sogok ontong trotol

Cara Merawat Burung Sogok Ontong Trotol Agar Gacor

Posted on

Sogok Ontong Trotol – Salah satu jenis burung yang cukup banyak peminatnya salah satunya burung sogok ontong,dimana suara kicauan yang khas menjadi daya tarik dari burung ini.

Dari beragam memilih burung sogok ontong, ada beberapa orang yang memilih untuk membeli yang sudah gacor dan ada yang lebih menyukai memilihnya yang masih muda/trotolan.

Sogok ontong trotolan selain memiliki harga yang murah di banding dengan yang sudah gacor, dalam perawatannya cukup mudah untuk membuatnya rajin berkicau dibandingkan memilih sogok ontong yang sudah dewasa hasil tangkapan hutan.

Sogok ontong hasil tangkapan hutan, memiliki sifat liar, sehingga ketika di rawat di dalam sangkar sulit jinak dan susah dalam perawatan lainnnya.

Sedangkan untuk sogok ontong trotolan, lebih mudah di bentuk dalam perawatannya sehingga mudah untuk membuat sogok ontong menjadi rajin gacor sesuai dengan perawatan harian yang dilakukan.

Perawatan Burung Sogok Ontong Trotol

Selain memiliki keunggulan dalam memilih sogok ontong trotolan, tentunya perawatan yang akan dilakukan harus tepat dan konsiste, sehingga potensi dari burung tersebut bisa keluar dengan baik.

Ada beberapa hal dalam merawat sogok ontong, seperti mengatur pakan yang di berikan, memandikan, jemur, pengembunan dan lain sebagainya untuk mendukung burung memiliki kemampuan berkicau yang berkualitas.

  1. Pengembunan Sogok Ontong

Pengembunan merupakan aktifitas pertama di pagi hari untuk burung sogok ontong, dimana sebelum matahari muncul, burung di simpan untuk di ;uar rumah untuk menikmati udara segar.

Udara pagi yang segar bermanfaat untuk kesehatan burung, terutama untuk pernafasan burung menjadi bagus, dan paling penting dengan melakukan pengembunan tersebut bisa membuat sogok ontong terpancing untuk bunyi, sehingga nantinya akan menjadi gacor.

Lihat Juga : Suara Burung Sogok Ontong

  1. Mandikan Sogok Ontong

Burung butuh mandi setiap harinya, sebagai pemilik, tentunya harus memandikan burung sogok ontong atau membiarkannya mnadi sendiri.

Jika burung ingin mandi sendiri, maka cukup dengan menyimpan air di cepuk besar, agar ketika sogok ontong ingin mandi sendiri bisa melakukannya tanpa harus menunggu pemilik memandikannya.

Rutin memandikannya bisa membantu burung cepat gacor dan membantu untuk penjinakan.

  1. Jemur Sogok Ontong

Untuk menjemur sogok ontong di pagi hari, alangkah lebih baik di jemur ketika matahari baru mulai muncul, karena sinar mataharinya sedang bagus-bagusnya.

Untuk menjemur sogok ontong bakalan cukup dilakukan pada jam 07.00 selama 30 menit atau 1 jam lamanya.

  1. Madu

Madu merupakan makanan yang disukai oleh sogok ontong, dan terlebih dengan rutin memberikan madu seminggu 3 kali bisa mencegah burung mengalami nyilet/kekurusan, karena banyak gizi yang terdapat pada sogok ontong yang cocok untuk menggemukan sogok ontong.

  1. Susu dan Nekstar

Nekstar atau sari bunga merupakan pakan kesukaannya di alam liar.

Kamu juga bisa memberikan Nestar buatan yang bisa di beli di kios burung atau bisa memberikan susu kental manis sebagai pakan utama yang di berikan setiap harinya.

  1. Kroto untuk Sogok Ontong

Kroto pakan yang harus di berikan pada sogok ontong setiap hari, karena kroto bisa membuat burung menjadi rajin bunyi hingga gacor.

Pemberian kroto untuk sogok ontong di berikan ketika burung di jemur dan jika burung belum terbiasa menyukai kroto bisa mengajarkannya terlebih dahulu, karena penting sekali memberikan kroto untuk sogok ontong bakalan karena manfaatnya bisa membuatnya jadi gacor.

  1. Berikan Terapi

Agar burung terhindar dari stress dan membuatnya menjadi rileks, bisa menyimpan sogok ontong di tempat yang sejuk dan teduh, dan jika ada bisa menyimpannya di tempat dekat dengan air mengalir agar mentalnya bagus dan tentunya efeknya ke burung menjadi gacor.

Itulah tips cara merawat burung sogok ontong bakalan yang bisa kami berikan untuk rekan-rekan kicaumania.net untuk membuatnya momongannya tersebut berkualitas suara kicauannya.

Baca Artikel Lainnya dari Kicaumania.net di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *