burung kucica hutan

Mengenal Burung Kucica Hutan, Ciri-ciri, Jenis, Karakter,dll

Posted on

Nama Burung kucica hutan (Copsychus malabaricus)  memang tidak terlalu populer, yang paling terkenal dari burung ini adalah murai batu.

Jika ada orang yang menanyai nama burung kucica hutan, maka sebenarnya burung ini murai batu yang sangat terkenal di kalangan pecinta burung kicauan Indonesia.

Ya, murai batu/kucica hutan memang sangat terkenal dari kalangan pecinta burung kicauan, karena murai batu tergolong burung yang bersuara indah dan merdu dengan variasi kicauan serta gaya khasnya yang menjadikan burung ini sangat di minati oleh pecinta burung.

Ciri-ciri Kucica Hutan

Kucica hutan memiliki beberapa jenis sesuai dengan daerah persebaran dan kawin silang dari penangkaran, seperti murai batu medan, murai batu aceh, murai borneo, murai malaysia dan jenis murai batu lainnya.

Secara keseluruhan ciri-ciri fisik kucica hutan memiliki warna bulu hitam dan merah karat, seperti :

  • Ekornya Bewarna Hitam dan putih dan ada juga yang bewarna hitam saja
  • Sayapya bewarna hitam
  • Bulu punggungnya hitam
  • Bulu dada dan bulu tubuh bagian bawahnya bewarna merah karat

Karena setiap kucica hutan ini memiliki jenis yang berbeda, maka untuk ukuran tubuhnya juga bervariatif, karena beragam jenis murai batu berbeda ukuran tubuhnya, untuk jelasnya bisa di cek pada link di bawah ini.

Lihat Juga : Jenis Murai Batu dan Pola Ekornya

Suara Kucica Hutan

Bicara soal suara kucica hutan memang burung ini disukai karena suaranya, dimana suaranya yang begitu keras, memiliki banyak variasi kicauan serta gaya bertarungnya yang unik.

Lihat Juga : Suara Kucica Hutan Gacor

Persebaran Kucica Hutan

Untuk persebaran Copsychus malabaricus/kucica hutan ini sangat luas, bukan hanya terdapat di indonesia.

Untuk persebaran di dunia, kucica hutan (Copsychus malabaricus) ini tersebar di beberapa negara, seperti Vietnam, Indonesia, brunei darusalam, Singapura, India, thailand, Laos, Kamboja, Myanmar dan malaysia.

Untuk di Indonesia, kucica hutan ini hanya terdapat di beberapa daerah seperti Jawa, kalimantan, Sumatera dan pulau yang berada di sekitar daerah tersebut.

Lihat Juga : Cara Merawat Murai Batu Bakalan

Karakter Kucica Hutan

Kucica hutan memiliki karakter fighter atau burung petarung yang memiliki sifat teritorial yang tinggi, ketika burung ini di dekati oleh burung sejenis lain atau burung lainnya, burung akan siap bertarung dengan mengancam dengan suara kicauan dan gaya serta melakukan ancaman lainnya untuk mempertahankan daerah kekuasaanya.

Baca Artikel Lainnya dari Kicaumania.net di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *