kaki burung ngangkang

Cara Mengatasi Kaki Anak Burung Cacat Ngangkang atau Pengkor

Posted on

Cara Mengatasi Kaki Burung Anakan Cacat Ngangkang atau Melebar

Pada masa anakan, burung yang masih anakan cukup rentan terjadi beberapa hal, seperti kaki burung yang menjadi renggang, sehingga burung tidak bisa mencengkram.

Kaki burung yang cacat bisa di sebabkan oleh beberapa hal, dan ketika burung tersebut sudah terlanjur cacat maka burung yang cacat perlu di pisahkan dengan anakan burung lainnya untuk di rawat.

Cara Mengatasi Kaki Burung Cacat Ngangkang atau Pengkor

Untuk membuat kaki burung menjadi normal atau tidak terlalu merenggang atau terlalu lebar, maka ada beberapa cara untuk dilakukan.

  1. Buatkan sarang khusus

Buatkan sarang buatan khusus untuk burung  yang kakinya merenggang, dengan bahan yang terbuat dari serat kelapa, ranting pohon cemara.

Baca Juga : Cara Membuat Burung Mau Makan Voer

Menggunakan bahan dari ranting pohon cemara dan juga serat kelapa bertujuan untuk membuat burung mudah untuk mencengkram dan perpegangan, karena jika tempat sarang yang bagus adalah tempatnya tidak licin ketika di injak oleh anakan burung, sehingga burung bisa di diam dengan posisi yang tepat.

Karena, jika sarang burung terlalu licin, maka akan membuat kakinya melebar karena pijakannya terlalu licin, untuk itu gunakan sarang tepat.

  1. Gunakan Alat Buatan

Menggunakan alat-alat tertentu bisa digunakan agar burung ketika berdiri atau diam, posisi kakinya lurus seperti seharusnya, namun pastikan burung tersebut masih akanan, sekitar berumur 2 – 3 minggu, karena jika terlalu digunakan untuk burung dewasa, di khawatirkan patah kakinya.

Lihat Juga : Cara Merontokan Bulu Burung

Namun, akanan burung juga memiliki kemungkinan terjadinya kaki patah jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat.

Perlengkapan :

  • Kertas
  • Plester

Cara Melakukannya :

  • Bungkus kaki burung dengan kertas

  • Setelah itu, plester kedua kakinya hingga bentuk kakinya yang melebar menjadi normal ( perlahan-lahan ya )

Pantau terus perkembangan burung setiap harinya, hingga terlihat perubahannya, yang awal bentuk kakinya terlalu merebar, sehingga normal kembali.

Baca Juga : Cara Memilih Voer yang Bagus untuk Burung

Lakukan cara di atas dengan hati-hati untuk menghindari burung menjadi terluka dan kaki burung menjadi patah karenanya.

Dan cara di atas bisa di terapkan untuk semua burung, seperti burung murai, burung kenari, lovebird, kacer dan burung lainnya yang memiliki permasalah yang kakinya terlalu lebar.

Nah, demikianlah tips untuk mengatasi kaki burung yang masih anakan bentuk kakinya yang merenggang atau melebar yang membuat burung tidak bisa nangkring di tangkringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *