cara memilih burung perkutut

Cara Memilih Burung Perkutut Bangkok

Posted on

Burung perkutut yang di pelihara memiliki kualitas yang berbeda-beda dari pemiliknya, entah itu di pengaruhi pola makanan yang di berikan, pola perawatan dan bahkan bisa di pengaruhi oleh pemilihan dari awal sebelum membelinya.

Setiap hal yang telah di sampaikan di atas, seperti perawatan, pemberian pakan dan memilih burung perkutut bangkok sebelum membeli memiliki pengaruh masing-masing untuk membuat burung perkutut yang di pelihara bisa meningkat kemampuan berkicaunya.

Memelihara burung perkutut bangkok entah itu sebagai hiasan rumah atau lomba tentunya kicauan yang menjadi hal yang di inginkan oleh pemiliknya adalah kicauannya.

Tips Memilih Burung Perkutut Bangkok

Memilih burung perkutut bangkok yang bagus merupakan hal dasar untuk di perhatikan sebelum membeli burung perkutut, karena jika burung perkutut tidak memiliki ciri-ciri yang berkualitas, maka untuk membuat burung perkutut bangkok menjadi berkualitas suaranya.

Lihat Juga : Harga Burung Perkutut Bangkok

Untuk itu, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang cara mengetahui burung perkutut berkualitas.

  1. Kepala

Kepala perkutut bangkok berbentuk lonjong, mirip buah pinang dan ukuran kepalanya besar.

  1. Leher Perkutut Bangkok

Leher perkutut bangkok yang panjang, banyak orang anggap, perkutut bangkok tersebut dapat mengeluarkan suara kung menjadi panjang.

Selain itu, pangkal leher yang bagus pada perkutut bangkok memiliki ukuran yang mengembang dan besar.

  1. Mata perkutut bangkok

Sorot mata tajam, titik hitam di bagian mata atau pupilnya berukuran besar, lingakaran kacamata tebal dan besar.

Lihat Juga : Perbedaan Perkutut Bangkok dan Lokal

  1. Paruh dan Bulu Hidung

Lubang hidung menjonjol ke bagian depan dan memiliki bulu halus di bagian hidungnya yang berukuran kecil.

  1. Fostur Tubuh

Burung yang baik tentunya memiliki bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk dan juga kurus , dan jika di lihat fostur tubuhnya tegak dan profesional.

  1. Ekor

Meskipun ukuran tubuh burung perkutut bangkok besar, namun untuk ukuran ekornya memiliki ukuran yang pendek dan ujungnya berbentuk papak atau tumpul.

  1. Kaki

Kaki burung perkutut yang bagus memiliki cengkraman yang kuat dan memiliki ukuran yang besar, dan untuk warna kaki perkutut bangkok memiliki warna keunggulan atau warna merah yang kehitaman, dan memiliki warna putih di telapak kakinya.

Suara Burung Perkutut Bangkok

Burung perkutut yang bagus, tentunya memiliki suara yang bagus, dan untuk melihat ciri suara burung perkutut yang bagus di antaranya.

Suara Perkutut Bangkok 1| Download

Suara Perkutut Bangkok 2 | Download

Suara Perkutut Bangkok 3 | Download

  1. Kicauan Depan

Perhatikan suara awal burung perkutut bangkok, jika suara depan perkutut tersebut sudah panjang, sebaiknya pilih burung perkutut tersebut, namun jika suara depat perkutut tersebut pendek-pendek, maka lewati saja dan memilih perkutut bangkok lainnya.

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung Perkutut Bangkok

Namun, untuk perkutut masih muda, jarang di temukan yang memiliki suara depan yang panjang, dan cenderung pendek-pendek, dan meskipun dapat mengeluarkan suara depan panjang, biasanya hanya sesekali saja.

  1. Kicauan Tengah

Suara tengah burung perkutut bangkok yang bagus memiliki saura tengah yang jelas tekanannya, renggang dan enak di dengar.

Untuk itu, hindari untuk memilih perkutut bangkok yang memiliki suara tengah mengembang dan rapat.

  1. Kicauan Ujung

Irama kicauan burung perkutut bangkok yang bagus memiliki irama yang enak dan mengalun dan panjang.

Untuk itu, perhatikan suara ujung yang mengalun dan panjang, dan hindari untuk memilih burung perkutut bangkok yang memiliki suara ujung yang berhenti, dengan akhiri suara “kuk “, karena kurang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *