inkubator lovebird

Suhu Inkubator untuk Anakan Lovebird Agar Hidup Sehat

Posted on

Ketika beternak, dan telur lovebird sudah menetas, biasanya indukan lovebird akan merawatnya hingga tubuh remaja, seperti perawatan dalam memberikan makanan dan juga melindungi tubuh anakan lovebird dari perubahan suhu.

Ketika sudah menetas, dan anakan lovebird yang sudah berumur 2 minggu, biasanya peternak yang ingin memisahkan anakan lovebird tersebut ke inkubator untuk di pelihara hingga dewasa, agar indukannya cepat bertelur kembali.

Namun, ketika memisahkan lovebird yang masih berumur 2 minggu, suhu yang harus tetap stabil, karena sistem kekebalan tubuh anakan lovebird di umur segitu belum stabil, dan ketika suhu idealnya tidak terpenuhi, maka anakan lovebird rawan mati.

Suhu Inkubator Anakan Lovebird

Suhu ideal untuk inkubator anakan lovebird sekitar 30 – 35 derajat Celcius dengan kelembaban inkubator 70% – 85, agar anakan lovebird terjaga.

inkubator anakan lovebird

Lihat Juga : Cara Memilih Indukan Lovebird

Pada umur 1 minggu hingga 1 bulan, anakan lovebird yang baru menetas masih butuh kehangatan dari indukannya, dan ketika di pisah dari indukannya ketika umur 2 minggu, maka suhu penyimpanan ( inkubator ) harus tetap hangat seperti ketika di rawat oleh indukannya, karena kelangsungan hidup lovebird sangat tergantung suhu yang tepat.

Anda bisa membuat inkubator ke pengrajin atau juga bisa membeli langsung khusus untuk lovebird, dan berikut adalah hal-hal yang harus di persiapkan sebelum memasukan anakan lovebird ke kandang inkubator.

Baca Juga : Cara Menangkarkan Lovebird

  • Sediakan lampu 5 watt
  • Sirkulasi udara harus cukup
  • Simpan termometer ruangan, sebagai alat untuk memastikan suhu inkubator
  • Jika memiliki dana, bisa menggunakan termostat otomatis, untuk mengatur suhu yang sesuai di inginkan yang di butuhkan burung tanpa menggunakan lampu
  • Simpan lovebird perkotak, sesuai dari indukan masing-masing
  • Berikan alas dengan tisu bersih atau serutan kayu
  • Perhatikan terus suhu inkubator, agar suhunya selalu dalam kondisi yang sesuai yang di inginkan
  • Jauhkan dari gangguan anjing, kucing, tikus dan hewan pengganggu lainnya

Nah, demikianlah setingan suhu inkubator anakan lovebird agar burung tidak mati dan hidup hingga dewasa.

Keadaan suhu yang ideak memang sangat berperan penting untuk anakan lovebird yang baru menetas, namun disamping itu, berikan pakan yang berkualitas juga untuk membantu tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *