lovebird galak

Cara Mengatasi Burung Lovebird Galak dan Jarang Ngekek/Macet Bunyi

Posted on

Burung lovebird menjadi galak merupakan hal yang mungkin terjadi pada burung tersebut, apalagi selama perawatannya cenderung asal-asalan dan kurang memperhatikan kebutuhan burung itu sendiri.

Namun, terkadang pelilaku galak pada lovebird memang ckup beragam, dan kali ini admin akan menjelaskan tentang burung menjadi galak dan juga malas bunyi atau biasa di sebut macet bunyi.

Untuk bisa ngekek dengan rajin memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun jika lovebird mendadak galak dan jarang ngekek, tentunya akan mengalami kerugian tersendiri entah itu bagi pemilik dan burung, terutama ketika di ikut sertakan lomba akan mengurasi penilaiannya, karena biasanya burung akan sering banyak tingkah.

Penyebab Lovebird Galak dan Malas Ngekek

Hal yang umum dan biasa terjadi pada loveird mendadak galak biasanya di pengaruhi oleh pola pemberian pakan, terutama pemberian ekstrafooding yang berlebihan.

Memberikan ekstrafooding memang dapat meningkatkan birahi burung, sehingga burung menjadi rajin berkicau.

Namun, selama birahinya stabil maka akan bagus untuk burung dan terus rajin berkicau, namun jika birahinya terlalu tinggi maka yang ada bisa membuat burung menjadi macet bunyi adan galak terhadap pemiliik dan orang lain.

Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat lovebird menjadi macet bunyi dan galak, seperti penjemuran terlalu lama, jarang dimandikan dan juga di sebabkan oleh burung yang sudah terlalu lama hidup sendiri tanpa pasangan.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Galak dan Jarang Ngekek

Agar burung kembali menjadi tenang ketika di sangkarnya dan juga rajin ngekek kembali, maka bisa berikut adalah tips untuk mengembalikan ke kondisi terbaiknya.

Ketika dalam kondisi burung galak dan macet bunyi, dirawat segimana mungkin akan sulit untuk dilakukan, seperti di rawat untuk persiapkan untuk lomba atau master. Maka dari itu, daripada melakukan hal tersebut, maka sebaiknya pulihkan terlebih dahulu kondisinya hingga normal kembali.

download suara burung

  1. Mandikan Lebih Sering

Lovebird tetap dimandikan dari sebelumnya, namun mandikan lebih sering dari sebelumnya, karena dengan membuatnya lebih sering mandi, maka akan menurunkan birahinya secara bertahap.

  1. Kurangi Jemur

Menjemur lovebird hingga beberapa jam perhari dapat meningkatkan birahinya, namun karena burung sudah terlalu birahi, maka cukup di jemur selama 30 menit saja setiap harinya.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

Untuk menjemurnya, bisa menggunakan sangkar harian, atau jika memiliki kandang umbaran maka bisa menggunakan kandang tersebut.

  1. Berikan Pakan Milet

Pakan milet putih tetap di berikan pada lovebird, namun untuk pakan jagung atau kangkung diberikan cukup seminggu sekali. Atau untuk pakan kangkung di hentikan terlebih dahulu untuk sementara waktu, hingga birahinya turun.

  1. Mandi malam

Beberapa kali dalam seminggu burung dimandikan pada malam hari, guna untuk meredam birahinya. Namun tetap memperhatikan cuaca.

  1. Berikan pasangan

Jika penyebab lovebird anda menjadi galak dan macet bunyi karena terlalu lama sendiri dan stres, maka sebaiknya berikan pasangan, dengan cara menyimpan secara berdekatan dengan posisi tangkringan sejajar, agar tidur dengan jarak berdekatan. Namun ketika siang hari di pisahkan dengan jarak yang cukup jauh, agar membuatnya menjadi rajin berkicau kembali.

Namun, jika memiliki buget, tinggal beri pasangan saja, namun jika belum punya, maka bisa memberikan mainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *