cara merawat cucak jenggot

√ Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Rajin Berkicau dan Gacor

Posted on

Dari sebagian banyaknya jenis burung kicauan yang sering di ikut lombakan kicauan, burung cucak jenggok menjadi salah satu bisa di jadikan andalah dari beberapa jenis burung cucak . 

Namun, langkah yang tepat ketika seseorang yang telah memelihara burung cucak jenggot. Maka, menjadi pertanyaan tersendiri,

Bagaimana Cara Merawat Cucak jenggot Agar Rajin Berikicau ?

Untuk mendapatkan kicaun yang indah dari burung cucak jenggot, maka harus melakukan perawatan yang rutin , memperhatikan pakan, pemberian Vitamin yang rutin hingga menjaga kesehatan secara menyeluruh dari perawatan yang dilakukan tersebut.

Ada jenis-jenis burung cucak yang biasa banyak para pecinta burung kicauan pelihara, seperti :

  • Burung cucak kombo
  • Burung cucak keling
  • Burung cucak ijo
  • Burung cucak rante
  • Burung cucak jenggot
  • Burung cucak ijo mabung

Dari berbagai macam jenis-jenis cucak ijo yang ada, tentunya peminatnya berbeda-beda, seperti burung cucak ijo dan juga burung cucak jenggot yang sering di ikut lombakan dengan jenis burung cucak lainnya. Namun , bukan berarti burung cucak yang lainnya tidak memiliki prosfek yang baik untuk di ikut lombakan.

Jika temen-temen sedang memelihara burung cuak jenggot, tentunya memiliki keunggulan ketika memeliharanya, karena memiliki prosfek yang baik untuk di ikut lombakan dan juga suara kicauan dari burung cucak jenggot sering dijadikan suara masteran untuk kicauan burung lainnya.

Untuk memaksimalkan kemampuan dari kicauan burung cucak jenggot, tentunya membutuhkan perawatan yang rutin, sehingga stamina dan kicaunnya dapat terlatih setiap hari dan meningkatkan kemampuannya.

burung cucak jenggot

Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Rajin Berkicau dan Gacor

Setiap harinya perlu dilakukan perawatan, agar kesehatan burung tetap terjaga dan membuatnya menjadi lebih aktif dan rajin berkicau, sehingga burung mampu melatih kicauannya setiap hari dan meningkatkan kicauan setiap harinya.

  1. Memandikan

Ada beberapa manfaat yang di dapatkan dari burung yang dimandikan secara rutin, seperti membuat bulu kotornya menjadi bersih dari kuman atau bakteri, menyegarkan tubuh dari burung cucak jenggot, dan tentunya menjaga kesehatannya secara keseluruhan.

Memandikan burung, tentunya setiap burung berbeda-beda untuk jumlahnya. namun , temen-temen kicaumania , maka bisa dengan melakukannya pada malam hingga pada jam 6 hingga jam 9 malam.

Selain itu, kalian bisa dengan memandikan cucak jenggot pada siang hari, agar membantu membutnya menjadi lebih segar setiap waktu.

  1. Pemberian Multivitamin

Pemberian pakan harian saja tidak cukup untuk mendorong cucak jenggot menjadi rajin berkicau dan gaacor.

Untuk membuat cucak jenggot, maka bisa dengan pemberian multivitamin atau juga bisa memberikan ramuan khusus, seperti campuran 1 telur bebek yang di campurkan dengan kroto sebanyak 2 sendok teh dan 1 buah apel.

Sebelum diberikan pada burung cucak jenggot, maka campurkan ketika bahan tersebut dengan cara memblendernya, sehingga ketika mau diberikan dapat mudah untuk dicerna oleh burung.

Berikan ramuan ini secara rutin pada burung cucak jenggot secara rutin, agar burung tersebut dapat dengan rutin juga mengeluarkan suara gacornya dan tentunya dapat melatih suara kicauannya, dan ketika nanti mau di ikut lombakan dapat membuatnya menjadi terbiasa dengan mengeluarkan suara gacor dan siap untuk bertanding untuk adu suara kicauan terbaiknya.

Cara merawat cucak jenggot  agar cepat gacor pada penjelasan ini merupakan hal yang dapat mendorongnya untuk selalu berkicau dan gacor.

Namun, bagaimanapun selain melakukan hal tersebut, maka sebaiknya penuhi kebutuhan lainnya, seperti membersihkan kandang dari kotoran dan sisa makanan yang membusuk dan juga hindari sebisa mungkin hindari burung cucak jenggot menjadi stress dan jaga kesehatannya sebisa mungkin.

Nah, demikinlah cara merawat burung cucak jenggot agar rajin berkicau dan gacor dengan tips sederhana namun mampu mendapatkan hasil yang baik , sehingga burung cucak ijo mampu mengeluarkan suara kicaun terbaiknya dan siap di ikut lombakan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *