cara merawat murai batu trotolan

Tips Memelihara Burung Murai Batu Trotol Umur 1 – 4 Bulan Agar Cepat Gacor

Posted on

Merawat burung murai batu yang masih trotolan menjadi kepuasan tersendiri dari kalangan pecinta murai batu, hal tersebut tentunya akan lebih puas lagi ketika murai batu tersebut tumbuh hingga dewasa dengan kualitas kicauan yang baik.

Dalam perawatan murai batu trotolan membutuhkan perawatan khusus, mulai dari perawatan sejak burung tersebut berumur 1 bulan hingga murai batu trotolan mabung pertamanya, saat burung berumur sekitar 4 bulan.

Jadi, meskipun umur murai batu 1 – 4bulan masih sering di sebut murai trotolan, akan tetapi perawatannya perlu untuk di bedakan, agar mendapatkan kondisi terbaiknya.

Perawatan Murai Batu Umur 1 – 2 Bulan

Ketika murai batu berumur 1 bulan, maka yang penting dalam perawatannya tersebut, bagaimana burung bisa tumbuh dengan baik, karena ketika kesehatannya baik pertumbuhannya, maka nantinya ketika burung sudah dewasa akan memiliki mental dan karakter yang baik pula.

Hal yang penting dalam merawat murai batu yang masih berumur 1 bulan adalah dengan memperhatikan gizi dari pakan yang akan di berikan.

Pada saat murai batu berumur 1 bulan, sebenarnya burung sudah bisa mengkonsumsi makanan sendiri, tanpa bantuan pemilik atau indukannya, akan tetapi agar asupan pakannya lengkap akan gizi, maka sebagai pemilik harus memberikan pakan yang lengkap, seperti memberikan Voer, Ekstrafooding seperti jangkrik, kroto dan juga multivitamin.

Pakan dari voer sebaiknya di berikan, atau jika belum terbiasa mengkonsumsinya, bisa mencapurkannya terlebih dahulu dengan kroto.

Selain itu, jika pakan dari voer terlalu keras atau besar, maka voer tersebut di berikan air terlebih dahulu, hingga mudah dikonsumsi oleh burung tersebut. Akan tetapi, sebaiknya, pakan dari voer yang sudah di campur dengan air tersebut sebaiknya jangan sampai menyisa dan harus habis saat itu juga ( harus habis 30 menit setelah di campur air ), karena pakan yang sudah terkena air akan mudah berjamur dan busuk.

untuk pakan jangkrik cukup diberikan 3 ekor saja setiap harinya, dan itupun di buang terlebih dahulu bagian kaki dan kepalanya, dan hanya memberikan bagian dada dan perutnya.

Sediakan pakan kroto dari cepuknya setiap hari, namun pastikan jangan memberikan kroto yang sudah basi, karena bisa membuat murai batu trotolan mencret dan bahkan bisa menyebabkannya mati. Berikan juga ulat hongkong secukupnya, untuk memenuhi kebutuhan gizi murai batu trotolan.

Baca Juga : Cara Merawat Murai Batu trotol Ngedrop Mental

Berikan multivitamin 2 – 3 kali dalam seminggu yang di campur dengan air minumnya untuk melengkapi kebutuhan gizi yang tidak tercukupi dari asupan pakan voer dan serangga.

Perawatan Murai Batu Umur 2 – 4 Bulan

Ketika murai batu sudah berumur 2 – 4 bulan ini, burung bisa mulai di rawat dengan memandikannya, seperti memasukannya ke keramba, sambil menyemprotkan dengan sprey untuk merangsang burung mau mandi.

Setelah dimandikan, murai batu trotol di jemur cukup 15 menit untuk minggu pertama, dan untuk minggu ke 2 bisa di jemur selama 20 menit, dan seterusnya secara bertahap.

Pada umur 2 – 4 bulan, jangan terburu-buru untuk melakukan setingan pakan, karena bisa membuat burung menjadi stres.

Untuk pemberian pakan seperti biasa di berikan seperti perawatan ketika burung masih berumur 1 – 2 bulan. Namun, untuk pakan dari voer diberikan dalam keadaan kering, tidak dibasahi terlebih dahulu.

Untuk pakan ulat hongkong , ketika burung berumur 3 bulan sebaiknya di kurangi pemberiannya secara bertahap dan untuk jangkrik di tambah jumlahnya.

Perawatan Murai Batu Umur 4 Bulan

Ketika umur murai butu berumur 4 bulan, pada saat itu barulah mabung pertama terjadi pada murai batu dan berganti burung trotol ke bulu dewasa.

Pada masa mabung tersebut, tentunya burung harus di berikan Multivitamin lebih sering dari sebelumnya, seperti 3 – sampai 4 kali dalam seminggu untuk menjaga kebugaran burung pada saat mabung.

Setelah mabung selesai, dan bulu dewasa murai batu tumbuh dengan baik, ketika burung berumur 6 – 7 bulan.

Nah, pada usia tersebut, bisa dibilang merupakan Top Form bari murai batu yang di tandai dengan bulu dewasa tumbuh sempurna dan mengkilap, serta kicauannya semakin terdengar kencang.

Nah, setelah burung terlihat bagus kualitasnya, sekitar umur 8 bulan, burung bisa di ajak jalan-jalan ke latber untuk melatih dan menguji mentalnya.

Memaster Murai Batu Trotolan

Untuk memaster murai batu trotolan, bisa dilakukan ketika burung berumur 1 sampai 3 bulan , bisa menggunakan suara masteran dari Mp3.

Lihat Juga: Kumpulan Suara Masteran Burung Mp3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *