Cara Merawat Burung Sirpu Bakalan Muda Hutan

burung sirtu bakalan

Burung sirpu memiliki banyak sebutan nama, seperti burung cipoh, burung sirtu, cipow, sedangkan untuk nama aslinya cipoh kacat, dalam bahasa international dari pecinta burung burung sirpu dinamai common iora dan untuk bahasa spesiesnya Aegithina tiphia dan masih satu keluarga dengan Aegithidae.

Persebaran Burung Sirpu

Persebaran burung sirpu cukup luas, sehingga bukan hanya terdapat di indonesia saja, burung sirpu terdapat juga di negara lain seperti China Selatan dan asia selatan seperti bangladesh, Srilangka dan India dan juga tersebar di negara asia tengara lainnya.

Untuk persebaran di Indonesia, burung sirtu terdapat di beberapa daerah seperti bali dan jawa (Aegithina tiphia scapularis), kalimantan (Aegithina tiphia viridis) dan Sumatera (Aegithina tiphia horizoptera) .

Makanan Burung Sirpu

Makanan yang paling disukai oleh burung sirpu adalah, makanan yang berasal dari serangga kecil seperti jangkrik, kroto, ulat kandang dan bisa di ajarkan untuk mau memakan voer ( pakan buatan ).

Untuk jumlah pemberian pakan, bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi burung yang akan kami bahas penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Burung Sirpu Jantan dan Betina

Memilih burung sirpu yang akan di pelihara tentunya akan menentukan suara kicauan yang dimiliki oleh burung tersebut, misalkan memilih jantan burung sirtu untuk di pelihara, karena suara kicauan burung sirpu jantan lebih bervariasi dan volume suaranya mengkristal, sedangkan untuk betina suaranya tidak sebagus itu.

Untuk perbedaan Burung Sirpu Jantan dan Betina diantaranya :

  • Tubuh jantan lebih panjang dari betina
  • Sirtu jantan memiliki warna lidah yang hitam
  • Jantan sirpu memiliki warna bulu yang terlihat lebih cerah, tajam dan tegas dibandingkan dengan betina

Untuk Ciri-ciri Sirtu jantan dan Betina Lainnya bisa di cek di halaman ini, Ciri Burung Sirpu Jantan dan Betina .

Cara Merawat Burung Sirpu Bakalan

Untuk melatih burung sirpu bakalan muda hutan memang memiliki kelebihan, dimana burung yang masih muda lebih gampang untuk di jinakan, di latih makan voer, dan dilatih untuk memaksimalkan suara kicauannya.

Berbeda halnya dalam merawat burung sirtu dewasa, dimana karakternya sudah terbentuk di alam dengan sendirinya, sehingga proses perawatan, penyesuaian dan lain sebagainya lebih susah dibentuk sesuai dengan lingkungan baru.

  1. Setingan pakan

Mengatur pakan disini, selain mngatur asupan makanan, tepai melatihnya juga mau makan voer untuk memabntu mempermudah perawatan nantinya.

Lihat Juga : Harga Burung Sirtu Terbaru

  • Untuk pemberian pakan di minggu pertama burung sirpu hanya di berikan pakan ulat kandang dan kroto secara full, karena pakan ini dapat menjadi burung menjadi selalu dalam keadaan fit dan segar bugar, sekaligus mengenalkan cepuk air minum dan pakan
  • Pada minggu 2, pakan dari krotonya di campur dengan voer yang sudah di halusnya, sebanyak ¼ voer , bisa di aduk atau di taburkan saja dan pakan ulat hongkong tetap di berikan di cepuk pakannya, dan di kenalkan pakan dari jangkrik yang di berikan sebanyak 1 -2 ekor saja
  • Untuk minggu ke 3, campuran voer yang ada pada kroto lebih banyak dari sebelumnya, yang awalnya ¼ menjadi lebih dari itu, yang penting jumlah kroto lebih banyak dan ulat hongkong tetap di berikan

Ciri-ciri Burung Sirpu Makan Voer

Dengan campuran pakan yang sudah tercampur dengan voer, biasanya kotoran burung sirpu akan berubah warnanya menjadi warna coklat atau hijau tua.

Lihat Juga : Tips Mengatasi Burung Sirtu Malas Berkicau

Jika sudah di pastikan burung sudah makan voer yang di lihat dari warna kotorannya atau anda melihat langsung memakan voer, maka dalam pemberian voernya di pisahkan di cepuk pakan lainnya, sehingga burung memakannya secara terpisah, 1 cepuk untuk voer, 1 cepuk lagi buat kroto dan ulat hongkong dan 1 cepuk buat air minumnya.

Penyesuaian Burung Sirpu

Untuk di minggu pertama, burung sirpu tidak di jemur terlebih dahulu dan untuk penyimpanannya jangan di pindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, dan tentunya kondisi lingkungannya harus nyaman dan sejuk.

Dan ketika sudah memasuki minggu kedua, sangkar burung tetap sama, jangan di pindah-pindah dan boleh mulai di jemur, namun sebentar saja.

  1. Multivitamin

Agar burung tidak mudah stres, karena adanya perubahan lingkungan dan agar burung menjadi dalam kondisi yang prima, burung sirtu diberikan multivitamin yang di teteskan ke dalam air minum nya setiap hari.

Dengan penyesuaian lingkungan dari minggu 1 hingga minggu ke 3, dan burung berhasil menyeusikan diri, maka burung akan mengeluarkan suara andalannya, seperti mengeluarkan suara “ ciii, Pow” atau suara “ siiirrr, Tu”.

Suara Burung Sirpu

Burung sirtu sebenarnya jenis burung mudah terpancing untuk berkicau, karena memang kebiasaannya di alam liar seperti itu dan bagi anda yang ingin memiliki suara pancingan untuk sirpu bisa di lihat di bawah ini.

Suara Pancingan Burung Sirtu | Download

Untuk melihat kumpulan suara sirpu lainnya, murai batu suara betina, jantan dan puluhan suara lainnya bisa di cek pada halaman ini, Suara Burung Sirpu .

Demikianlah perawatan burung sirtu bakalan muda hutan agar cepat jinak, dan memiliki suara kicauan yang berkualitas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *