cara merawat burung parkit

Cara Merawat Burung Parkit Agar Cepat Gacor

Posted on

Burung parkit memiliki peminat sendiri di Indonesia, terutama di peliara untuk di ikut lomba kicauan dan berarap burung tersebut menjuarai lomba kicauan dan meningkatkan harga jual burung itu sendiri dan mendapatkan hadiah. 

Setiap orang dalam merawat burung parkit berbeda-beda, sesuai dengan informasi yang di dapatkan dan juga dengan pengalaman sendiri maupun orang lain.

Dari banyaknya cara yang ada tentunya ada beberapa orang yang berhasil menjadikan burung kicauannya tersebut menjuarai kontes kicauan dan meningkatkan kualitas terbaik dari burung tersebut.

Apapun cara yang banyak para kicau mania lakukan, tentunya menjaga kesehatan yang harus dilakukan , agar burung tersebut mampu mengeluarkan kicauan yang dimilikinya.

Selain perawatan yang tepat, maka pakan burung parkit menjadi hal yang harus di berikan setiap harinya, agar setiap hari, burung tersebut menjadi sehat, aktif dan tentunya akan rajin berkicau yang sekaligus akan melatih kemampuan kicauannya setiap hari.

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara memelihara burung parkit, maka sebaiknya pada kicau mania penting untuk mengetahui karakteristik dari burung itu sendiri, karena mengingat setiap burung memiliki karakter dan kesukaannya masing-masing yang berbeda. Dan dari sinilah modal awal dasar untuk merawat burung parkit dapat berkembang dengan baik dan semestinya.

Karakteristik Burung parkit

Pada umumnya burung peliharaan bisa bertahan hidup mencapai 5 hingga 8 tahun, akan tetapi untuk burung parkit bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya, dan tergantung dari perawatannya. Semakin baik perawatannya maka akan lebih baik.

Makanan burung parkit yang biasa di konsumsinya, seperti makanan yang biasa di konsumsi burung pada umumnya, seperti pakan dari buah-buahan dan juga biji-bijan.

Burung parkit ketika hidup di alam liar memiliki kebiasaan hidup secara berkoloni, dengan membangun sarang di semak-semak pohon yang tinggi.

Burung parkit memiliki kecerdasan, seperti burung beo yang bisa menirukan suara manusia, sehingga ketika di ajarkan beberapa kata, maka memiliki banyak peluang bisa di tirukan oleh burung tersebut.

Nah, dengan melihat karakteristik dari burung parkit, maka sekarang bisa melanjutkan tentang cara merawat burung parkit agar cepat gacor.

Cara Merawat Burung Parkit Agar Cepat Gacor

gambar burung parkit gacor

download suara burung

Untuk merawat burung parkit memang gampang-gampang sudah, karena dengan melihat beberapa kicau mania mampu membuat burung kicauannya mengeluarkan kicauan yang baik, sedangkan bagi pemilik lain mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Namun, dengan melakukan perawatan secara rutin ,maka bukanlah yang tidak mungkin untuk mendapatkan kualitas kicauan yang baik bagi burung parkit.

  1. Memilih Burung parkit

Untuk mengikut lomba kicaun burung parkit, maka sebaiknya jenis burung yang berkelamin pejantan, karena pejantan akan lebi rajin untuk berkicau. Selain itu, suara dari pejantan akan mengeluarkan kicaun yang lebi keras di bandingkan dengan betina.

  1. Perawatan Burung parkit

Untuk mendapatkan kualitas jangka panjang, maka membutuhkan perawatan harian yang rutin, sehingga setiap harinya burung parkit mampu dilatah dengan baik dan menirukan apa yang di inginkan oleh pemilik itu sendiri seperti pemasteran yang dilakukan.

Bersihkan kandang dari kotoran dan juga sisa makanan, karena ketika kandang yang kotor dapat membuat burung terserang penyakit dna membuatnya menjadi sakit.

Selain itu, mandikan burung parkit setiap harinya, agar membuatnya menjadi segar bugar setiap hari dan juga dengan memandikannya dapat membuat bulu menjadi berisi dari kotoran yang mungkin akan menyerang kesehatannya, dan setelah itu lakukan penjemuran, agar mengeringkan bulu yang bahas kuyup. 

Pemasteran menjadi hal yang harus dilakukan untuk bisa ditirukan oleh burung tersebut. Untuk pemasteran bisa mendownload suara burung parkit di internet atau dengan menggunakan media lainnya.

  1. Pemberian pakan

Bagi pemula biasanya tidak mengetahui pakan apa yang bisa diberikan para burung parkit. Sebenarnya untuk pemilian pakan sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya tentang makanan burung parkit . antara lain, pakan yang bisa dilakukan adalah, buah pir, buah Plum, buah papaya dan pisang.

  1. Kandang Parkit

Berikan kandang yang cukup untuk burung parkit, gunakan burung yang tidak terlalu sempit dan juga terlalu besar apalagi tidak memungkinkan untuk memberikan kandang yang luas. Gunakan kandang selebar 40 cm kali 60 cm saja sudah cukup. Untuk pembuatan kandang, bisa dibuat dari dari kayu atau besi.

Demikianlah cara merawat burung parkit agar cepat gacor dengan cara yang sederhana yang bisa di terapkan sekarang juga bagi seorang pemula sekalipun.