lovebird albino mata merah

Cara Mencetak Lovebird Albino Mata Merah dan Retina Merah

Posted on

Lovebird albino memiliki beberapa jenis, seperti lovebird albino mata merah, dan lovebird albino retina mata merah.

Pada dasarnya, untuk warna bulu tubuh lovebird memiliki warna bulu putih entah itu albino yang memiliki warna mata merah atau retina matanya merah.

Ciri Lovebird Albino Mata Merah

  1. Ciri Albino Mata Merah

Ciri lovebird albino terlihat pada bulunya yang putih, kaki putih jernih yang sedikit warna pink dan juga mata merah atau retina mata merah.

Secara genetik, lovebird albino tersebut di pengaruhi oleh zat pewarna gelap atau pengaruh melanin. Dimana melanin tersebut atau pewarna gelap yang terdapat pada burung tersebut hilang, sehingga matanya bewarna merah, kakinya putih jernih yang sidikit warna pink dan bulunya menjadi putih.

Baca Juga : Lovebird Fischeri: Ciri-ciri, Jenis, Harga dan Cara Memilihnya

  1. Ciri Albino Retina Mata Merah

Dalam beberapa kasus, lovebird albino tidak semua zat pewarna tubuhnya benar-benar 100%  hilang, namun ada beberapa lovebird albino yang masih memiliki melanin tersebut, sehingga warna matanya tidak sepenuhnya bewarna merah, hanya bagian retina dan pupil matanya saja yang bewarna merah.

Selain matanya, untuk warna kulit albino retina mata merah bagian kakinya memiliki tidak terlalu bening seperti lovebird albino mata merah, tapi memiliki warna putih yang keabu-abuan. Dan untuk lovebird jenis ini biasa di kategorikan dengan NSL Ino With Perfect Albinism.

Lalu, Apakah ada Lovebird Albino mata hitam ?

Kalau menurut ilmu genetik, lovebird albino hanya ada mata merah, jadi untuk albino mata hitam, berarti, lovebird tersebut tidak bisa di bilang dengan lovebird albino.

Namun, untuk beberapa jenis lovebird memang memiliki warna kaki putih pucat, warna bulunya putih dan matanya bewarna hitam yang biasa di sebut dengan DEC Blue ( Dark Eyes Clear ) .

Cara Mencetak Lovebird Albino Mata Merah

Sebelum membahas bagaimana cara mencetak lovebird albino mata merah sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang genetika lovebird albino.

Lihat Juga : Lovebird Josan : Karakter, Ciri-ciri dan Cara Memilihnya

Lovebird albino memiliki genetis Blue NSL Ino, yang artinya lovebird tersebut membawa genetika NSL Ino dan Blue.

Lalu, apa hubungannya dengan cara mencetak lovebird albino ?

Jadi intinya, untuk mencetak lovebird albino bisa dilakukan dengan mengawinkan lovebird albino mata merah dan lovebird yang memiliki warna Cobalt .

Penyebab Gagal Mencetak Lovebird Albino Mata Merah

Hal yang menjadi salah satu penyebab lovebirdmania mencetak lovebird albino mata merah adalah dengan cara mengawinkan albino mata merah dengan albino mata merah juga.

Ya, hal tersebut bisa saja dilakukan, namun untuk kualitas anakannya akan lemah, sehingga lovebird anakan albino tersebut rentan terkena penyakit dan tidak bisa tumbuh hingga dewasa.

Bicara secara genetis, lovebird mutasi dari NSL ini, memiliki daya tahan tubuh yang minim, ditambah faktor lingkungan yang kurang mendukung jadinya lovebird mudah terserang penyakit dan bisa membuatnya mudah mati.

Lihat Juga : Lovebird Parblue : Jenis, Asal Usul,Ciri-ciri, Harga dan Cara Mencetaknya

Indukan Lovebird Albino Mata Merah X Cobalt

Karena lovebird albino rentan terkena penyakit, untuk itu lovebird albino tersebut harus di kawinkan dengan lovebird Cobalt agar sistem kekebalan tubuhnya meningkat.

Keuturunan yang di hasilkan dari kawin lovebird kobal dan lovebird albino mata merah akan menghasilkan anakan blue split Ino, dimana untuk warna bulunya Cobalt namun Gennya Ino.

Lovebird Split dan Mutasi Ino

Untuk menghasilkan anakan albino mata merah, maka bisa melalui indukan lovebird split. Maka anakan yang bisa di hasilkan 50% albino mata merah dan Cobalt Split Ino .

Harga Lovebird Albino Mata Merah

 Lovebird albino memiliki harga yang tergolong cukup lumayan, hanya sekitar 250.000 – 300.000 untuk satu ekor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *