cara merawat burung cucak cungkok

Cara Merawat Burung Cucak Rowo Harian dan Menjelang Lomba

Posted on

Burung cucak rowo atau cucak rawa jenis burung yang cukup banyak diminati oleh kalangan kicaumania Indonesia, karena memiliki kemampuan berkicau yang unik dan khas, dan menjadikannya di pelihara oleh CR mania.

Dengan potensi kicauan yang bisa di keluarkan oleh cucak rowo, membutuhkan perawatan harian yang rutin dan tepat, sehingga burung mendapatkan kualitas terbaik bagi cucak rawa.

Dalam merawatnya, burung cucak rowo perlu di sesuaikan dengan kondisi cucak rawa itu sendiri, karena setiap perawatannya tidak bisa di samaratakan dengan perawatan lainnya, seperti perawatan harian dan juga merawat cucak rawa ketika akan di ikut lombakan yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Cara Merawat Burung Cucak Rowo Harian

Dalam merawat burung cucak rowo , dimulai pada pagi hari pada pagi hari ketika burung di angin-anginkan pada jam 07.00 pagi.

Setelah di angin-anginkan, cucak rowo di berikan jangkrik sebanyak 2- 3 ekor ketika burung sedang di jemur sekitar jam 07.30, dan durasi penjemurannya selama 1 jam.

Ketika jam 09.00 pagi, burung di mandikan di dalam keramba hingga burung benar-benar puas, Atau jika tidak memungkinkan bisa dengan memandikannya menggunakan semprotan, dan setelah itu berikan pakan berupa pisang kapok yang segar ketika di angin-angnkan setelah selesai mandi.

Tepat pukul 11.00 burung di kerodong hingga pukul 15.00, dan setelah itu burung di angin-anginkan kembali sambil memberikan jangkrik sebanyak 2 sampai 5 ekor.

Lihat Juga : Download Suara Cucak Rowo

Cara Merawat Burung Cucak Rowo Menjelang Lomba

Agar burung bisa tampil optimal ketika di ikut lombakan, caranya dengan melakukan pemberian pakan dari sebelumnya dan juga melakukan krodong secara full H-1 .

Jika dalam perawatan harian, burung di berikan 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari, maka menjelang H-1, burung di berikan pakan sebanyak 7 ekor saat pagi hari dan  7 ekor pada sore hari.

Pada H-1, burung di krodong Full, hingga besok hari 1 jam sebelum lomba. Ketika sampai di tempat lomba, krodong di buka agar burung bisa menyesuaikan dengan lingkungan lomba. Ketika burung sudah mau berkicau selama 30 menit, maka krodong tersebut di buka hanya setengahnya saja.

Dalam perawatan yang di lakukan pada burung cucak rowo, adalah dengan cara menjaga birahi burung tetap stabil, tidak kekurangan dan juga tidak Over birahi. Dengan meningatkan pakan saat lomba, di harapkan burung memiliki stamina yang bagus, untuk membuatnya menjadi rajin berkicau selama lomba berlangsung.