cara merawat cendet salto

Cara Merawat Cendet Salto Agar Normal dan Gacor Kembali

Posted on

Dalam perawatan burung cendet dalam meningkatkan kemampuan berkicaunnya terkadang mengalami persoalan tersendiri ketika di rawat, dimana burung cendet yang awalnya sehat-sehat saja mendadak menjadi sering salto.

Burung cendet yang sering menjadi salto merupakan kondisi yang kurang baik untuk burung itu sendiri dan biasanya ketika cendet sudah mengalami hal tersebut di tandai oleh perilaku lainnya, seperti burung menjadi giras dan juga tanda-tanda burung akan menjadi mengalami macet bunyi yang di sebabkan oleh burung stress.

Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Hal yang menjengkelkan dalam perawatan burung cendet salto selain tanda burung menjadi macet bunyi adalah, dimana burung sering kelabakan di dalam sangkarnya, terutama ketika di dekati oleh manusia yang tentunya dapat merusak bulu burungnya tersebut.

Lihat Juga : Bunyi Burung Cendet Gacor Mp3

Untuk mengatasi burung cendet yang sering salto tentunya untuk perawatan hariannya perlu di rubah, dan fokus utamanya untuk mengembalikannya ke kondisi normal, dengan melakukan perawatan yang rutin yang bisa ditetrapkan pada penjelasan di bawah ini.

  1. Full Krodong

Mengkrodong burung ketika burung cendet sering salto tentunya memiliki tujuan untuk membuat kondisinya tidak parah.

Untuk menggunakan krodong pada cendet sering salto bisa dilakukan pada siang dan malam hari, tergantung kondisi burung. Namun, ketika kondisi burung sudah membaik, maka krodong tersebut bisa digunakan pada malam hari saja.

  1. Terapi Suara Air Mengalir

Putar suara air mengalir di dekat burung cendet yang stress tersebut setiap hari selama 24 jam, dan jika sudah lumayan membaik cukup pada sore dan malam hari memutar suara air mengalir.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi

  1. Mandi Malam

Memandikan pada malam hari pada burung cendet yang stress, karena memiliki manfaat penting untuk burung, namun ketika burung sedang mengalami sering salto, maka untuk penyemprotannya cukup di semprot dengan jarak yang jauh, dengan beberapa semprotan.

Dengan menyemprotnya dengan jarak yang jauh ketika di mandikan pada malam hari agar burung tidak terlalu takut ketika dimandikan, yang terpenting mandi malam tetap dilakukan untuk megatasi cendet salto.

  1. Terapi Lapar

Ketika perilaku sering salto pada burung cendet sudah berkurang, maka untuk pemberian pakan seperti jangkrik jangan di berikan langsung, tapi goda terlebih dahulu burung cendet tersebut agar mau menghampiri jangkrik dari tangan pemiliknya.

Lihat Juga : Harga Burung Cendet ( Semua Jenis Cendet )

Dengan memberikan pakan jangkrik dengan cara tersebut dapat membuat burung menjadi jikan kembali dan secara perlahan, burung yang stress dan trauma burung cendet akan normal kembali.

  1. Pengembunan

Untuk pengembunan burung cendet sebaiknya pastikan burung cendet tersebut sudah tidak salto kembali, karena jika masih sering salto burung di umbar dalam waktu lama dapat membuat burung semakin parah saltonya.

Dengan pengembunan pada pagi hari, bertujuan untuk membantu proses pemulihan burung sering salto dan membuatnya menjadi gacor kembali.

  1. Proses Penggacoran

Ketika pemulihan burung cendet stress dan perilaku saltonya sudah pulih, maka untuk tahap selanjutnya adalah proses pemulihan dan membuat burung menjadi gacor kembali.

Untuk itu, ketika sudah terlihat tanda-tanda burung sudah pulih, burung di berikan perawatan harian kembali seperti perawatan khusus untuk mengingkatkan kemampuan berkicau burung.

Nah demikianlah tips cara merawat burung cendet salto agar gacor dan normal kembali seperti sediakala dengan melakukan perawatan yang telah kami sampaikan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *