cara mengatasi jalak suren macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Macet Bunyi

Posted on

Dalam memelihara burung jalak suren,tentunya bagi pemilik burung tersebut mampu gacor dengan rajin, akan tetapi ada momen ketika burung jalak suren menjadi macet bunyi. Dan tentunya, hal tersebut membuat pemilik burung menjadi khawatir dan terlebih bagi seorang pemula akan merasa panik karenanya. 

Ya, burung jalak suren macet bunyi tentunya dapat menurunkan kualitas fisik dan mentalnya, namun sebaiknya jangan biarkan begitu saja. Lakukan perawatan sesegera mungkin untuk mengembalikan mental dan kuaitas kicauannya.

Selain burung jalak suren yang dapat membuatnya menjadi macet bunyi, banyak jenis burung kicauan lainnya, seperti burung kacer, murai batu dan jenis lainnya.

Akan tetapi ketika burung jaak suren macet bunyi tentunya di pengaruhi oleh beberapa hal, seperti jalak suren stress dan lain sebagainya.

Penyebab Jalak Suren Macet Bunyi

Mungkin sebagian dari kita melakukan perawatan secara rutin, namun apakah perawatan yang sudah dilakukan tersebut dapat membuat burung menjadi rajin gacor, atau justru malah membuatnya menjadi macet bunyi , entah itu di sengaja atau tidak di sengaja.

Ada beberapa factor jalak suren macet bunyi, diantaranya :

  • Perawatan tidak tepat dan cenderung asal-asalan
  • Burung jalak dalam keadaan sakit
  • Kualitas pakan buruk. Cenderung berjamur atau basi
  • Terdapat infeksi dari kutu ata tungau
  • Sangkar pernah jatuh bersama burung jalak suren sehingga menjadi kaget dan stress
  • Jalak suren pernah ketakutan dalam waktu dekat oleh burung predator atau hal yang mengganggu lainnya

Namun , apapun penyebabnya, maka untuk penangannya adalah dengan cara mengembalikan mental dan fisiknya menjadi normal kembali, sehingga mau untuk mengeluarkan kicauan terrbaiknya seperti sebelumnya.

Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Macet Bunyi

  1. Perawatan

 Untuk melakukan perawatan secara rutin sebaiknya tetap diakukan , seperti memandikan, menjemur dan pemberian pakan yang berkualitas. Dengan melakukan perawatan secara rutin, di harapkan dapat meningkatkan stamina burung jalak suren tersebut, dan membuat menjadi mau berkicau kembali dan bersemangat atau tidak drop .

  1. Multivitamin dan Obat

Jalak suren macet bunyi salah satunya di pengaruhi oleh beberapa hal, seperti burung dalam keadaan tidak Fit, atau juga adanya gangguan kesehatan di bagian pencernaan yang di sebabkan oleh pemberian pakan yang basi atau berjemur.

Jika penyebab jalak suren macet bunyi gara-gara hal tersebut, maka lakukan penanganan dengan memberikan obat-obatan dan juga pemberian Multivitamin.

  1. Menjaga Keseberihan kandang

Jalak suren macet bunyi bisa di sebabkan oleh tungau atau bakeri yang menempel pada tubuh burung itu sendiri. Maka penting sekali dalam melakukan perawatannya, kandang burung di biarkan dalam keadaan benar-benar bersih.

Kandang bersih dapat membuat burung menjadi nyaman untuk tinggal di kandang dan juga terhindar dari berbagai macam hal yang mengundang penyakit. Dan tentunya ketika kandang bersih , maka burung akan menjadi sehat, segar bugar dan rajin untuk berkicau.

Mandikan burung menggunakan shampoo khusus untuk burung dan semprot kandang burung menggunakan cairan anti bakteri secara rutin.

  1. Terapi Mental

Mental ngedrop pada jalak suren bisa di sebabkan oleh banyak hal, salah satunya kandang jatuh dan membuat burung menjadi kaget.

Untuk mengembalikan mental jalak suren kembali normal, tentunya bukanlah hal yang instan bisa dilakukan. Butuh waktu dalam menerapkan terapi secara rutin untuk mengembalikan mentalnya, seperti :

  • Menggantang burung jalak suren di tempat yang tenang dari jauh dari gangguan hewan dan suara yang bising.
  • Krodong burung jalak suren pada pagi dan malam hari
  • Berikan Voer dengan kandungan protein yang tinggi ( Voer lele/ayam ) untuk meningkatkan birahi
  • Berikan cacing tanah dan jangkrik sebagai pakan tambahan
  • Lakukan pengembunan setiap hari
  • Memperdengarkan suara burung untuk pancingan dan juga untuk terapi

Nah, demikianlah cara mengatasi jalak suren macet bunyi agar kembali gacor, aktif dan rajin untuk berkicau kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *