cara merawat jalak suren mabung

Cara Merawat Jalak Suren Yang Mabung Agar Cepat Selesai

Posted on

Moulting atau biasa di sebut juga dengan mabung merupakan hal yang biasa tejadi pada burung peliharaan, termasuk tejadi pada burung jalak suren. 

Hal-hal yang biasa terjadi pada burung yang sedang mabung antara lain, dimana burung akan mengalami jarang untuk berkicau dan juga malas untuk aktif, dan terkadang menjadi pertanyaan tersendiri dari kalangan kicaumania pemula “ apakah ini tidak apa-apa ?” , ya hal tesebut menjadi tanda Tanya tersendiri.

Namun, memang mabung pasti akan terjadi pada burung jalak suren, dan menjadi ciri-ciri jalak suren mabung di tandai dengan burung malas berkicau dan jararng aktif dari biasanya.

Hal tersebut memang hal ilmiah terjadi, dimana burung hanya focus pada proses mabung itu sendiri agar bisa lancar seperti pada semestinya,untuk menghemat energy agar proses moutingnya menjadi lancar. Karena jika burung menjadi aktif dan juga rajin berkicau, justru malah dapat membuat burung menjadi terhambat proses mabungnya.

Kendala Mabung Tidak Berjalan Dengan Baik

Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi ketika burung tidak bisa lancar dalam proses mabungnya, seperti :

  • Gagal Mabung

Macet mabung atau gagal mabung merupakan proses mabung yang terrjadi ketika masa mabung yang seharunya selesai menjadi tidak beres

  • Mabung Terlalu lama

Proses ini tentunya dapat merugikan pada burung itu sendiri, karena mabung atau nyulam yang terlalu lama dan terus menerus melebihi dari yang seharusnya

  • Kualitas Bulu Tidak Bagus

Mabung yang tidak sempurna bisa membat kualitas bulu baru yang mulai tumbuh tidak dengan baik, bulu mudah rusak, keriting dan juga kering.

Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Selesai

 Dalam melakukan perawatan jalak suren yang sedang mabung maka, hal yang harus dilakukan agar proses mabungnya tesebut menjadi lancar seperti yang seharusnya, agar proses mabungnya menjadi terrhambat yang bisa menyebabkan hal-hal negative seperti yang telah disampaikan di atas.

  1. Simpan di tempat lembab

Lingkungan yang baik agar proses mabung bejalan dengan baik, maka bisa menimpan burung di tempat yang lembab, dan hindari untuk menyimpan burung jelak suren yang mabung di tempat yang panas atau di simpan di bawah matahari. Karena untuk menjaga suhuu tubuh jalak suren lembab, maka akan membantu proses merontokan bulunya menjadi lebih baik.

  1. Jemur Sewaktu-waktu

Meskipun burung membutuuhkan kelembaban yang cukup untuk membantu dalam merontokan bulunya, maka sekali-kali bisa menjemurrnya selama 10 smpai 20 menit guna untuk menghilangkan kutu atau tungau yang mungkin menempel pada kuit jalak suren yang sedang mabung.

  1. Jaga kebersihan

Besihkan kandang secara rutin sebanyak 2 kali dalam waktu seminggu untuk menghindari munculnya bakteri, kuman atau tungau yang menempel pada kuit burung sehingga dapat merusak bulunya dan ketika bulunya mulai lebat, maka tidak akan sempurna karena sudah rusak oleh tungau.

  1. Jangan mandikan

Memandikan burung jalak suren pada saat mabung akan membuat proses perontokan bulunya tidak sempurna karena menjadi alot, namun jika ingin memandikannya tunggu hingga bulu jarum mulai tumbuh banyak di kulitnya.

  1. Pemberian pakan

Pemberian pakan, bisa dilakukan dengan menambah porsinya, untuk menjaga stamina dan membantu proses mabung tersebut , sehingga dapat ternutrisi kebutuhan bulunya untuk tumbuh kembali. Jika biasnya memberikan pakan jangkrik 3 ekor, maka bisa dengan menambahnya sebanyak 5 hingga 6 ekor setiap hari dan berkan pakan tambahan berupa cacing tanah.

  1. Masteran

Ketika jalak suren mabung, maka biasanya akan banyak berdiam diri dan bersantai di kandang dan malas untuk berkicau. Dengan memanfaatkan kondisi mabung tentunya sangat baik untuk melakukan masteran, sehingga burung dapat meningkat kualitas kicauannya.

Untuk mendownload suara masteran jalak suren bisa dengan mendownload suara jalak suren di halaman ini, Download suara jalak Suren .

  1. Jangan berikan Suplementasi

Jika biasanya burung jalak suren di berikan pakan berupa suplemen untuk membuatnya gacor, maka pada saat mabung pemberian suplemen tersebut hentikan saja, karena dengan pemberian pakan dari suplemen tesebut bisa membuat burung menjadi birahi dan proses mabungnya menjadi terganggu dan menjadi terhambat.

  1. Multivitmin

Jika ingin menggunakan suplemen, maka sebaiknya gunakan Multivitamin khusus untuk burung moulting , agar proses mabungnya menjadi lancar . dan anda bisa membelinya di kios burung atau di toko online yang menjual Mutivitamin untuk burung mabung.

  1. Jauhkan dari suara burung bervolume kencang

Untuk menambah kenyamanan dari burung jaak suren, maka sebaiknya jauhkan dari burung yang memiiki suara yang kencang, seperti suara burung poksay dan suara burung lainnya yang memiliki suara yang kencang, karena dapat membuat burung jaak suren yang sedang mabung menjadi terganggu.