cara merawat burung kolibri

Karakter dan Jenis Burung kolibri di Indonesia

Posted on

Hummingbird atau yang biasa di sebut juga dengan burung kolibri merupakan jenis burung kicauan yang memiliki bentuk tubuh yang kecil, akan tetapi kecepatan dalam beterbangnya memiliki kecepatan yang luar biasa dan memiliki suara kicauan khas yang di miliknya, dan memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung jenis lainnya, seperti burung anis merah, burung kacer, burung pleci dan burung lainnya. Dan hal tersebut merupakan hal yangmendorong para kicaumania memelihara jenis buurung ini dan menjadikan burung kolibri untuk dijadikan burung isian.

Menurut kabar yang admin kumpulkan, bahwa burung kolibri merupakan spesies jenis burung terkecil di dunia yang hanya mencapai 2,25 inchi saja, dengan sekitar 325 jenis yang ada di dunia.

Berbicara tentang jenis burung kolibri tentunya nanti kicamania.net sampaikan pada penjelasan di bawah ini tentang jenis burung kolibri Indonesia yang bisa kalian pelihara.

Dalam melakukan perawatan burung kolibri tidak terlalu rumit untuk dilakukan, seperti perawatan burung pada umumnya, untuk melakukannya cukup dengan memandikannya secara rutin, pemasteran, menjaga kebersihan kandang, menjemur dan pemberian pakan yang berupa serangga kecil, seperti kroto, jangkrik, ulau dan jenis serangga kecil lainnya.

Untuk melakukan perawatan burung kolibri bisa di cek halaman lainnya di , Baca : Makanan dan Cara Merawat Burung Kolibri Agar cepat Gacor .

Karakteristik Burung Kolibri

Dalam setiap perawatan burung kolibri tentunya memerlukan perlakukan khusus terhadap burung itu sendiri,karena memiliki karrakteristik yang berbeda-beda, meskipun secara umum melakukan perawatannya tidak jauh beda.

  1. Pakan burung kolibri

Pakan yang disukai oleh burung kolibri selain dari biji-bijian dan serangga kecil seperti yang disukai oleh burung pada umumnya, akan tetapi burung kolibri menyukai makanan madu dan Nehtar bunga.

Jadi, karena banyaknya jenis makanan yang biasanya di konsumsi oleh burung ini, maka akan mudah untuk mendapatkannya, yang bisa di beli di kios burung.

  1. Kicaun dai Burung Kolibri

Burung kolibri sebenarnya merupakan jenis burung kicauan yang disukai cukp banyak para kicau mania, entah itu kalangan kicau mania pemula hingga kicau mania yang berpengalaman.

Suara kicauan yang bisa di keluarkan dari burung itu sendiri yang menjadikan daya tarik tersendiri dan sering dijadikan suara isian dari para kicau mania. Antara lain, kemampuan yang bisa dikeluarkan oleh burung kolibri antara lain, seperti menirukan suara kicauan burung kacer, pleci , anis merah dan jenis burung lainnya.

  1. Kolibri pengen kawin

Setiap burung kicauan yang ada memiliki kebiasaan masing-masing ketika burung tersebut dalam kondisi siap kawin dalam kondisi birahi yang pas untuknya kawin.

Dan untuk burung kolibri, bisa dilihat ketika sedang birahi, burung jantan kolibri akan berkicau sambil terbang mengelilingi betinanya untuk menarik perhatian , dan untuk betinanya akan terbang beberapa meter dan melakukan atraksi untuk menunjukan ketertarikannya pada kolibri pejantan.

Jenis-jenis burung kolibri di Indonesia

Setiap burung kolibri yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri khusus, seperti warna bulunya hingga habitat asli burung itu sendiri ketika hidup di lama liar.

  1. Kolibri kelapa

gambar burung kolibri kelapa

Habitat yang biasa di temui untuk burung kolibri kelapa di sekitar pantai dengan memiliki warna bulu biru dan juga coklat dan juga memiliki kicauan yang khas yang mudah untuk di kenali.

  1. Kolibri Ninja

gambar burung kolibri ninja

Burung kolibri ninja ini lebih mudah di temukan di Indonesia itu sendiri di badandingkan dengan jenis lainnya, karena keberadaannya banyak di jumpai dari para peternak, pemelihara hingga kios yang menjual jenis kolibri ninja. Selain itu carra merawat burung kolibri ninja cukup mudah dan simple dan memiliki kiacuan yang khas dimilikinya menjadikannya banyak orang yang memelihara kolibri ninja.

Untuk melihata ciri-ciri burung kolibri ninja, bisa dilihat dengan memiliki topi hijau metalik dibagian kepalanya dan memiliki warna ungu dibagian lehernya. Dengan ciri khas yang terlihat berkilau hampir dibagian seluruh bulunya.

  1. Kolibri Sepah Raja

gambar burung kolibri sepah raja

Untuk melihat ciri-ciri dari jenis kolibri sepah raja, bisa dengan melihat warna merah dominan yang dimiliki oleh kolibri sepah raja.  Dan untuk membedakan jenis kelamin burung kolibri bisa dilihat dari warnanya itu sendiri. Kolibri jantan memiliki warna merah yang terlihat cerah dan mencolok dan untuk betina, memiliki warna dominan abu-abu dan hijau.

  1. Kolibri wulug

gambar burung kolibri wulung

Nah, untuk jenis burung yyang satu ini, jenis kolibri yang memiliki mental petarung yang unggul di bandingkan jenis lainnya yang di tandai dengan suara kicauan dengan pekikan yang keras dan suara yang lebih kencang.

Untuk melihat dari ciri-cirinya bisa dilihat dari warna abstraknya yang terrlihat bersinar atau cerah ketika terrkena sinar matahari, dengan memiliki fostut tubuh yyang lebih panjang dibandingkan dengan kolibri lainnya.

  1. Kolibri ekor Merah

gambar burung kolibri ekor merah

Burung kolibri yang terakhir adalah jens kolibri ekor merah. Alasan di sebut ekor merah adalah dengan warrna merah yang mencolok di bagian ekornya saja dan untuk kaki dan paruhnya memiliki warna hitam serta bulu lainnya memiliki warna coklat.

Untuk besar ukuran burung kolibri ekor merah itu sendiri tergantuung dari jenis kelaminnya. Kolibri ekor merah jantan memiliki pajang tubuh sepanjang 13cm dan untuk betinanya memiliki panjang tubuh hanyya 10 cm saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *