burung mandi sauna

Manfaat dan Cara Mandi Sauna untuk Burung yang Tepat

Posted on

Kicaumania.net  – Dalam melakukan perawatan burung peliharaan, mandi sauna pada burung peliharaan menjadi salah satu yang cukup ramai yang sempat menjadi pembasahan dari kalangan kicaumania.

Dari beberapa sobat kicaumania dalam melakukan perawatan mandi sauna dilakukan pada burung sirtu/cipoh/sirpu, cucak ijo, kacer dan burung lainnya.

Meskipun cara ini pernah membuat burung menjadi lebih rajin berkicau, namun ada juga kicaumania lainnya yang belum mendapatkan manfaat pada burung peliharaannya.

Lihat Juga : Kunci Utama Perawatan Burung

Lalu, Apa Sih Mandi Sauna untuk Burung ?

Mandi sauna merupakan perawatan burung, dimana sangkar burung di krodong dengan krodong yang sudah di basahi air, lalu burung di jemur di tempat yang terkena sinar matahari.

Dengan media krodong yang basah dan di jemur di bawah sinar matahari, maka burung suhu yang ada di dalam sangkar menjadi lembab.

Untuk beberapa jenis burung memang memiliki kesukaan untuk diam di tepat yang lembab, seperti burung anis kembang, anis merah, cucak hijau dan burung lainnya, karena ketika suhu lembab dan tropis di Indonesia merupakan persebaran burung tersebut.

Lihat Juga : Tips Agar Kroto Awet

Penggunaan krodong yang basah pada sangkarnya merupakan cara untuk membuat suhu sangkar lembab, mirip seperti ketika burung hidup di alam liar, dimana ketika berdia diri di pohon daun pada pohon tersebut bisa melindungi dari sinar matahari dan hujan.

Manfaat Mandi Sauna untuk Burung

Ketika di alam liar, burung akan menyesuaikan dirinya, dimana ketika cuaca sedang musim hujan, maka burung akan mencari tempat lain untuk menghangatkan tubuhnya, begitu juga ketika matahari sedang panas, maka burung akan mencari tempat yang sejuk dan lembab untuk menjaga suhu tubuhnya.

Lihat Juga : Suara Terapi Air Mengalir untuk Burung

Namun, ketika melakukan terapi mandi sauna, burung tergantung perawat atau pemiliknya, jika cara yang dilakukan salah, maka burung bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, dan ketika cara yang dilakukan dengan cara yang tepat, maka burung akan mendapatkan manfaatnya, seperti :

  • Membantu tubuh burung menjadi ideal, karena bisa membakar lemak tubuhnya
  • Mendrongkak emosi burung
  • Meningkatkan emosi burung
  • Mengatasi burung lambat panas
  • Daya tempur burung lebih baik

Lihat Juga : Kumpulan Suara Burung Gacor

Resiko Burung Mandi Sauna

Selain manfaat yang di dapat dalam terapi mandi sauna, namun cara ini juga emiliki resiko yang cukup tinggi, jika cara yang dilakukannya salah, bisa berakibat seperti :

  • Bisa mabung terlalu cepat
  • Heat stres atau burung menjadi stres karena kepanasan
  • Mengalami serak, karena terlalu lama atau terlalu panas proses terapi mandi sauna
  • Bisa mengalami kematian pada burung jika terapi mandi sauna durasinya terlalu lama dan terlalu panas

Lihat Juga : Cara Benar Merawat Burung di Musim Hujan

Hal yang Harus di Hindari dalam Mandi Sauna

Agar prose terapi mandi sauna pada burung lancar dan agar tidak menimbulkan efek yang burung pada burung, maka perlu memperhatikan hal-hal yang harus dihindari, seperti :

  • Jangan lakukan terapi ini pada jenis burung kecil, karena di khawatirkan burung tidak kuat dengan panas yang di hasilkan yang membuatnya hilang suara dan bahkan bisa menyebabkan kematian
  • Jangan berlebihan atau terlalu lama menjemur
  • Jangan lakukan pada burung yang sedang mabung

Lihat Juga : Manfaat Jahe untuk Burung

Cara terapi Sauna Burung yang Benar

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan dari penjelasan di atas, maka untuk ini kami berikan tips yang bisa dicoba untuk mendongkrak emosi, membangun mental dan membuat burung rajin bunyi.

  • Sediakan air putih, agar burung tidak kehausan
  • Berikan makanan atau buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak, seperti buah pepaya, jika burung tidak menyukai pepaya, bisa mengganti dengan pakan lain, seperti jangkrik atau pakan lainnya

Baca Juga : Cara Melatih Burung Mandi Sendiri

  • Untuk awal-awal terapi sauna, resleting krodong jangan dulu di tutup, untuk membiasakan burung terlebih dahulu sebelum full krodong
  • Setiap beberapa menir sekali, krodong sangkar burung di semprot agar tetap basah
  • Untuk melakukan terapi mandi sauna, cukup 30 menit, maksimal 1 jam lamanya

Demikianlah tips kali kami bagikan seputar manfaat dan cara mandi sauna untuk burung yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal seperti yang di inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *