cucak jenggot macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Cucak Jenggot Macet Bunyi Agar Gacor Kembali

Posted on

Macet bunyi pada burung kicauan menjadi suatu hal yang cukup di khawatirkan oleh kalangan kicaumania, karena yang awalnya burung rajin gacor,burung mendadak menjadi pendiam, jarang untuk berkicau dalam waktu yang cukup lama.

Dari setiap merawat  burung dengan melihat dimana kondisi burung tersebut sedang macet bunyi, tentunya pola perawatannya harus di sesuaikan, karena jika melakukan perawatan lainnya, misalkan merawat seperti untuk membuatnya gacor, justru akan membuat proses macet bunyinya bisa memakan waktu lebih lama, maka dari itu lakukan perawatan khusus untuk membuatnya pulih kembali.

Proses pemulihan tentunya menjadi suatu hal yang utama, agar membuat burung menjadi mau berkicau kembali, dimana dalam hal melakukan perawatannya adalah dengan menfokuskan terlebih dahulu dalam membuat mental dan fisiknya sehat kembali.

Cara Mengatasi Burung Cucak Jenggot Macet Bunyi

Suara besetan yang tajam menjadi salah satu tujuan dari pemilik burung cucak jenggot, namun sebaiknya bukan hal tersebut saja yang menjadikan tujuan utamanya, karena percuma saja jika burung sudah dapat gacor dengan suara khas besetannya tersebut secara tiba-tiba menjadi macet bunyi, tanpa adanya tanda-tanda sebelumnya, burung cucak jenggot menjadi macet bunyi, karena adanya kesalahan dalam merawatnnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan burung cucak jenggot menjadi macet bunyi, seperti di sebabkan oleh pola perawatan yang tidak tepat atau juga di sebabkan oleh tidak terawatnya burung cucak jenggot itu sendiri.

  1. Sangkar Cucak jenggot

Sangkar yang mulai tidak terasa nyaman, bisa membuat burung menjadi macet bunyi, seperti kandang terlalu lebar, terlalu sempit,bau, kotor, sering di datangi oleh semut dan lain sebagainy.

Baca juga : Cara merawat burung cucak jenggot

Jadi sebisa mungkin kondisikan kandang senyaman mungkin untuk cucak jenggot dengan memperhatikan burung tersebut apakah nyaman atau tidak. Selain itu bisa mengganti tanggkringan yang pas untuk kaki cucak jenggot jika itu penyebab cucak jenggot mogok bunyi atau bahkan bisa mengganti kandang yang lebih layak atau baru.

download suara burung

  1. Berikan Pakan Berkualitas

Jika voer menjadi pakan utama yang di sedikan dalam sangkar burung cucak jenggot, maka bisa dengan mengganti pakan dengan bentuk dan warna yang berbeda.

Ciri-ciri cucak jenggot tidak puas dengan pemberian pakan dari Voer, dimana burung tersebut akan cenderung untuk mengacak-ngacak pakannya hingga berjatuhan ke bawah sangkar.

Berikan pakan dari Ekstrafooding pada burung cucak jenggot, dengan menyimpan potongan jahe kecil pada tubuh jangkrik, untuk meningkatkan stamina.

Selain itu berikan juga, pakan dari buahan-buahan seperti apel, pisang kapok yang di lumuri dengan madu yang di gantung di dalam sangkarnya.

  1. Menjemur Sore hari

Jemur burung cucak jenggot yang sedang macet bunyi pada sore hari , dan mandikan dengan durasi lebih lama dari biasanya untuk membuat burung mengeluarkan suara besetan yang menjadikan ciri khasnya tersebut.

  1. Pancing Burung Cucak Jenggot

Sekali-kali, dekatkan burung cucak jenggot dengan burung sejenisnya, entah itu cucak jenggot jantan atau juga cucak jenggot betina untuk memancing birahinya. Atau bisa memutar Audio suara cucak jenggot betina jika anda tidak memiliki burung cucak jenggot lainnya.

Lihat : Download Suara Cucak Jenggot Betina

Pada malam hari simpan burung di ruang keluarga sambil memutar suara burung cucak jenggot, agar burung mau berkicau karena terpancing.

  1. Simpan di Tempat Nyaman

Selama proses terapi berlangsung, burung di simpan yang nyaman yang tidak adanya gangguan dari suara atau gangguan hewan predator yang menakutinya. Dan usahakan jangan dekatkan dengan jenis suara burung lainnya, terlebih burung lainnya tersebut memiliki suara gacor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *