Manfaat Pengembunan Burung Sebagai Terapi Agar Rajin Bunyi

Manfaat Pengembunan Burung

Pengembunan Burung – Bagi yang baru mengenal di dunia burung, tentunya pernah mendengar isitlah pengembunan, dimana aktifitas ini dilakukan untuk menciptakan suana pagi hari sebelum matahari terbit.

Suasana pagi hari sebelum matahari terbit sekitar jam 04.00 – 05.30 merupakan kondisi yang disukai burung.

Pada waktu subuh tersebut merupakan burung yang ada di alam liar sudah mulai beraktifitas seperti berkicau, mereka akan saling bersautan dengan jenis burung lainnya.

Apa Itu Pengembunan ?

Pengembunan untuk burung memiliki tujuan, dimana agar burung menikmati udara segar pagi hari sebelum matahari terbit.

Dan tentunya melakukan pengembuanan ini sangat baik dilakukan untuk kesehatan burung kicauan.

Lihat Juga : Suara Burung Gacor Mp3

Alasan Burung Rajin Berkicau Saat Fajar

Sebagian dari pembaca mungkin bertanya, kenapa sih burung rajin berkicau pada pagi hari ?

Ada beberapa alasan yang kami temukan, kenapa burung rajin berkicau di pagi hari diantaranya .

  1. Menandakan Lokasi

Untuk jenis burung yang memiliki karakter teritorial tentunya memiliki tujuan untuk memberitahukan pada burung lain, daerah yang di tinggalinya merupakan daerah kekuasaannya.

Selain itu, dengan rajin berkicau di pagi hari, bagia burung yang memiliki sifat teritorial memiliki tujuan pada burung lain, bahwa dia masih ada di lokasi tersebut dan sudah melewati malam hari dengan selamat.

  1. Menunjukan Keterampilan

Pada pagi hari burung akan rajin berkicau, terutama menyolok musim kawin, di waktu subuh tersebut merupakan waktu untuk berkicau dan menunjukan kemampuan untuk menarik perhatian pasangannya.

Lihat Juga : Cara Memilih Vitamin Burung

Burung yang memiliki kicauan yang berkualitas karena memiliki energy yang cukup, biasanya burung yang memiliki kemampuan mencari makanan yang bagus, sehingga lebih rajin berkicau dan gacor.

  1. Memanfaatkan Waktu dan Menghindari Hewan Predator

Pada waktu pengembunan/subuh, sebenarnya burung sudah mulai beraktifitas, hanya di waktu tersebut minim pencahayaan, sehingga burung tidak bisa mencari makanan, dan di manfaatkan untuk berkicau dan saling bersautan dengan burung lainnya.

Karena hanya minim pencahayaannya, maka dengan cara memanfaatkan waktu untuk berkicau dan tidak mencari makanan burung akan terhindar dari hewan pemangsanya.

Manfaat Pengembunan Burung

Dalam perawatan burung, tentunya burung akan menuruti perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya, mau di embunkan atau tidak.

Lihat Juga : Tips Merawat Burung Pada Musim Hujan

Karena untuk membangun insting dasar, maka sebaiknya dalam perawatan burung harus melakukan pengembuanan, karena ada beberapa manfaat untuk meningkatkan kesehatan burung, seperti bagus untuk pernafasan burung karena udaranya segar dan bersih, melatih suara karena menjadi rajin berkicau dan lain sebagainya.

Karena burung akan terlatih karena saling bersautan berkicau dengan burung lain, maka kualitas suara burung akan menjadi ngeplong dan akhirnya menjadi rajin bunyi atau gacor.

Itulah beberapa manfaat pengembunan burung yang memiliki banyak manfaat untuk terapi, kesahtan burung dan meningkatkan kualitas suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.