makanan burung parkit

√ Recomendasi Makanan Burung Parkit Agar Gacor dan Jenis-jenisnya

Posted on

Makanan burung parkit – Burung parkit atau biasa di sebut juga dengan burung parrot merupakan jenis burung yang masih satu Family dengan jenis burung Nuri. Besar badan dari burung parkit tergolong dalam kategori burung yang memiliki badan yang sedang, tidak kecil dan tidak besar, tidak jauh berbeda dengan jenis burung Lovebird, terutama untuk jenis parkit local. 

Di Indonesia sendiri, burung parkit menjadi salah satu jenis burung kicauan yang cukup banyak di gemari para pecinta burung, meskipun tidak sepopuler jenis burung lainnya, seperti burung lovebird.

Burung parkit memiliki banyak jenis-jenis yang ada, dan memiliki nama khas yang sesuai dengan jenis parkit yang di temukan dibeberapa Negara, seperti Australia, Amerika, dan Negara lainnya.

Di Amerika itu sendiri biasa ditemukan jenis burung parkit karolinayang atau yang memiliki nama latin carolinensis. Namun , itu juga untuk jenis tersebut hampir sulit ditemukan dan hampir punah, karena habitatnya sudah mulai tergusur oleh berbagai macam hal.

Sebelum menjelaskan tentang makanan apa yang disukai untuk diberikan pada burung parkit, maka temen-temen bisa sekaligus mengetahui tentang jenis-jenis parkit yang ada, seperti pada penjelasan di bawah ini :

Jenis-jenis Burung Parkit

Bukan hanya burung parkit amerika, akan tetapi banyak jenis-jenis burung parkit lainnya yang ada dan bisa temn-temen kicau mania temukan untuk di pelihara, dan biasanya jenis burung parkit yang ada memiliki harga yang cukup murah di bandingkan dengan burung kicauan popular lainnya, terutama parkit biasa atau lokal.

  1. Parkit Australia

gambar parkit australia

Burung parkit Autralia memiliki fostur tubuh yang khas dengan jambul di atas kepala, dan menjadikan daya tarik tersendiri untuk di pelihara sebagai hiasan atau kicauannya.

Selain itu, parkit jenis ini memiliki bentuk badan yang lebih besar di bandingkan parkit lainnya, dengan berbagai warna dominanan yang dimilikinya, seperti warna white face, Lutino, Albino, Pearl,cinnamon,silver  dan sebagainya.

  1. Parkit Holland

gambar parkit holland

Nah, bagi para pencinta burung ini dan berniat untuk memliharanya, maka burung parkit Holland ini memiliki ciri khas yang tidak terlalu berbeda dengan jenis parkit local. Karena parkit Holland tidak memiliki bentuk spesifik khas yang di milikinya.

Namun, meskipun begitu, temen-temen bisa melihat dengan ciri-ciri yang dimiliki parkit Holland ini dengan fostur tubuh yang besar dan memiliki warna yang lebih Bervariatif.

  1. Parkit Lokal

gambar parkit biasa lokal

Parkit local atau biasa di sebut juga dengan parkit biasa, merupakan parkit yang banyak di jumpai di Indonesia sendiri. Ciri-ciri parkit lokas memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari jenis parkit lainnya dengan memiliki warna yang lebih variatif.

Karena parkit ini banyak di jumpai di Indonesia, maka jenis burung ini sering di sebut-sebut jenis parkit local atau parkit biasa dengan memiliki harga yang tergolong murah.

  1. Parkit Taiwan

gambar parkit taiwan

Parkit Taiwan memiliki warna dan bentuk tubuh yang tidak bervaritif dan cenderung memiliki khas yang sama, lain halnya seperti burung parkit local yang memiliki warna yang lebih variatif. Namun , fostur tubuhnya terbilang bongsor atau besar dari burung parkit local.

Makanan Burung Parkit Agar Gacor

Jika tadi kita membahas tentang jenis-jenis burung parkit, maka sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang makanan burung parkit agar membuatnya menjadi gacor atau rajin berbunyi.

Tentunya, bagi pemilik burung menginginkan burung peliharaanya tersebut memiliki tubuh yang sehat yang membuatnya menjadi lebih aktif dan terlebih burung tersebut menjadi lebih gacor.

Makanan yang berkualitas memang memiliki peranan penting untuk mebuat burung mengeluarkan kemampuan terbaiknya, akan tetapi hal tersebut tidaklah cukup karena ada factor lainnya yang berperan, seperti cara merawat burung parkit yang rutin seperti memandikan, menjemur, pemasteran dan hal lainnya.

  1. Pakan Biji-bijian

gambar biji bijian

Pakan dari biji-bijian merupakan pakan yang disukai oleh burung parkit, terutama pakan dari jagung muda yang masih segar. Namun , pastikan terlebih dahulu jagung tersebut benar-benar memiliki nilai Gizi yang lengkap dalam kondisi jagung tersebut masih layak konsumsi.

Adapun temen-temen bisa memberikan pakan tersebut dari jagung pipil yang di jual di toko pakan burung. Namun , sebaiknya cek dahulu jagung tersebut menggunakan air, dengan cara memasukan jagung ke dalam air, ketika jagung tersebut tenggelam, artinya Gizinya masih bagus, dan ketika jagung tersebut mengambang, maka jagung tersebut memiliki kualitas yang tidak bagus untuk diberikan pada burung parkit.

Untuk parkit yang masih dibantu loloh, maka jagung tersebut bisa dengan cara dihaluskan terlebih dahulu, atau di buatkakn bubur, agar mudah untuk di cerna dan telan oleh burung parkit.

Selain, jagung, parkit juga menyukai oleh pakan dari besar merah, Millet putih dan merah.

  1. Sayur-Mayur

gambar sayur untuk parkit

Selain pakan dari biji-bijian, parkit juga memiliki kesukaan untuk mengkonsumsi makanan dari sayuran dan tentuya ini sangat baik di berikan untuk pakan tambahan atau pakan harian dari burung parkit, karena sayuran dan buah-buahan, kaya akan nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatannya.

Adapun, makanan dari sayuran yang bisa diberikan pada burng parkit antara lain, seperti toge, kol, brokoli dan jenis sayuran lainnya.

  1. Buah-buahan

gambar buah untuk parkit

Buah-buahan menjadi daftar makanan yang disukai oleh burung parkit, yang memiliki kandungan Nutrisi dan vitamin yang dapat membuat burung menjadi lebih aktif. Selain itu, pemberian pakan dari buah, akan membantu dalam mencerahkan bulu parkit itu sendiri.

Makanan yang bisa diberikan untuk burung parkit kesayangan anda antara lain, seperti buah melon, pir, pisang dan berbagai macam buah lainnya.

  1. Pakan Burung parkit Pabrikan

Selain pakan alami yang bisa diberkan pada burung parkit, namun kalian bisa juga memberikan pakan yang sudah jadi yang bisa dibeli di toko jual pakan burung. Biasanya pakan yang dari pabrikan tersebut, tidak lain terbuat dari bahan alami juga yang dibentuk dan si sesuaikan dengan kebutuhan burung parkit itu sendiri yang dilengkap dengan vitamin dan nutirsi yang dibutuhkan oleh burung parkit.

Demikianlan recomendasi makanan burung parkit Agar gacor yang bisa kalian berikan pada parkit peliharaan anda untuk membuatnya menjadi gacor dan sehat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *