murai batu kurang gacor

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Kurang Gacor

Posted on

Memiliki burung murai batu yang gacor memang bukan perkara yang mudah, apalagi di rawat oleh seorang pemula, perlu waktu dan keahlian mumpuni untuk membuat burung bisa gacor, apalagi murai batu yang dipelihara sejak masih anakan.

Memelihara murai batu yang masih anakan memang sudah pasti membutuhkan waktu yang lama hingga burung tumbuh dewasa, namun apa jadinya ketika burung sudah dewasa dan gacor malah kemampuan berkicaunnya menjadi menurun dan tidak gacor seperti sebelumnya secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Kurang Gacor

Burung murai batu merupakan jenis burung Figher dan sifat teritorial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Dan hal tersebut merupakan salah satu modal yang membuat burung menjadi gaor ketika di dekati burung murai batu lain atau burung lainnya.

Namun, terkadang kelebihan dari sifat fighter tersebut menimbulkan masalah tertentu, salah satunya membuat burung menjadi tidak gacor seperti sebelumnya, yang di sebabkan oleh berbagai macam hal, salahsatunya stamina menurun karena sering di dekatkan dengan burung lainnya dan penyabab lainnya.

Setiap burung murai batu menjadi tidak gacor, memang berbeda-beda penyebabnya, maka sari itu apapun penyebabnya, berikut adalah tips untuk mengatasi murai batu yang kurang gacor menjadi gacor kembali.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Burung Murai Batu Kurang Ngotot Ketika Berkicau

download suara burung

  • Selama melakukan treatmen ini, biarkan murai batu menempati linkungan sendiri tanpa ada burung lainnya, biar burung merasa hanya dia sendiri yang menguasai di lingkungannya tersebut, agar membuat mental burung menjadi muncul kembali, sehingga membuatnya rajin berkicau
  • Asupan pakan dari kroto dan jangkrik porsinya di tingkatkan dari sebelumnya, karena memang pakan yang mengandung protein tersebut dapat meningkatkan birahi dan stamina burung sehingga mau untuk berkicau dengan rajin
  • Setting pakan dengan yang tepat, karena setiap murai batu memiliki settingan pakan yang berbeda-beda, misalkan dengan memberikan pakan jangkrik dengan jumlah 5 ekor setiap hari membuat burung menjadi gacor, maka pertahankan, namun jika jumlah jangkrik 5 ekor justru berlebih sehingga over birahi, maka kurangi , begitu juga sebaliknya
  • Berikan vareasi pakan ekstrafooding , seperti memberikan telur rebus, cacing tanah,kepompong dan belalang hijau
  • Pada pagi hari burung di embunkan, karena proses pengembunan dapat merangsang burung menjadi mau bunyi
  • Jika perawatan yang dilakukan masih belum membuat burung menjadi gacor, maka berikan asupan pakan tambahan dari suplemen khusus untuk merangsang murai batu menjadi gacor

Itulah penjelasan kali ini kami bagikan untuk rekan-rekan kicaumania untuk mengembalikan murai batu kesayangannya menjadi gacor kembali.