burung tledekan macet bunyi
Gambar : omkicau.net

Cara Merawat Burung Tledekan Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Posted on

Burung tledekan memiliki suara kicauan yang bervareatif, dan hal tersebut menjadikannya banyak peminat di kalangan pecinta burung kicauan untuk memeliharanya.

Burung tledekan memiliki banyak nama panggilan lainnya, seperti burung sikatan,sulingan dan merupakan jenis burung yang basa di dapatkan di Indonesia. Di Indonesia itu sendiri burung sikatan memiliki banyak jenisnya, namun meskipun memiliki banyak jenis yang berbeda-beda, suara kicauan dari jenis burung tledekan tersebut memiliki kualitas kicauan yang merdu dan bervareatif, seperti ;

  • Burung tledekan gunung/ sikatan cacing
  • Sikatan bakau
  • Tledekan gunung

Cara Merawat Burung Tledekan Macet Bunyi

Suara khas yang terdengar seperti alunan suling dari seorang pengembala, menjadi salah satu kemampuan yang bisa di keluarkan oleh burung tledekan. Namun , proses lama untuk membuatnya gacor, secara tiba-tiba burung menjadi malas untuk berkicau dan tidak mau untuk bunyi bisa terjadi sewaktu-waktu karena sesuatu hal.

Untuk mengembalikan ke performa terbaik bagi burung tledekan kesayangan anda, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perawatan yang tepat, seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Pilih sangkar Yang Tepat

Pemilihan sangkar yang tepat dapat mempengaruhi kenyaman burung itu sendiri sehingga burung sulingan rajin untuk berkicau. Hindari memilih sangkar yang terlalu kecil karena rawan membuat burung menjadi stress dan juga sangkar tidak terlalu luas. Pilihlah sangkar khusus burung tledekan untuk membuatnya menjadi nyaman, tidak anda tidak mengetahuinya, maka  tanyakan pada penjual kandang burung, sebelum membelinya.

  1. Perawatan Pagi dan Siang Hari

Ketika pagi hari sekali, sebelum matahari mulai terbit, burung tledekan yang sedang macet bunyi tersebut di gantang untuk di embunkan di tempat yang nantinya akan terkena sinar matahari ketika muncul.

Ketika waktu menunjukan jam 06.30, burung diberikan pakan dari kroto sebanyak 1 sendok teh, yang di simpan pakan cepuk pakannya.

Sekitar jam 07.00 , burung tledekan di mandikan dengan menggunakan keramba atau menyemprotnya dan di jemur selama 30 menit saja. Sebelum di jemur, sebaiknya ganti pakan Voer yang ada di sangkar dengan racikan apel dan kroto untuk merangsangnya bunyi.

Jika menjemurnya selesai di lakukan, maka selanjutnya adalah dengan mengangin-anginkan burung ditempat teduh sambil memberikan pakan dari ulat hongkong 1 ekor dan jangkrik 3 ekor, dan berikan juga pakan dari voer dengan kandungan protein yang tinggi untuk membantu proses pemulihan burung.

Setelah itu, burung tledekan tersebut sambil di angin-anginkan, sambil dengan menggantang burung betina selama 1 sampai 2 jam. Atau juga , bisa dengan memutar suara terapi atau suara masteran burung tledekan untuk memancingnya mau berkicau kembali.

Lihat Juga : Download Suara Burung Tledekan Mp3 Untuk Masteran dan Pancingan Betina

  1. Perawatan siang, Sore Hari dan Malam Hari

Ketika siang dan sore hari, burung di krodong full sampai jam 16.00 sore krodongnya di buka kembali sambil memberikan pakan jangkrik 3 ekor dan 1 ekor ulat hongkong dan dan burung bisa di mandikan dan di jemur kembali.

Setelah bulu burung kering setelah dimandikan, maka burung tersebut di di master atau di berikan suara terapi kembali untuk memancinnya mau bunyi.

Ketika malam hari, burung di simpan di tempat yang nyaman dan sepi tanpa krodong untuk merangsangnya mau untuk berkicau, karena suasana sepi dapat membuatnya rajin berkicau.

Demikianlah cara merawat burung tledekan macet bunyi agar membuatnya menjadi rajin untuk berkicau gacor seperti sebelumnya dan mengembalikan ke performa terbaiknya. Lakukan perawatan ini setiap hari dengan berulang, hingga burung sudah benar-benar memiliki performa terbaiknya.