burung branjangan mabung

Cara Merawat Burung Branjangan Mabung Agar Cepat Tuntas

Posted on

Burung branjangan memiliki peminat yang cukup banyak, karena adanya lomba kicauan yang menjadikan salah satu banyak pecinta burung untuk memeliharanya.

Dengan adanya lomba kicauan dan burung itu sendiri memiliki kicauan yang indah, menjadikan para pecinta burung branjangan lebih semangat lagi untuk memelihara dan menjadikan burung peliharaannya tersebut menjadi gacor dengan kualitas terbaik.

Merawat burung branjangan memang memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti merawat untuk di ternakan, merawat untuk di gacorkan dan juga merawat burung branjangan ketika mabung agar cepat selesai dan membuat burung menjadi rajin berkicau kembali ketika proses mabugnnya selesai yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Cara Merawat Burung Branjangan Mabung

Dalam proses mabung pada burung branjangan memang ditemukan dari beberapa kicau mania, dimana yang awalnya sebelum mabung terjadi , burung rajin berkicau dan setelah mabung selesai, namun burung masih belum mau berkicau seperti sebelumnya.

Dalam hal ini tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawatnya, dan mungkin, jika burung tidak mau bunyi kembali seperti sedia kala, bisa jadi hal tersebut di pengaruhi oleh perawatan yang tidak tepat. Maka dari itu, berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan ketika burung branjangan mabung.

  1. Krodong Vs Tanpa krodong

Dalam penggunaan krodong pada burung mabung menjadi salah satu hal yang cukup pro contra, dimana para kicau mania ada yang melakukannya dan ada juga tidak tidak melakukannya sama sekali.

Karena beberapa kicau mania yang tidak menggunakan krodong pada branjangan yang sedang mabung, dapat berakibat pada burung menjadi berkurang kemampuan berkicaunya.

Dari pengalaman tersebut, tentunya tidak sepenuhnya benar. Karena jika burung sudah terbiasa pakai krodong pada saat tidak mabung dan juga mabung, maka tidak perpengaruh dengan hal negative seperti burung menjadi tidaknyaman. akan tetapi bagi burung branjangan yang tidak terbiasa dengan krodong, lalu tiba-tiba full krodong ketika mabung,bisa saja membuat burung menjadi stress dan menjadi mogok bunyi,apalagi, krodong tersebut memiliki warna yang mencolok dan memiliki motiv yang dapat membuat burung menjadi tidak nyaman karenanya.

  1. Ekstrafooding ( EF )

Ekstrafooding di berikan seperti pada perawatan biasanya, namun untuk porsinya sebaiknya di tingkatkan 2 kali lebih banyak dari sebelumnya untuk membantu pertumbuhan bulu barunya lebih baik, selain itu, usahakan dalam pemberian pakan dari Ekstrafooding tersebut di olesi terlebih dahulu dengan minyak ikan untuk membantu memperkuat dan membuat bulu burung menjadi mengkilap ketika tumbuh bulu barunya.

Berikan pakan kroto setiap hari, tapi jangan berikan pakan dari serangga seperti jangkrik dan juga serangga hijau ketika burung branjangan sedang mabung.

  1. Kurangi Menjemur Branjangan

Burung branjang merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ketahanan yang baik dengan suhu panas. Namun , meskipun begitu ketika burung branjangan sedang mabung cukup di jemur selama 15 menit hingga 30 menit saja.

Lakukan penjemuran secukupnya yang penting suhu badannya cukup hangat dan menjemurnya di jadwal yang biasa lakukan. Dari beberapa kicaumania biasanya menyeprot sedikit bulunya dengan air sebelum di jemur hingga burung menyisir bulunya, dan menjemur selama 15 menit sampai 30 menit saja.

  1. Bebaskan dari Kutu dan Tungau

Kutu dan tungau merupakan salah satu permasalahan yang dapat menyerang burung branjangan ketika mabung, karena  burung branjangan merupakan jenis burung yang mudah terserang tungau dan kutu ketika sedang mabung.

Ciri-ciri burung branjangan terkena tungau dan kutu, bisa dilihat dimana burung akan sering mematuk tubuh atau bulunya dan lebih parah lagi burung menjadi sering mencabuti bulunya.

Dengan sering mencabuti bulunya tersebut, maka proses mabung akan tersendat-sendat, karena pertumbuhan bulunya selalu tidak selesai karena sering di cabutinya, dan membuat proses mabung menjadi berkepanjangan.

Bersihkan kandang secara rutin agar kutu dan tungau yang bersarang pada kandang hilang, atau bisa menyemprotkan produk khusus untuk permasalahan tungau dan kutu yang bisa di beli di kios burung.

  1. Suplemen

Dalam pertumbuhan bulu baru pada burung branjangan membutuhkan kandungan protein, keratin sebagai bahan utama untuk pertumbuhan bulunya dan juga Mutivitamin untuk memenuhi kebutuhan Nutrisinya.

jika makanan yang di berikan pada branjangan masih kurang, maka sebagai asupan tambahan, maka bisa menggunakan suplemen khusus untuk burung mabung. Namun , jika dari pemberian pakan saja sudah cukup, maka tidak perlu membutuhkan asupan suplemen untuk burung.

  1. Masteran

Burung mabung akan cenderung banyak diam dan tidak melakukan banyak aktifitas, karena memang , kondisi terbaiknya harus banyak berdiam diri untuk menghemat energy dan memfokuskan pada pertumbuhan bulunya.

Dengan banyaknya berdiam diri pada burung branjangan yang mabung, maka ketika memasternya, burung akan bisa focus untuk menikmati irama kicauan dari masterannya. Sehingga burung akan mudah untuk menghafal dari setiap irama kicauan burung masteran, dan nantinya ketika burung mulai berkicau kembali, maka burung tinggal mempraktekin kicauan yang sudah di hafalnya tersebut.

Baca Juga : Cara Memaster Burung Kicauan Secara Efektif Agar Cepat Gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *