah baiknya berikan Gizi yang seimbang dengan memberikan berbagai macam pakan yang mengandung protein, serat, kaohidrat, Vitamin dan lain seagainya.

 Untuk pemberian pakan bisa di berupa pakan dari buah-buahan , seperti apel, papaya dan pakan dari Extrafooding, seperti kroto,cacing tanah, jangkrik dan serangga lainnya.

  1. Masteran dan Teman

Untuk membantu anis merah rajin untuk berkicau, maka bisa dengan menyimpan anis merah anakan lainnya, untuk memancingnya saling bersautan.

Karena dengan seringnya anis merah saling bersautan, maka akan membuatnya cepat untuk berkicau ngeplong.

Selain itu bukan hanya anis merah anakan saja yang bisa di dekatkan sebagai suara pancingan, akan tetapi bisa dengan memperdengarkan suara kicauan jenis siulan yang tidak jauh dari tempat anis merah tersebut yang cukup jauh. Seperti suara jalak suren, suara cucak jenggot, jangkrik , belalang dan karakter suara burung lainnya yang memiliki speed rapat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *