ciri lovebird akan bertelur

Ciri-ciri dan Cara Mengetahui Lovebird Betina Sudah Bertelur

Posted on

Dalam hal beternak lovebird hal yang pertama menjadi pertanyaan setelah lovebird kawin adalah, kapan waktunya lovebird bertelur.

Ya, hal tersebut tentuya bagi seorang pemula menjadi suatu hal yang di nanti-nanti.

Untuk mengetahui kapan lovebird akan bertelur, bisa di lihat dari berbagai macam perilaku dan ciri fisik burung itu sendiri.

Lovebird betina yang akan bertelur, bisa di lihat dari ciri fisiknya, dimana fisiknya akan semakin membesar/ gemuk dan tentunya di iringi dengan bobot tubuhnya yang berat juga.

Selain itu, perilaku lovebird betina yang akan bertelur akan terlihat gelisah dan juga sering mengeluarkan suara yang keras.

Pada umumnya, ketika lovebird betina di kawini jantan selama 10 hari, maka lovebird betina akan mulai bertelur di hari berikutnya, dengan mengeluarkan telurnya satu persatu, dengan jeda 1 – 3 hari, hingga keluar semua telurnya keluar dan burung langsung mengeraminya selama 22 – 25 hari idealnya.

Lihat Juga : Tips Beternak Lovebird yang Tepat

Ciri-ciri Lovebird Betina mau Bertelur

Selain dari merlihat dari bobot tubuh yang membesar dan burung terlihat gelisah, serta sering mengeluarkan suara yang keras, untuk ciri-ciri lainnya, diantaranya :

  • Nafas lovebird betina akan terndengar berat
  • Kelamin lovebird betina akan terlihat lebih besar atau bengkak dari sebelumnya
  • Lovebird betina sering diam di dalam glodoknya
  • Bila kandang ternak burung di berikan serabut kelapa, serabut cemara dan kertas, maka lovebird betina akan membawanya kedalam glodok untuk bahan sarang dan di bantu lovebird jantan

Jika, lovebird yang akan di ternak sudah terlihat pada ciri-ciri di atas, maka kemungkinan besar lovebird akan dan sedang bertelur.

Baca Juga : Penyebab Lovebird tidak Mau Kawin dan Cara Mengatasinya

Dan untuk mendukung burung memiliki kualitas telur dan anakan yang bagus, maka burung di berikan pakan yang berkualitas, terutama kandungan pakan yang mengadung kalsium, seperti tulang sotong, pakan tambahan seperti jagung, kangkung dan berbagai macan biji-bijian lengkap, seperti milet putih, canary seed dan biji-bijian lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *