burung murai batu kurang ngotot

Tips Cara Mengatasi Burung Murai Batu Kurang Ngotot Ketika Berkicau

Posted on

Karakter Fighter dan Teritorial terhadap lingkungan sekitarnya menjadikan modal yang membuat burung murai batu memiliki mental petarung dan agresif ketika di dekat sangkarnya terdapat burung murai batu jantan lainnya atau burung lain.

Ketika burung murai batu terdapat murai batu jantan lainnya, maka biasanya akan saling menyerang satu sama lain, untuk mengintimidasi dengan gaya dan berkicau yang bisa di keluarkannya.

Namun, apa jadinya ketika burung tersebut ketika di dekati oleh burung lainnya, entah itu ketika di rumah dan di arena lomba burung kurang ngotot, maka tentunya akan kurang menarik untuk dilihat, karena kondisi tersebut merupakan bukan kondisi terbaik murai batu.

Penyebab Murai Batu Kurang Ngotot

Burung murai batu yang tidak terlihat ngotot ketika berkicau atau bertanding dengan murai batu lainnya, biasanya terdapat beberapa masalah yang menyebabkannya menjadi tidak memiliki kondisi yang terbaik.

Adapun , untuk penyebab murai batu kurang ngoto ketika ketika berkicau, antara lain :

download suara burung

  • Burung kurang asupan mineral dan vitamin, sehingga murah loyo
  • Burung dalam keadaan kurang sehat, karena kurang fit atau sedang dalam keadaan mabung
  • Pemberian pakan Ekstrafooding kurang cukup, sehingga birahi burung cenderung kurang
  • Burung murai batu kurang di jemur
  • Kurang di latih di kandang umbaran

Cara Mengatasi Murai Batu Kurang Ngotot

Agar burung kembali kondisi terbaiknya, maka membutuhkan penanganan khusus, seperti mengatur kembali asupan pakan, membersihkan kandang dan hal lainnya.

Lihat Juga : Cara Melatih Mental Burung Murai Batu Agar Bermental Jawara

  • Rutin di embunkan setiap hari, namun tetap memperhatikan cuaca, kalau cuacanya hujan, maka jangan di embunkan karena bisa membuat burung menjadi sakit
  • Berikan asupan vitamin untuk memenuhi kebutuhannya, yang bisa di beli di kios burung
  • Untuk memandikan murai batu sebaiknya di kurangi terlebih dahulu frekuensi mandinya
  • Setiap beberapa hari sekali, burung di simpan di kandang umbaran guna untuk membuat burung menjadi rajin bergerak, sekaligus dapat membantu meningkatkan mentalnya
  • Tambahkan pakan ekstrafooding lebih banyak dari sebelumnya, jika penyebab murai batu kurang ngotot karena kurang birahi. Dan berikan vareasi pakan lainnya selain jangkrik, seperti cacing tanah dan ulat hongkong

Nah, demikianlah tips untuk membuat murai batu menjadi bisa tampil nggotot kembali ketika bertemu lawannya.