download suara burung sogok ontong

Burung Sogok Ontong: Suara,Ciri, Harga, Perawatan dan Perbedaan Jenis Kelamin

Posted on

Burung sogok ontong atau burung madu sriganti memiliki suara kicauan yang merdu, dan untuk harganya sendiri tergolong murah, sehingga jenis burung ini memiliki peminat tersendiri dari kalangan penghobi burung.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang burung sogok ontong, seperti harga, suara, makanan, mengetahui perbedaan jenis kemain dan cara merawatnya.

Daftar isi

Makanan Burung Sogok Ontong

  • Rayap
  • Ulat
  • Kroto
  • Nekstar
  • Madu
  • Air gula
  • Susu kental manis

Cara Merawat Sogok Ontong

Agar sogok ontong menjadi rajin bunyi dan gacor, serta memiliki tubuh yang sehat dan tidak nyilet, maka burung perlu di rawat dengan cara yang tepat, seperti mengatur asupan makanan yang tepat, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

  1. Setiap pagi sekitar jam 05- 06.30, burung di embun untuk memancingnya bunyi, lalu masukan kembali ke dalam rumah sebelum burung akan di jemur
  2. Untuk air minum burung sogok ontong sebaiknya gunakan cepuk yang besar, sehingga bisa di pakai untuk mandi burung
  3. Jemur burung sogok ontong jangan terlalu lama, sekitar 15 – 30 menit lamanya dan itupun dilakukan ketika pagi hari sekali di bawah jam 09.00, karena panas sinar mataharinya tidak terlalu terik
  4. Setiap hari, sogok ontong di berikan madu 3 kali, karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan burung dan juga untuk membuat burung terhindar dari nyilet dan tubuh burung menjadi ideal
  5. Susu kental manis sebenarnya pakan alternatif sebagai ganti pakan dari nekstar bunga dan makanan manis lainnya. namun, susu kental manis yang di sediakan di sangkar burung jangan melebihi 24 jam, karena susu akan mudah basi
  6. Berikan kroto sebanyak 3 kali dala sehari, karena kroto memiliki manfaat untuk membuat burung menjadi rajin berkicau. Dan jika burung belum terbiasa makan kroto, bisa di ajarkan terlebih dahulu
  7. Jika setelah aktifitas mandi dan jemur sudah burung lakukan, maka burng di simpan di tempat yang sejuk, teduh, seperti di halaman rumah atau di bawah pohon rindang
  8. Biarkan siang hari burung di simpan tanpa krodong, dan malam hari sangkar burung di krodong

Perbedaan Sogok Ontong Jantan dan Betina Trotolan dan Dewasa

Mengetahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina sogok ontong penting untuk di ketahui, terutama bagi anda yang berencana untuk beternak burung ini, untuk membeli 1 pasang.

Ciri-ciri Sogok Ontong Jantan

  1. Suara Sogok Ontong Jantan

Suara sogok ontong jantan yang sudah dewasa akan memiliki suara yang ngeroll, gacor dan ngerol, dan ketika masih anakan, sogok ontong akan mengeluarkan bunyi meskipun ngeriwik. Sedangkan untuk suara betina tidak sebagus dan serajin jantan.

Namun, berbeda halnya ketika membeli sogok ontong ombyokan, anda membutuhkan kurang lebih 2 minggu, burung tersebut mau bunyi.

  1. Ekor Sogok Ontong Jantan

Ukuran ekor sogok ontong jantan dan betina memang sama saja, namun yang membedakan, ekor sogok ontong jantan lebih sering membuka ekornya, sehingga terlihat lebih besar dari betina.

  1. Warna Bulu Sogok Ontong

Warna bulu sogok ontong jantan lebih cerah, tegah dan kontras, contohnya warna pada bulu dadanya yang bewarna kuning tua.

Terdapat warna bulu kuning cerah pada alisnya

Ketika sogok ontong berumur di atas 3 bulan, makan akan keluar warna trotol hitam pada bagian paruh sampai bagian leher bawahnya.

  1. Jantan Sogok Ontong Lebih Aktif

Sogok ontong jantan akan lebih aktif bergerak dan agresif, loncat untuk berpindah-indah dari dari tenggeran ke tenggeran lainnya untuk bergerak.

Ciri-ciri Sogok Ontong Betina

  • Ketika masih trotolan, betina sogok ontong jarang ngeriwik , dan begitu juga ketika dewasa jarang bunyi dan hanya mengeluarkan suara “cik, cik “ saja
  • Warna tubuhnya terlihat pudar, alias tidak secerah dan sekontras jantan
  • Ekor sogok ontong betina terlihat panjang dan tidak melebar, meskipun ukurannya sama dengan jantan
  • Tidak memiliki warna bulu trotol hitam pada bagian bawah lehernya
  • Ukuran tubuh betina lebih kecil dari jantan

Kumpulan Suara Burung Sogok Ontong Mp3

Suara Burung Sogok Ontong Versi 1 | Download

Suara Burung Sogok Ontong Versi 2 | Download

Suara Burung Sogok Ontong Versi 3 | Download

Suara Burung Sogok Ontong Versi 4 | Download

Suara Masteran Kolibri Srikandi Versi 1 | Download

Suara Masteran Kolibri Srikandi Versi 2 | Download

Harga Burung Sogok Ontong

Harga sogok ontong, bervareatif tergantung jenis kelamin, umur dan juga kemampuan berkicau. dan jika anda ingin membeli sogok ontong dengan harga murah, bisa memilih yang masih anakan.

Jenis Sogok Ontong Harga
Sogok Ontong Bakalan Rp = 25.000 – 60.000
Sogok Ontong Anakan Rp = 25.000
Sogok Ontong Full Gacor Rp = 230.000 – 250.000
Sogok Ontong Gacor Rp = 125.000

Cara Memaster Sogok Ontong

Burung peliharaan, untuk mampu berkicau dengan sangat baik, tentunya membutuhkan perawatan harian yang rutin dan di tambah dengan memasterkannya dengan suara kicauan masteran yang berkualitas yang sesuai dengan keinginan dari pemilik burung itu sendiri. 

Bagi kalian yang tidak mau ribet dalam melakukan masteran burung seperti menggunakan media burung lainnya secara langsung, maka media suara dari Mp3 yang di putar melalui handphone atau CD menjadi pilihan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas kicauan yang terbaik, asalkan melakukannya dengan cara yang tepat dan rutin.

Selain itu, dengan menggunakan Mp3 memiliki keunggulan lainnya, seperti memilih banyak jenis suara yang akan di masterkan , memutar kembali dengan audio yang sama yang membantu burung untuk mengingat suara kicauan masterannya dan juga berbagai macam keunggulan lainnya.

Namun , meskipun pemasteran menggunakan menggunakan Mp3 karena lebih praktis dan simple, maka temen-temen kicau mania juga bisa dengan melakukannya menggunakan burung langsung dengan mendekatkan burung masterannya.

Akan tetapi , perlu untuk di ingat, bukan hanya tentang memasterkan burung kicauan dengan memutar suara masterannya, akan tetapi perhatikan kembali dengan seksama tentang hal lainnya untuk mendorong burung mampu menirukan suara kicauan masterannya.

  1. Suara Masteran

Kualitas suara kicauan dari Mp3 yang di putar, sebaiknya memiliki kualitas yang jernih agar burung bisa dengan jelas mendengarkan suara kicauannya. Karena jika terlalu banyak suara lain dari audio yang di putar, di khawatirkan burung tersebut tidak bisa mendengar suara kicauannya dengan baik.

Selain itu, volume dari mp3 yang di putar juga di perhatikan, agar burung bisa nyaman ketika mendengarkan kicauan masterannya. Perdengarkan suara burung dengan volume sedang dan jangan terlalu kencang karena dapat membuatnya menjadi tidak nyaman. Putar audio dengan secukupnya, yang penting terdengar oleh burung yang di masterkan.

  1. Waktu pemasteran

Untuk waktu memasterkan burung sogok ontong tersebut , pilihlah dimana burung dalam keadaan santai atau rileks, agar bisa focus mendengar suara kicauan masterannya. Karena jika dalam keadaan aktif, maka burung tidak bisa focus mendengarkan suara masterannya dan akan menyahut masterannya dengan suara khas yang dimilikinya. Kecuali jika pemilik burung memancingnya untuk bunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *