burung kacer kegemukan

Cara Mencegah dan Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

Posted on

Kegemukan pada burung kacer menjadi salah satu persoalan yang harus di ketahui dan di selesaikan oleh pemilik burung, jika ingin mengembalikan kacer kesayangannya memiliki kondisi terbaiknya.

Pada umumnya, burung kacer akan lebih mudah terjadinya kegemukan di kondisi tertentu, seperti setelah burung kacer menyelesaikan mabungnya, jika dalam perawatannya dilakukan dengan cara yang tidak tepat.

Yang , biasa umum terjadi, ketika sedang mabung pasca selesainya proses mabung tersebut burung tidak mendapatkan asupan yang bergizi yang lengkap, dan hanya memberikan pakan dari voer saja tanpa memperhatikan pakan tambahan lainnya, dan tetuntunya akan membuat kacer akan mudah terjadinya kegemukan.

Setelah burung kacer selesai mabung, seharunya merupakann top form, namun jika selama mabung burung kekurangan gizi yang seimbang, maka burung malah menjadi kegemukan, dan akhirnya burung malas bergerak, malas berkicau dan bahkan rentan terkena penyakit.

Namun, jika burung kacer rekan-rekan sudah terlanjur mengalami kegemukan, maka segera lakukan penangan agar tubuhnya kembali ideal, sebelum burung Mbagong dan macet bunyi.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

Jika selama ini perawatan pada burung kacer peliharaan rekan-rekan tidak tepat, sehingga menyebabkannya menjadi terlalu gemuk, maka tinggal rubah saja pola pemberian pakan dan perawatannya.

Lihat Juga : Cara Merawat Burung Kacer Mabung

  1. Melatih Di Kandang yang Besar

Dengan menggunakan kandang lebih besar, berharap burung kacer yang mengalami kegemukan tersebut lebih banyak mengeluarkan tanaganya, sehingga dapat melatih otot-otot tubuhnya

Kandang yang bisa di gunakan untuk melakukan terapi ini, bisa menggunakan sangkar murai batu, kandang umbaran atau kandang lainnya yang memiliki ukuran yang besar.

download suara burung

Agar burung mau mengeluarkan banyak aktifitas, maka dalam hal penyimpanan tangkringan satu ke yang lainnya di simpan dengan jarak berjauhan, terutama penyimpanan air minum dan makanannya, sehingga ketika burung akan minum setelah makan pakannya, burung terpaksa harus berpindah tempat.

  1. Durasi mandi dan jemur di tambah

Durasi mandi dan jemur pada kacer yang sedang mengalami kegemukan di tambah dari biasanya. Misalkan, biasanya memandikan kacer sehari sekali, maka mandikan kacer sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari, dan selingi 1 samapi 2 kali mandikan kacer pada malam hari.

Selain itu, proses penjemuran juga dilakukan lebih lama dari sebelumnya, dan gunakan kandang umbaran agar burung lebih banyak mengeluarkan energynya.

  1. Kurangi pakan Voer

Berikan pakan hanya ketika burung sedang dijemur sebanyak 1 sampai sendok makan, karena ketika di jemur, kacer akan banyak minum di bandingkan makan.

Pakan ekstrafooding tetap harus diberikan , disesuaikan dengan kondisinya, seperlunya saja untuk membantu proses pemulihannya.

Selain itu, dukung dengan asupan suplemen tertentu untuk membantu menurunkan berat badan kacer yang bisa di beli di kios burung atau toko online.

  1. Berikan sayur dan buah

Tidak semua burung kacer terbiasa dengan pakan dari buah dan sayur, maka jika burung kacer rekan-rekan tidak terbiasa diberikan sayur dan buah, maka sebaiknya latih terlebih dahulu, apalagi di berikan pada burung yang mengalami kegemukan yang bisa membantu proses pemulihannya.

Adapun, pakan yang bisa di berikan antara lain, labu siam, bengkuang, kacang panjang, mentimun dan brokoli.