makanan burung pelatuk

Makanan Burung Pelatuk di Alam Liar dan karakteristiknya

Posted on

Makanan burung pelatuk – Ketika mendengar burung pelatuk, biasanya banyak orang akan teringat tentang kemampuannya dalam membuat lubang di pohon atau mematuk batang pohon. Ya, hal tersebut merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh burung pelatuk yang tidak dimiliki oleh kebanyakan burung lainnya. 

Burung pelatuk atau biasa di sebut juga ordo piciformes ini mampu menghancurkan batang pohon atau melubangi pohon hanya dengan menggunakan paruhnya. Paruh yang runcing dan kuat dan memiliki otot-otot yang kuat di bagian yang leher menjadikan burung pelatuk ini mampu membuat lubang tersebut.

Sebelum menjelaskan tentang makanan burung pelatuk yang akan kita bahas kali ini, mungkin sebagian dari kita akan bertanya, tujuannya apa sih burung pelatuk mematuk batang pohon hingga rusak atau berlubang ? , jika itu menadi salah satu pertanyaan pembaca, maka bisa simak pada penjelasan dibawah ini.

Karakteristik Burung pelatuk

gambar burung pelatuk

Gambar burung pelatuk

Untuk membuat lubang atau menghancurkan batang pohon, maka burung pelatuk atau mematuk-matuk batang tersebut dengan cepat, dan membuang hasil patukannya yang sudah rapuh tersebut dengan menggunakan lidah dan juga paruhnya.

  1. Menentukan Lokasi kepemilikan

Salah satu maksud dari burung pelatuk sering mematuk batang pohon memiliki maksud untuk menandai, bahwa lokasi tersebut miliknya, sehingga pesaing dari burung itu sendiri mengetahui bahwa itu daerah kekuasaan burung tersebut.

  1. Membuat sarang

Dalam membuat sarang untuk bertelur, setiap burung memiliki tempat favorit masing-masing. Burung pelatuk memiliki kebiasaan atau tempat favorit untuk bersarang di dalam pohon yang di buatnya dengan menggunakan pelatuknya yang kuat tersebut.

Hal tersebut tentunya untuk menghindari dari pemangsa yang akan memangsanya sewaktu-waktu dan lokasi tersebut di anggap burung pelatuk merupakan tempat yang aman dan tidak terlihat oleh pemangsanya.

Biasanya, sarang yang di buat oleh burung pelatuk tersebut, ketika sudah tidak digunakan oleh burung pelatuk, akan digunakan oleh burung lainnya untuk bersarang. Antara lain , burung yang biasa menggunakan sarang burung pelatuk tersebut, seperti burung hantu,beberapa bebek dan juga mamalia lainnya yang tertarik untuk menempati sarang yang di buat oleh burung pelatuk.

  1. Mencari makanan

Mencari makanan di sela-sela kulit batang pohon menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh burung pelatuk. Dimana, serangga yang bersembunyi di sela-sela kulit pohon akan di cari oleh burung pelatuk tersebut dan untuk di konsumsi.

Kelebihan dan kemampuan Burung pelatuk

gambar burung pelatuk gacor

Gambar burung pelatuk gacor

Kemampuan burung pelatuk menjadi suatu hal kelebihannya, akan tetapi hal tersebut di pengaruhi oleh kelebihan fisik yang dimilikinya, antara lain :

  1. Selain memiliki pelatuk yang keras, runcing dan kuat. Burung pelatuk memiliki bentuk lidah yang lengket dan juga panjang, hal tersebut memiliki manfaat yang dapat memangsa serangga yang di dapat dan membantu dalam membuat lubang pada batang pohon
  2. Mungkin sebagian dari kita pernah melihat burung pelatuk bisa menempel pada pohon yang vertical tanpa jatuh. Karena hal tersebut tentunya di pengaruhi oleh cakar dari burung pelatuk yang kuat , sehingga mampu bertengger, meskipun sambil mematuk-matuk batang pohon
  3. Bulu yang kaku menjadi salah satu kelebihan burung pelatuk yang memiliki manfaat untuk menstabilkannya ketika bertengker sambil mematuk batang pohon
  4. Burung pelatuk mampu mematuk batang pohon sebanyak 20 kali hanya dalam satu detik, karena memiliki otot leher dan otot kepala yang kuat
  5. Burung pelatuk memiliki bantalan pada kepalanya yang berfungsi untuk meredam hentakan dari patukannya yang cepat

Nah, sekarang sudah taukan kelebihan dan karakteristik burung pelatuk. Maka sekarang bisa melanutkakn tentang, makanan apasih yang biasa dikonsumsi burung pelatuk .

download suara burung

Makanan Burung Pelatuk

Jika, temen-temen memiliki keinginan untuk memeliharanya dalam sangkar, maka pastikan terlebih dahulu, sangkar tersebut bukan yang terbuat dari kayu, karena akan mudah rudak karena di patuk dan membuat burung tersebut kabur.

Salah satu cara untuk mencari makanan, maka burung pelatuk akan mematuk sela-sela batang pohon dan mencari makanan , seperti kroto, ulat pakan lainnya yang disukai oleh burung tersebut.

  1. Kroto

gambar pakan burung kroto

Kroto sangat baik diberikan pada burung yang masih tahap pemasteran , karena kandungan yang terdapat dari burung kroto, mampu meningkatkan kemampuan memori otaknya, sehingga ketika di masterkan, maka irama kicauan yang di masterkan akan terekam dan di tiru dengan baik.

Dalam memberikan pakan dari kroto juga memiliki manfaat yang dapat diberikan saat burung pelatuk stress yang menyebabkan macet bunyi atau juga malas dan tidak aktif, dan dapat membantu dalam memberikan stamina yang baik dan memulihkan kembali.

  1. Ulat Hongkong

gambar ulat hongkong

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang digemari oleh banyak burung kicauan, karena selain itu makanan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat mendorong burung sering mengeluarkan kicauannya dan uga membuatnya menjadi aktif.

Akan tetapi ada beberapa persoalan tentang pemberian pakan ini secara berlebihan dan juga harus memperhatikan kualitas ulat hongkong sendiri, karena mengingat pakan tesebut berasal dari tempat yang kotor, seperti biasa di kandang ayam dan tempat lainnya.

Sekali kali, bisa memberikan pakan dari ulat hongkong ini, guna melengkapi protein yang dibutuhkan oleh burung. Akan tetapi berikan secukupnya , Karena ulat hongkong ketika di konsmsi oleh burung akan membuat badannya menjadi hangat, akan tetapi ketika jumlah yang dikonsuminya terlalu banyak, akan membuat badannya menjadi panas yang kurang baik untuk burung itu sendiri.

Dari beberapa kasus, pakan dari ulat hongkong ini dapat membuat burung peliharaan menjai sakit mata dan mengganggu pencernaan, maka dari itu kualitas dari pakan burung pelatuk ini perlu di perhatikan.

  1. Jangkrik

 gambar pakan burung jangkrik

Jangkrik menjadi makanan favorit burung, terutama untuk burung pelatuk. Kandungan protein yang tinggi menjadi pakan ini baik diberikan pada burung kicauan yang dapat membuatnya menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.

  1. Voer

gambar voer

Mungkin sebagian dari kicau mania, mengalami kesulitan untuk mendapatkan pakan di alam liar, seperti pakan dari jangkrik, ulat udang, kroto dan lain sebagainya. Maka, pakan dari Voer ini bisa di jadikan alternative untuk diberikan pada burung pelatuk.

Namun , sebelum membelinya, perhatikan kandungan protein, karbohidat dan Gizi lainnya. Agar kelengkapan gizi burung tersebut dapat tercukupi oleh pakan dari Voer, meskipun burung tersebut tidak diberikan pakan dari serangga kecil, seperti jangrik, kroto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *