Cara Melatih Mental Burung Burung Murai Batu

Cara Melatih Mental Burung Murai Batu Agar Bermental Jawara

Posted on

Mental burung murai batu jawara menjadi salah satu hal yang penting untuk di miliki oleh burung murai batu, entah itu murai batu rumahan atau murai batu untuk lomba.

Apapun jenis burung yang rekan-rekan dapatkan, entah itu di beli dari penangkaran atau hasil tangkapan hutan, maka agar burung ketika di pelihara memili kicauan yang baik , serta mental yang baik, maka butuh melatihnya terlebih dahulu, apalagi nantinya burung tersebut akan sering di ikut lomba kicauan.

Merawat burung murai batu rumahan dan merawat murai batu untuk lomba memang berbeda, membutuhkan treatmen khusus yang berbeda pula.

Bicara tentang treatment tentunya sangat beragam, dan kali ini kami akan membagikan informasi untuk meningkatkan burung murai batu memiliki mental petarung sejati, sehingga burung siap untuk lomba dan bisa bersaing untuk mengalahkan lawannya.

Cara Melatih Mental Burung Murai Batu

Untuk melatih mental murai batu, bisa dimulai ketika burung masih anakan, kira-kira ketika burung sekitar 6 bulan atau dimana perubahan bulu trotol ke dewasa sudah tumbuh.

Ada beberapa point penting dalam pembahasan kali ini, yakni penggunaan krodong dan juga mengajak jalan-jalan ke Gathering murai batu ( murai batu dewasa gacor ), dengan memadukannya.

download suara burung

  • Hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mendekatkan burung murai batu yang akan dilatih mental tersebut ke murai batu lain, bisa menggunakan 3 sampai 4 burung dewasa yang gacor dengan jarak 4 sampai 6 meter, dengan posisi burung yang sedang dilatih mentalnya di simpan di lantai.
  • Murai batu yang sedang dilatih mentalnya tersebut biarkan menggunakan krodong secara full, biarkan burung tersebut mendekarkan suara burung murai batu lainnya. Setelah mendengarkan suara murai batu gacor, biasa burung akan ada yang langsung membalas dan ada juga yang hanya fokus mendengarkan suara kicauannya
  • Ketika burung sudah mau membalas kicauan, maka biarkan hingga beberapa menit terus berkicau, dan ketika kicauannya terlhiat ngotot, maka buka krodongnya sedikit, sehingga bisa mengintip lawannya dari celah krodong yang di buka tersebut
  • Ketika burung mulai mengintip lawannya sambil berkicau, maka buka krodongnya secara penuh dan biarkan berkicau selama 30 detik dan setelah itu tutup kembali krodongnya secara full dan biarkan burung tersebut berkicau selama 10 sampai 15
  • Buka kembali krodong tersebut selama 30 detik, dan biarkan berkicau
  • Setelah itu, burung di jauhkan dari murai batu gacor tersebut, dan membiarkannya berkicau sendiri di tempat tersebut

Untuk melakukan cara ini memang membutuhkan waktu, paling tidak dalam seminggu dilakukan sebanyak 2 kali dan membutuhkan 5 sampai 8 kali latihan untuk hasil yang maksimal.

Untuk melihat suara burung murai batu masteran, pandingan dan Gathering, rekan-rekan bisa melihatnya di halaman ini . Kumpulan Suara Burung Murai Batu .