cucak ijo over birahi

Cucak Ijo Over Birahi: Ciri-ciri, Penyebab, Menurunkan, dan Cara Mengatasinya

Posted on

Dalam perawatan burung kicauan, memperhatikan dan menjaga birahi burung merupakan hal penting untuk dilakukan, karena birahi menjadi suatu hal yang penting untuk membuat burung cucak ijo menjadi rajin berkicau.

Perawatan seperti penjemuran, memandikan dan pemberian pakan dari ektrafooding dan hal lainnya, yang menjadi hal terpenting adalah burung memiliki birahi yang stabil, guna untuk membuat burung menjadi rajin berkicau.

Namun, terkadang dalam merawat cucak ijo, sering ditemui burung memiliki birahi yang kurang dan juga birahi yang berlebihan ( over birahi ) .

Dan tentunya jika birahi terlalu belebihan dan kekurangan birahi, kurang bagus untuk penampilan burung itu sendiri.

Penyebab Cucak IJo Over Birahi

Sebelum membahas tentang cara mengatasi cucak ijo over birahi, sebaiknya ketahui terlabih dahulu tentang penyebab cucak ijo over birahi, karena setiap kasusnya akan berbeda-beda, tergantung dari pemiliknya.

  • Perawatan hariannya cenderung berantakan, mungkin karena sibuk kerja atau kurang terurus burungnya
  • Cucak ijo kurang dilatih di kandang umbaran, sehingga fisiknya tidak terlatih dan burung cenderung fisiknya menjadi lemah
  • Cucak ijo terlalu sering di ajak latberan, gantangan atau teralu sering ikut lomba
  • Terlalu sering di dekatkan dengan burung lainnya yang memiliki suara kicauan yang lebih gacor
  • Terlalu banyak pemberikan pakan ekstrafooding, terutama pakan dari kroto
  • Terlalu lama di jemur

Baca Juga : Cara Mengatasi Cucak IJo Macet Bunyi

Ciri-ciri Cucak IJo Over Birahi

Selain melihat penyebab cucak ijo over birahi, untuk mengetahui cucak ijo anda mengalami over birahi atau tidak, bisa melihat dari ciri-cirinya, diantaranya :

  1. Cucak ijo Lebih Banyak Diam

Cucak ijo yang sedang mengalami over birahi bisa dalah satunya bisa dilihat dari cucak ijo yang sering banyak diam yang awalnya rajin berkicau, untuk itu jangan tunggu terlalu lama, sebaiknya lakukan perawatan untuk menstabilkan kembali birahinya.

  1. Cucak Ijo Galak

Perilaku mendadak galak merupakan ciri-ciri  ucak ijo mengalami over birahi, dengan melakukan perawatan untuk menstabilkan kembali birahinya, burung cucak ijo akan menjadi tidak galak kembali.

  1. Mendadak Ngetrok

Bagi sebagian kicau mania Indonesia perilaku ngetrok merupakan hal yang disukai, asalkan burung tersebut mau tetap bunyi dan gaya ngetrok tersebut bukanlah masalah besar.

Namun, mendadak memiliki gaya ngetrok bisa juga di sebabkan oleh over birahi.

Namun, jika gaya ngetrok tidak terlalu menggganggu bagi anda yang itu kembali lagi ke pemiliknya, yang penting burung tetap gacor atau mau bunyi.

Lihat Juga : Perawatan Cucak Ijo Bakalan

  1. Cucak Ijo Mbagong/Gembung

Hal lain yang menjadi ciri cucak ijo over birahi, dimana cucak ijo tersebut akan mengembangkan bulu tubuhnya.

  1. Cucak Ijo Menjulurkan Lidah

Lidah terdapat pada bagian mulut yang jarang di keluarkan oleh burung cucak ijo, namun ketika cucak ijo mengalami over birahi, maka hal tersebut merupakan salah satu ciri cucak ijo sedang over birahi.

  1. Nafsu Makan Cucak Ijo Berkurang

Nafsu makan berkurang pada cucak ijo memang bisa di sebabkan oleh banyak hal, seperti burung dalam keadaan kurang fit dan juga mengalami over birahi, untuk itu perlu hati-hati juga, bisa jadi penyebab cucak ijo kurang nafsu makan tersebut di sebabkan oleh over birahi.

  1. Suara Kicauan Kurang Bervareatif

Ciri-ciri burung cucak ijo yang sedang mengalami over birahi bisa dilihat dari ciri-ciri burung yang awalnya gacor mendadak memiliki suara yang monoton.

Memiliki suara monoton di pengaruhi oleh over birahi, dimana karena terlalu birahi burung cucak ijo kemampuan dalam menghapal suara isian dan suara lainnya menurun dan cucak hijau hanya mengeluarkan suara menurun.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi

Untuk menurunkan birahi cucak ijo hingga birahinya stabil bisa melakukan banyak hal, seperti melakukan terapi dan cara lainnya.

Cara penjelasan di bawah ini bisa anda terapkan untuk membuat cepat turun birahinya dengan cepat, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, seperti sebentar lagi ikut lomba dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika ingin membuat stabil birahi cucak ijo, maka bisa melakukan perubahan perawatan seperti yang akan kalian ketahui dengan membaca penjelasannya di bawah ini.

  • Cucak Ijo over birahi jangan di jemur terlebih dahulu
  • Jika cucak ijo biasa di berikan pisang, maka ganti terlebih dahulu dengan pepaya
  • Pakan dari Ekstrafooding atau serangga di kurangi jumlahnya
  • Untuk pakan ekstrafooding di ganti dengan cacing dan ulat bambu
  • Jauhkan dari cucak ijo lainnya, terutama burung yang lebih gacor
  • Sebaiknya burung biarkan mandi sendiri, namun jika tidak di mungkinkan burung dimandikan dengan menyemprot halus
  • Lakukan pengembunan sebelum matahari terbit
  • Sekitar jam 19.00 – 19.30 malam burung dimandikan
  • Simpan di kandang umbaran untuk melatih fisik dan mentalnya

Terapi Cucak Ijo Over Birahi

Terapi cucak ijo di bawah ini, cocok dilakukan untuk menurunkan birahi hingga stabil kembali dalam waktu bertahap, dengan merubah perawatan dari sebelumnya, seperti :

  1. Pada saat pagi hari cucak ijo di mandikan, namun jangan di jemur terlebih dahulu
  2. Cucak ijo di trek atau di pancing dengan cucak ijo betina dengan penyimpanan dengan jarak yang jauh
  3. Simpan di kandang umbaran seminggu 3 kali, untuk membantu penurunan birahinya
  4. Untuk pakan kroto, jangan di berikan terlebih dahulu, dan untuk pakan jangkrik di berikan 2 ekor pada pagi hari dan 3 ekor ketia sore hari
  5. Simpan untuk di tempat yang nyaman dan jauh dari suara burung gacor dan hewan lainnya untuk membuat burung menjadi nyaman
  6. Berikan pakan dari buah-buahan setiap harinya, seperti buah apel, pepaya dan pisang. Bisa di berikan secara bergantian perminggunya
  7. Jangan diberikan Multivitamin tetes di hentikan terlebih dahulu
  8. Setelah terlihat ciri-ciri cucak ijo sudah menurun birahinya, maka bisa mengetesnya terlebih dahulu dengan menggunakan cermin atau burung lainnya, jika cucak ijo mau ngetrok saat melihat burung lainnya atau melihat cermin, maka kemungkinan cucak ijo sudah menurun birahinya

Lihat Juga : Cara Merawat Cucak Ijo Mabung

Cucak Ijo Over Birahi Pada saat Mabung

Ketika cucak ijo over birahi namun dalam keadaan mabung, maka burung jangan di mandikan terlebih dahulu, akan tetapi, ketika mabung sudah selesai, maka memandikan bisa dilakukan, namun tetap burung jangan di berikan ulat hongkong, melainkan cukup di berikan pakan jangkrik 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor jangkrik pada sore hari.

Nah, demikianlah tips cara menurunkan birahi cucak ijo yang terlalu birahi dengan cara menurunkan birahinya terlebih dahulu dan birahi cucak ijo menjadi stabil kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *