nuri kepala hitam

Nuri Kepala Hitam: Ciri, Suara, Makanan, Habitat dan Perawatannya

Posted on

Nuri Kepala Hitam – Burung nuri banyak di pelihara oleh pecinta burung karena burung nuri ini memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari fostur tubuh, warna bulu hingga keterampilan yang dimiliki oleh burung nuri.

Ada beberapa jenis burung nuri yang banyak di pelihara pecinta burung hias, salah satu jenis burung nuri yang memiliki banyak peminatnya adalah burung nuri kepala hitam.

Dari setiap jenis burung nuri memiliki keistimewaan masing-masing, termasuk burung nuri kepala hitam ini yang memiliki yang memiliki keistimewaan.

Pada kesempatan kali ini, Kicaumania.net akan memberikan Informasi seputar burung nuri kepala hitam, mulai dari keistimewaan yang dimilikinya, suara, ciri-ciri jantan, makanan, habitat hingga cara merawatnya.

Keistimewaan Nuri Kepala Hitam

Ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih untuk memelihara nuri kepala hitam, karena keistimewaan yang dimiliki oleh nuri kepala ini menjadi daya tarik tersendiri.

  1. Bisa Bicara

Burung nuri kepala hitam merupakan jenis burung paruh bengkok, dan biasanya burung paruh bengkok memiliki kecerdasan yang bagus.

Kelebihan dari nuri kepala hitam adalah kemampuannya yang bisa menirukan suara manusia, meskipun hanya bisa di ajarkan beberapa kata saja.

Dan tentunya, untuk bisa membuat nuri kepala hitam mampu menirukan kata-kata, harus di latih secara rutin dengan cara memasternya langsung dengan suara manusia ( perawat ) atau dengan menggunakan suara rekaman.

Suara nuri kepala hitam juga memiliki kemiripan dengan  burung elang, mungkin karena kepintaran dalam menirukan suara burung lainnya, sehingga ketika mendengar suara burung elang, burung ini mampu menirukan suara yang pernah di dengarnya.

Namun, burung nuri kepala hitam ini bukan jenis burung kicauan yang rajin bunyi, hanya saja kemampuan menirukan suara manusia menjadi nilai lebih tersendiri yang jarang dimiliki oleh kebanyakan burung.

  1. Motif Bulu Indah

Warna bulu dari burung nuri memang sangat menawan dari beragam jenisnya, termasuk burung nuri kepala hitam yang memiliki warna bulu yang menawan.

Warna bulu yang menjadi khas nuri kepala hitam adalah, jenis burung ini memiliki bulu kepala hitam dengan beragam warna lain yang ada di sekitar tubuhnya seperti warna hitam, biru, merah dan kuning yang menghiasi seluruh tubuhnya.

Habitat Nur Kepala Hitam

Nuri kepala hitam biasa hidup secara berkelompok dengan jumlah kecil 4 – 8 ekor dan juga hidup berdampingan dengan pasangannya.

Sedangkan untuk persebaran burung nuri yang memiliki warna kepala hitam ini memiliki persebaran di sekitar papua barat dan diseluruh papua seperti di daerah Misool, Salawati, Batata dan Waigeo.

Lihat Juga : Harga Burung Nuri

Makanan Nuri Kepala Hitam

Makanan yang paling disukai oleh burung nuri kepala hitam merupakan makanan yang memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan juga buah-buahan.

Makanan tersebut merupakan makanan yan disukainya ketika di alam liar, sehingga ketika kamu berencana untuk memelihara burung nuri kepala hitam ini, tentunya harus memberikan semua kebutuhan tersebut dengan cara memberikan pakan campuran yang di sediakan setiap hari yang bervariasi.

Adapun makanan yang disukai oleh burung nuri kepala hitam diantaranya :

  • Jeruk
  • Pir
  • Apel
  • Jagung
  • Wortel
  • Nekstar
  • Serangga
  • Biji-bijian
  • Dll

Ciri-ciri Burug Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina

Secara keseluruhan warna bulu yang ada pada nuri kepala hitam jantan dan betina tidak jauh berbeda, namun ada beberapa perbedaan yang mudah untuk diketahui perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina seperti :

  • Tubuh Jantan lebih kecil dari betina
  • Ekor betina lebih panjang dari nuri kepala hitam jantan
  • Warna bulu jantan leih mengkilap dan kontras, sedangkan nuri betina kepala hitam warnanya terlihat dop
  • Ukuran tubuh betina lebih tinggi dibandingkan dengan jantan yang memiliki tubuh yang pendek

Suara Burung Nuri Kepala Hitam Mp3

Suara Nuri Kepala Hitam Versi 1 | Download

Suara Nuri Kepala Hitam Versi 2 | Download

Cara Memelihara Nuri Kepala Hitam

Dalam memelihara nuri kepala Hitam sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, seperti memberikan makanan yang lengkap dari beragam variasi makanan, memandikan, memberikan sangar yang tepat dan perawatan harian lainnya yang konsisten.

  1. Kandang Nuri Kepala Hitam

Nuri kepala hitam memiliki ukuran tubuh yang besar, dimana berat badannya bisa mancapai 200 – 240 gram.

Karena ukuran tubuhnya yang besar, maka berikan kandang yang tepat ukurannya, karena kalau kandangnya terlalu kecil bisa merusak bulu ekor dan bulu tubuhnya yang indah.

Jika burung nuri kepala hitam anda belum jinak atau anda takut untuk melepaskannya di ruang terbuka secara langsung, maka buatkan kandang dengan ukuran 1X1 Meter minimal, lebih luas kandangnya lebih bagus juga.

  1. Memandikan

Mandikan setip hari nuri kepala hitam ini, karena dengan memandikannya memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa membantu nuri menjadi lebih jinak.

Selain itu, dengan memandikan nuri kepala hitam ini bermanfaat untuk membuatnya menjadi cepat lapar, sehingga burung akan memiliki nafsu makan yang bagus.

Mandikan dengan cara di semprot, dan pastikan bulunya basah hingga kuyup dan bulunya benar-benar bersih dari kotoran yang menempel pada bulunya tersebut.

  1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan untuk kebutuhan nuri kepala hitam ini sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan burung sehingga mudah di latih suara atau keterampilan selain perawatan yang telah Kicaumania.net jelaskan di atas.

Jaga kebersihan kandang untuk menghindari banyak kuman, bakteri, jamur yang ada di sangkar atau tempat makannya.

Itulah beberapa Informasi mengenai burung nuri kepala hitam mulai dari habitat, makanan, suara, ciri-ciri jantan dan betina dan beragam informasi penting lainnya yang bisa kami bagikan.

Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya dari Kicaumania.net di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *