Cara Mengatasi Burung Murai Batu Mencabuti Bulunya

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri

Posted on

Mungkin sebagian dari pembaca pernah menemui atau sendang mengalami , dimana murai batu mencabuti bulunya sendiri. 

Namun , hal perilaku mencabuti bulu tersebut bukan hanya terjadi pada burung murai batu saja, akan tetapi beberapa burung yang suka mencabuti bulunya sendiri ketika dalam Over Birahi, atau dimana birahi burung tersebut terlalu berlebihan,bisa terjadi pada burung seperti Lovebird dan murai batu.

Dengan perilakukan demikian, tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental burung itu sendiri dan tentunya tidak baik untuk kualitas suara kicauannya.

Dengan banyaknya hal yang dapat merugikan bagi burung murai batu ketika birahi berlebihan, tentunya jangan anggap sepele hal tersebut, terutama di abaikan dalam waktu lama dan nyawanya terancam sewaktu-waktu.

Jika , sekarang sudah mengetahui penyebab burung murai batu mencabuti bulunya sendiri, maka hal yang harus dilakukan agar menghentikan kebiasaannya tersebut adalah dengan cara menstabilkan birahi burung murai batu.

  1. Pemberian Pakan

Hal yang dapat meningkatkan birahi adalah dengan pemberian pakan dari Ektrafooding, dan memang salah satu cara agar membuat burung menjadi rajin berkicau dengan mensetting pakan dari extrafooding itu sendiri, akan tetapi jika di berikan secara berlebihan dan kurang terkontrol akibatnya burung bisa menjadi Over birahi.

Untuk mengatasi murai batu over birahi dengan mensetting pola makan, maka bisa dengan memberikan pakan Extrafooding dalam jumlah lebih sedikit dari biasanya, yang bisa di berikan 2 sampai 3 ekor pada pagi hari dan juga 1 sampai2 ekor pada sore hari.

Untuk pakan penunjang nutrisi harian, dan jangan berikan secara berlebihan agar proses mencabuti bulunya sendiri cepat selesai dan tidak melakukannya kembali.

Baca Juga : Cara Ternak Murai Batu Untuk Pemula

  1. Jauhkan dari tempat keramaian

Dalalm kondisi burung mencabuti bulunya sendiri bisa di golongkan burung murai batu dalam keadaan stress atau menalnya sedikit terganggu. Maka dari itu berikan kenyamanan dengan menjauhkan murai batu dari tempat yang terlalu ramai dan hewan penggangu lainnya.

  1. Hindari Untuk Menjemur dan Memandikannya

Dalam keadaan burung suka mencabutinya bulunya, maka hindarilah untuk menjemur burung murai batu hingga benar-benar stabil kembali birahinya. Karena dengan menjemur burung murai batu justru akan membuat birahinya menjadi naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *