murai batu keseleo

Cara Mengatasi Kaki Murai Batu Keseleo dan Kram

Posted on

Burung murai tergolong burung yang sangat agresif dan tidak heran, burung yang satu ini kerap kali sering aktif bergerak, naik dan turun tangkringan, terutama ketika burung sedang berkicau.

Ya, dengan aktifnya burung tersebut tentunya burung terpeleset akan berkemungkinan terjadi, dan membuat burung menjadi kram dan keseleo karena terpeleset.

Akan tetapi, bisa jadi burung yang kram dan keseleo juga disebabkan oleh burung yang tidak fokus karena kelelahan atau keletihan dan membuat burung terpeleset ketika pindah dari saru sangkar ke sangkar lainnya.

Cara Mengatasi kaki Murai Batu Keseleo dan Kram

Hal yang perlu di lakukan sebelum melakukan perawatan kaki burung murai yang kram dan keseleo melihat kondisinya, apakah kondisi burung tersebut keseleo dengan parah atau tidak.

Lihat Juga : Penyebab Murai Batu Serak dan Cara Mengatasinya

Namun, jika burung murai batu anda keseleo dan kram dengan kondisi yang tidak parah, maka untuk penangannya bisa melakukan kedua tips pada penjelasan di bawah ini.

  1. Air garam

Air garam bisa digunakan untuk mengatasi murai batu yang keseleo dan kram, dengan menyemprotkan air garam tersebut ke kaki burung.

Namun, jika burung murai terbiasa di pegang, maka bisa membasuh kakinya dengan air garam secara langsung dengan tangan anda.

Lihat Juga : Penyebab Murai Batu Ngukluk atau Ngeban

  1. Minyak Buah Pala

Gunakan minyak buah pala untuk mengobati burung murai yang keseleo dan kram dengan cara mengolesnya atau menyemprotnya dengan menggunakan handsprey.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Jari Kaki Burung Bengkok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *