cara merawat tengkek buto anakan

Cara Merawat Burung Tengkek Buto Anakan Agar Rajin Berkicau

Posted on

Burung tengkek buto sering banyak kicaumania gunakan sebagai burung masteran untuk burung lainnya, seperti burung lovebird, murai batu , cucak hijau dan burung lainnya.

Meskipun sering digunakan sebagai burung masteran, burung tengkek buto juga perlu di rawat yang tepat, terutama yang masih anakan , sehingga kemampun berkicaunya akan meningkat.

Harga burung tengkek buto tergolong cukup mahal, termasuk tengkek buto yang masih anakan, terlebih burung tengkek tersebut sudah sudah gacor dan sudah terbiasa makan voer.

Cara Merawat Burung Tengkek Buto Anakan

Selain sering digunakan sebagai alternatif memaster burung murai batu sebagai suara isian, burung tengkek buto memiliki kemampuan yang bisa berkicau dari pagi hingga malam hari, jadi sangat cocok sebagai burung masteran karena bawel dalam hal berkicaunnya.

Lihat Juga : Harga Burung Tengkek Buto

Karena harga tengkek buto yang sudah gacor memiliki harga yang lebih mahal dari anakan, maka yang ingin membeli anakan tengkek buto atau sudah memelihara anakan tengkek buto, maka berikut adalah cara melakukan perawatannya.

  1. Malatih Makan Voer

Karena burung belum terbiasa makan voer dan menghindari tersendak ketika mengkonsumsinya, maka dalam pemberiannya perkenalkan terlebih dahulu voer yang basah.

Cara memberikannya adalah dengan cara melembutkan voer kering dan mencampukannya dengan sedikit air, lalu bulatkan pakan tersebut seukuran paruh kucing, sehingga ketika diberikan burung bisa menelannya.

  1. Berikan Jangkrik

Pakan jangkrik merupakan pakan penting untuk di berikan ketika burung tengkek buto sudah dewasa untuk membuatnya menjadi rajin berkicau.

Untuk mengajarkan tengkek buto anakan memakan jangkrik, maka dalam pemberiannya di basahi terlebih dahulu agar burung tidak kesakitan, yang penting jangkrik yang diberikan tidak terlalu kering yang bisa membuat burung dehidrasi.

Lihat Juga : Suara Burung Tengkek Buto

  1. Latih menjemur

Untuk menjemur burung tengkek buto anakan, cukup terkena matahari saja, dan untuk menjemurnya cukup dilakukan selama 5 – 10 menit saja, dan itupun dilakukan pada pagi hari sekali, pas matahari baru muncul .

  1. Jaga kebersihan Sangkar

Jaga selalu kebersihan sangkar burung, ganti setiap hari alas sangkarnya ketika sudah kotor. Untuk alas itu sendiri bisa menggunakan serbuk kayu atau daun kering.

  1. Krodong Pada Malam Hari

Untuk menjaga kondisi burung selalu fit, maka ketika malam hari kandang burung di krodong, untuk membuatnya berhenti berkicau, karena mengingat burung tengkek buto akan terus berkicau selama lingkungannya tidak gelap.

Selain itu, dengan membuat burung istirahat full pada malam hari dapat menjaga kondisinya dan tidak kecapean, karena stamina anakan tengkek buto tidak sekuat yang sudah dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *