cara merawat anis merah mabung

√ Cara Merawat Anis Merah Mabung Agar Cepat Tumbuh Kembali Bulunya

Posted on

Burung anis merah mabung merupakan proses ilmiah yang akan terjadi pada burung tersebut. Ada beberapa hal yang harus di persiapkan untuk membantu burung anis mabung dengan sempurna, dimana lama proses tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang semestinya. Karena jika, anis merah mengalami mabung dalam kurun waktu yang terlalu lama dapat menurunkan kualitas kesehatan dan mental burung itu sendiri , termasuk kualitas kicauannya. 

Ya, jika mabung terjadi dalam kurun waktu yang terlalu lama sangat disayangkan tentunya, karena untuk mendapatkan kicuan yang indah, seperti gacor atau hingga teler tentunya membutuhkan waktu yang lama.

Jadi, jangan sampai hasil perawatan yang selama ini membuat burung anis merah mampu mengeluarkan kemampuan kicauan terbaiknya malah menurun kualitasnya hanya karena proses mabung yang tidak berjalan dengan baik.

Cara Merawat Anis Merah Mabung

Hal yang harus diperhatikan dalam merawat anis merah, entah itu saat mabung atau tidak adalah dimana anis merah rentan strees. Dengan hanya jatuhnya kandang dari atas ke bawah saja, bisa membuat anis merah macet bunyi.

Jadi , tentunya dalam perawatan anis merah pada saat mabung tentunya menjadi hal dasar adalah dengan memperhatikan kenyamanan, agar burung bisa focus pada proses mabung itu sendiri.

  1. Biarkan Anis Merah Merontokan Bulunya

Agar anis merah bisa focus dalam merontokan bulunya, maka bisa dengan membiarkan bulu anis merah yang sudah rontok yangb erada di dalam kandang, agar anis merah akan terus merontokan bulunya.

Lakukan membersihkan kandang anis merah dari bulunya yang rontok dan jatuh di bawah sangkar 1 minggu sekali.

  1. Pakan

Pakan yang sangat membantu pertumbuhan bulu adalah dengan memenuhi kebutuhan protein, akan tetapi burung juga membutuhkan asupan gizi lainnya, sebagai penunjang kebutuhan gizi lainnya tentunya harus tercukupi juga, seperti karohidrat, serat, Vitamain dan lain sebagainya.

Akan tetapi untuk pemberian pakan yang memiliki kandungan protein secukupnya saja, karena jika di berikan secara berlebihan, malah dapat membuat anis merah jadi sering berkicau karena birahi dan proses mabung itu sendiri bisa memakan waktu lebih lama.

  1. Pemberian Susu Bubuk

Susu bubuk bisa di berikan pada burung anis merah saat mabung yang bisa diberikan dengan mencampurnya dengan pakan lainnya, seperti pakan dari kroto, jangkrik, Voer dan pakan lainnya.

Menambahkan pakan susu bubuk sangat di recomendasikan pada burung anis merah yang dimana proses mabungnya susah tuntas. Jadi untuk mengatasi mabung anis merah sulit tuntas, maka bisa dengan memberikan susu bubuk tersebut, pada saat mabung tersebut.

Hentikan pemberian pakan susu bubuk tersebut, ketika bulu anis merah sudah mulai tumbuh kembali atau bisa dengan hanya memberikan susu bubuk tersebut 1 minggu saja.

  1. Memandikan dan menjemur

Dalam masa mabung dan tidak dalam mabung, anis merah memang memandikan dan menjemur harus dilakukan, akan tetapi harus dibedakan jumlah lamanya. Untuk menjemur murai batu mabung maka bisa dilakukan pada pagi hari selama 2 sampai jam dan mandikan setelahnya. Setelah itu, maka anis merah di krodong Full.

Namun , untuk memandikan dan menjemur anis merah hanya di lakukan 2 kali dalam 1 minggu saja, sebagai terapi.

  1. Terapi Daun dan Kulit Jeruk Nipis

Memasukan dedauan dan kulit jeruk nipis yang di masukan ke bawah sangkar dapat membantu proses mabung anis merah. Adapun menggunakan kulit jeruk nipis yang di masukan ke dalam kandang tersebut agar membuat kandang menjadi sedikit lembab. Dan untuk memasukan daun kedalam bawah sangkar untuk terapi burung itu sendiri dengan memasukan daun sirsak dan daun pandan. gantiah daun tersebut secara rutin, jika ada daun yang sudah mulai kering, maka bisa dengan menggantinya dengan yang masih segar.

  1. Suplementasi

Adapaun jika belum puas dengan hasi yang di dapatkan, atau ingin mengunakan suplementasi, maka kicau mania bisa membeli produk suplementasi untuk membantu burung mabung menjadi cepat tuntas., yang isa di beli di toko online maupun kios burung.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *