Cara Merawat Kenari Umur 1, 2, 3 dan  4 Bulan

Cara Merawat Kenari Umur 1, 2, 3 dan  4 Bulan

Posted on

Memilih anakan kenari menjadi suatu hal yang banyak orang pilih, karena kenari anakan harganya lebih murah di bandingkan dengan harga kenari dewasa.

Selain harga yang lebih murah, kenari yang masih anakan nantinya akan lebih mudah di master di bandingkan yang sudah dewasa, sehingga pada saat saat nanti sudah dewasa, suara kicauan kenari anakan bisa memiliki suara seperti yang di inginkan pemiliknya.

Cara Merawat kenari Umur 1 – 4 Bulan

Ketika nanti tumbuh dewasa memiliki kualitas yang bagus ,kenari anakan perlu di rawat dengan cara yang tepat, misalkan mulai memaster kenari ketika umur 20 – 30 hari.

Merawat kenari dewasa dan kenari yang berusia di bawah umur 4 bulan memang berbeda, untuk itu, agar memiliki kualitas suara yang bagus pada kenari, kenari yang berumur 1 – 4 bulan perlu perawatan yang seperti di bawah ini penjelasannya.

Lihat Juga : Ciri Kenari Jantan dan Betina

  1. Kebutuhan Asupan Protein Tinggi

Kenari muda membutuhkan asupan protein yang lebih banyak dibandingkan kenari dewasa, karena kandungan proteinnya sangat bagus untuk tumbuh kembang pertumbuhan tubuhnya, seperti kebutuhan untuk pertumbuhan organ tubuh, pertumbuhan bulu, pertumbuhan sel dan kebutuhan dasar lainnya.

Jika di persentase, kebututuhan protein kenari anakan sekitar 20-30%, sedangkan untuk kenari dewasa yang berumur 4 – 7 bulan kebutuhan gizinya sebanyak 14-16 %, dan ketika umur 8 bulan, kebutuhan proteinnya akan menambah sekitar 17-20 %.

Jadi, jika di lihat dari sisi kebutuhan protein sangat berbeda untuk anakan dan dewasa burung kenari.

  1. Sayur dan Buah

Kenari menyukai pakan dari biji-bijian, dan pada saat umur 1 – 4 bulan, sebaiknya berikan racikan pakan beragam jenis biji-bijian, terutama canary seed, karena biasanya biji-bijian memiliki kandungan protein yang tinggi.

Selain itu pakan dari sayuran juga sangat bagus di berikan, seperti gambas atau oyong.

Lihat Juga : Manfaat Oyong untuk Kenari

Sayuran  bagus di berikan pada kenari karena memiliki kandungan magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, Vitamin C dan A. terutama sayuran yang bewarna gelap karena mengandung karotenoid yang mampu mengatasi radikal bebas.

Apel dan buah peer menjadi pakan yang harus di berikan sebagai asupan tambahan untuk melengkapi kebutuhan gizinya, namun buang terlebih dahulu bijinya dan kupas kulitnya. Dan jangan memberikan kenari anakan buah coklat dan alpukat.

  1. Menjemur Kenari Anakan

Matahari bagus untuk pertumbuhan kenari anakan, bisa di mulai dari pagi sampai jam 09.30, dan jangan jemur kenari anakan di atas jam 10.00 pagi.

Penjemuran untuk kenari muda sangat bagus untuk pertumbuhan bulunya menjadi berkilau, kuat, anti air dan membantu penyebaran minyak pada bulunya, membantu memperkuat tulang, dan membantu untuk pertumbuhan lainnya.

  1. Extrafooding Kenari Anakan

Pakan tambahan untuk kenari bakalan harus di berikan sebagai asupan tambahan, seperti kroto dan telur puyuh rebus, karena dari kedua makanan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi.

Lihat Juga : Cara Menstabilkan Emosi dan Birahi Burung Kenari Lomba

Kenari dewasa memang tidak di anjurkan sering di berikan telur puyuh rebus, karena bisa membuat birahinya tinggi.

Namun, untuk kenari anakan kebutuhan proteinnya untuk pertumbuhan tubuhnya, jadi harus lebih sering di berikan setiap hari, seperti satu potong telur puyuh rebus pada pagi dan satu potong lagi 1 kali.

Begitu juga dengan kroto bisa di berikan sebanyak 5 – 7 butir setiap hari.

Untuk kroto sebaiknya di latih sejak masih anakan, karena ketika sudah dewasa belum terbiasa makan kroto akan sulit di latih.

  1. Fosfor dan kalsium

Kandungan kalsium dan fosfor merupakan mineral penting untuk kenari anakan, karena 2 mineral tersebut sangat bagus untuk membantu pertumbuhan bulu, kuku dan paruhnya.

Lihat Juga : 6 Manfaat Daun Gingseng Jawa untuk Burung Kenari

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor, maka kenari anakan diberikan tulang sotong yang di gantung di sangkarnya atau bisa dengan cara di haluskan terlebih dahulu dan di campur pada pakan biji-bijian.

  1. Memaster Kenari Anakan

Seperti yang telah di sampaikan di atas, untuk memaster kenari alangkah baiknya pada saat berumur 25-30 hari, namun jika kenari anda tidak semuda itu, bisa di mulai di bawah umur 3 bulan.

Lihat Juga : Suara Burung Kenari Durasi panjang

Untuk memaster kenari anakan bisa menggunakan burung yang gacor atau dengan mp3, dan untuk tempatnya bisa dilakukan di dalam satu ruangan, karena untuk memaster kenari muda lebih cepat masuk di dalam ruangan dibandingkan di luar ruangan.

Demikianlah penjelasan cara merawat kenari umur 1, 2, 3 dan 4 bulan yang bisa kami bagikan untuk kicau mania Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *