cucak ijo emosi

Cara Membuat Cucak Ijo Agar Bongkar Isian dan Emosi

Posted on

Salah satu hal yang di inginkan oleh pemilik burung cucak ijo adalah, dimana burung cucak hijau tersebut memiliki suara bongkar isian dan memiliki emosi yang stabil power full, dimana ketika burung dalam keadaan tersebut merupakan salah satu kondisi terbaik untuk burung tersebut, entar itu cucak ijo rumahan maupun lomba di lapangan.

Dalam hal yang sering dilakukan dari kalangan kicaumania yang sering dilakukan untuk membuat cucak ijo emosi dan bongkar isian adalah dengan mentrek cucak ijo dengan cucak ijo jantan dan cucak ijo betina.

Dan tentunya untuk membuat cucak ijo emosi dan bingkar isian akan sulit dilakukan untuk cucak ijo single fighter. Jadi tentunya admin recomendasikan merawat cucak ijo sepasang, antara jantan dan betina.

Cara Membuat Cucak Ijo Emosi dan Bongkar Isian

Untuk membuat cucak ijo membuat emosi dan bongkar isian, tentunya perlu perawatan harian yang konsisten dan juga juga stamina yang bagus, sehingga ketika di rawatnya burung akan membuat mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi

  1. Dekatkan dengan Betina

Untuk membuat emosi dan cucak ijo jantan bongkar isian, maka seringlah cucak io jantan di dekatkan dengan cucak ijo betina yang sangkarnya di krodong yang di buka sedikit, sehingga cucak ijo jantan akan penasaran dan mengintip cucak ijo betina.

  1. Ajak Latberan

Ikut latberan cucak ijo jantan, memiliki manfaat untuk membuat mental burung akan bertambah dan emosinya mudah terpancing atau panas ketika melihat burung sejenis lainnya.

  1. DiTrek Cucak Ijo Jantan

Selain menggunakan betina dan juga latihanan latberan untuk memancing emosi cucak ijo, anda juga bisa melatihnya dengan mendekatkan cucak ijo tersebut dengan cucak ijo jantan lainnya, namun memiliki kualitas suara lebih rendah dari cucak ijo anda.

Namun, untuk melakukannya jangan terlalu lama, apalagi hingga burung menjadi terrlalu lelah, cukup dilakukan selama 5 menit saja, agar emosinya terlatih dan mentalnya akan terbangun dengan baik.

Baca Juga : Cara Merawat Cucak Ijo Mabung

  1. Jangan Mengagetkan Cucak Ijo

Sebagian para kicau mania suka melakukan dengan menggebrak sangkarnya dengan bertujuan burung menjadi emosi atau panas.

Namun, cara tersebut sebaiknya jangan anda lakukan, karena hal tersebut tidak baik dan bahkan burung menjadi stres karenanya.

Mungkin, untuk beberapa cucak ijo akan menjadi emosi karena di gebrak oleh pemiliknya, namun untuk sebagian besar cucak ijo lainnya tidak akan kuat dan rawan terjadinya stres, burung sering ketakutan melihat lawannya, mental drop dan macet bunyi karenanya, karena tidak tahan karena sering di gebrak pemiliknya.

  1. Berikan Pisang Kepok Matang

Cucak ijo menjadi cepat emosi di pengaruhi oleh penambahan birahi, dan salah satu cara untuk menambah birahi cucak ijo adalah dengan memberikan pakan dari pisang kepok mantang.

Jangan berikan pisang kepok yang setengah matang, tapi berikan pisang kepok matang, dan pisang kepok juga memiliki kandungan madu sehingga birahinya stabil.

  1. Berikan Jangkrik Gemuk

 Pada saat pagi-pagi hari, cucak ijo di berikan jangkrik yang gemuk atau jangkrik yang berisi, dan untuk sore hari berikan kembali pakan jangkrik gemuk tersebut sebanyak 5 ekor.

Lihat juga: Cara Mengatasi Cucak IJo Macet Bunyi

  1. Setingan Cucak Ijo Lomba

Karena ketika lomba burung cucak ijo akan lebih banyak mengeluarkan energy atau tenaga yang banyak karena melawan lawannya ketika di lapangan, maka beberapa hari menjelang lomba dan pada saat lomba, setiap hari cucak ijo tersebut di berikan jangkrik sebanyak 15 ekor.

Ketika pada saat diperjalan, cucak ijo di biarkan ngeriwik saja dan jangan sampai membuatnya bongkar isian pada saat di perjalanan, karena bisa membuat burung kehabisan tenaga, sehingga ketika lomba burung menjadi gembos dan burung sdudah kelelahan dan tidak bisa tampil seperti yang di harapkan.

  1. Pemasteran

Agar cucak ijo bisa ngejambul dan ngetrok, maka perawatan harinnya, burung di master secara rutin dengan burung pelatuk ulam.

Suara pelatuk ulam memiliki karakter suara yang seperti mirip burung cililin, dimana karakter suaranya rapat dan merdu .

Jadi ketika di master untuk cucak ijo, maka ketika suara masterannya masuk, maka cucak ijo akan memliki suara ngerol dengan suara ujung ada suara tembakan burung cililin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *