makanan burung kakak tua

√ Makanan Burung kakak Tua dan Cara Merawatnya

Posted on

Makanan burung kakak tua – Siapa sih tidak tau dengan jenis burung peliharaan yang satu ini ? ya, dari dulu sampai sekarang, burung kakak tua menjadi salah satu jenis burung yang bisa di jadikan hewan peliharaan yang akrab dengan manusia.

Burung kakak tua memiliki karakteristik yang memiliki keingintauan yang besar, sehingga ketika si pemiliknya mengajarkan suatu, maka bisa menirukannya dengan cukup baik.

Karakter lain yang menjadikan burung ini mudah untuk di pelihara, antara lain memiliki kecerdasan yang baik dan aktif.

Keingintauan terhadap lingkungan sekitar, termasuk dari si pemilik itu sendiri dan di tambah dengan kepintaran yang dimilikinya tak heran membuatnya memiliki tingkah yang lucu, seperti menari-nari, membentangkan sayapnya, berteriak-teriak dan lain sebagainya.

Cara Merawat Burung kakak Tua

cara merawat burung kakak tua

Burung kakak tua bisa mampu mengeluarkan kualitas terbaiknya, maka tentunya membutuhkan perawatan yang rutin.

Ya, untuk membuatnya menirukan apa yang di  ajarkan oleh si pemiliknya, maka membutuhkan hal-hal yang di perlukan oleh burung peliharaan itu sendiri, terutama tentang menjaga kesehatannya.

Kesehatan penting untuk didapatkan oleh burung kakak tua, karena ketika burung sering sakit, maka akan membuat kemampuan fisik dan otaknya akan berkurang. Karena akan membuatnya menjadi jarang berkicau atau bergerak yang terlihat lesu dan malas.

Namun, beda halnya dengan burung kakak tua yang memiliki badan yang sehat yang akan membuatnya menjadi lebih aktif dan kepintarannya dapat di tingkatkan untuk mengenal banyak hal yang di latih oleh pemiliknya.

  1. Memandikan Burung kakak Tua

Kebanyakan burung peliharaan , maka membutuhkan mandi untuk merawat kesehatannya terjaga, karena bulu yang kotor yang mungkin banyak bakteri dan kuman yang menempel akan bersih. Selain itu, ketiak rajin dimandikan , maka akan membuat bulunya menjadi lebih mengkilap dan halus.

Untuk memandikannya, maka bisa dilakukan pada padi hari sekitar jam 7 hingga jam 9 pagi, karena pada saat pagi ari akan membuatnya menjadi segar bugar dan membuat suara dari burung kak tua akan lebih lantang.

Untuk memandikannya, bisa dengan menyemprotkan air ke badannya, merendamnya atau dari pancuran. Dan gunakan air  yang tidak terlalu dingin atau hangat, akan tetapi bisa dengan menggunakan air kuku atau air yang di ambil dari bak mandi.

Setelah di mandikan, maka berikan makanan pada kakak tua, sehingga bisa membuatnya tubuhnya menjadi hangat.

Mandikan burung kakak tua sebanyak 3 kali dalam seminggu atau juga 1 kali dalam seminggu

  1. Hindari kandang Dari Matahari Secara Langsung

Setip burung memiliki karakteristik yang berbeda, terutama bagi burung kakak tua ini yang tidak terlalu menyukai kandang yang terkena matahari secara langsung, karena akan membuatnya menjadi silau dan juga kepenasan.

Berikan kandang yang tidak terkena matahari secara langsung, namun kondisi kandang tetap hangat untuk kenyamanan.

  1. Kandang kakak Tua

Kandang menjadi tempat tinggal yang paling banyak di tempati oleh burung kakak tua, maka kebersihan dari kandang menjadi hal yang harus di perhatikan, karena hal tersebut terkait bagi keseatan kakak tua itu sendiri.

Ketika kandang yang kotor, maka tentunya akan mengundang kuman atau bakteri yang menyerang burung sewaktu-waktu. Adapun kandang kotor tersebut, di sebabkan oleh sisa makanan yang membusuk di kandang atau kotoran yang menumpuk dan berbau.

  1. Kandang di Tempat Ramai

Memiliki rasa Bersosial dari burung kakak tua menjadi kelebian burung itu sendiri, jadi burung kakak tua suka di tempatkan di tempat cukup ramai. Jadi ketika di tempat yang cukup ramai , maka akan membuatnya menjadi senang dan merasa di perhatikan ole pemilik burung itu sendiri , dan membuatnya lebih aktif , kerena bisa menemukan hal yang berbeda, terutama dari setiap orang yang lewat.

Namun, hindari juga tempat yang ramai yang bisa mengganggu kenyamanan burung itu sendiri, seperti tempat yang terlalu bising oleh suara dan gangguan dari hewan yang akan memburunya.

  1. Berikan Teman Bermain kakak Tua

Sewaktu-waktu, burung kakak tua akan merasa bosan, misalkan sering di tinggalkan oleh si pemiliknya. Maka, untuk mengatasi kebosanan dari burung kakak tua, maka bisa memberikan teman dari burung burung kakak tua lainnya, atau memberikan mainan yang ia sukai, seperti bola atau maianan lainnya.

Jenis-jenis Makanan Burung Kakak Tua

gambar burung kakak tua

Gambar burung kakak tua

Bukan hanya dari melakukan perawatan saja, akan tetapi dengan pakan yang berkualitas yang di berikan terhadap burung kakak tua, akan membuat aktifitas dan keseatannya di dapatkan dengan baik.

Pakan yang bisa diberikan terhadap burung kakak tua seperti pakan dari sayuran atau juga buah-buahan dan juga biji-bijan. Atau temen-temen kicau mania, bisa membeli pakan yang menjual pakan ternak untuk burung kakak tua yang sudah jadi.

  1. Buah-buahan

Bukan hanya untuk manusia, buah-buahan merupakan memakanan yang disukai oleh burung kakak tua. Selaiin itu buah-buahan kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kebugaran burung dan membuat bulunya menjadi terlihat cantik.

Adapun  Nutrisi yang terdapat dari buah-buahan antara lainnya, seperti Vitamin C, Vitamin B , Vitamin A dan berbagai macam jenis Vitamin dan Gizi lainnya.

Buah-buahan yang disukai burung kakak tua untuk di konsumsi, seperti buah pisang, apel, papaya.

Buah anggur merupakan makanan yang disukai oleh burung kakak tua, akan tetapi pakan dari anggur memiliki kandungan gula yang tinggi namun rendah akan gizi, maka kurangi pakan dari anggur ini.

  1. Sayur-Sayuran

Sayur menjadi salah satu pakan yang disukai burung kakak tua, jika sebelumnya pakan dari buah menjadi salah satu makanan yang sering di konsumsi kakak tua, maka untuk melengkapi kebutuhan Gizi tubuh dari kakak tua, maka berikan pakan dari wayur-mayur, karena memiliki kandungan GIzi yang mungkin tidak dimiliki dari pakan buah-buahan.

Pakan sayur yang bisa di berikan pada burung kakak tua, antara lain ubi jalar, wortel, brokoli, kacang hijau, kentang,kacang polong, jagung dan berbagai macam sayuran lainnya.

Nah, sekarang, temen-temen kicau mania sudah tau kan tentang makanan burung kakak tua dan cara merawat burung kakak tua. Asalkan, merawatnya secara rutin, maka hasil yang di inginkan akan tercapai sesuai dengan keinginan pemiliknya dari hasil memeliharanya.