cara menjinakan burung lovebird

Cara Menjinakan Lovebird Yang Giras dengan Cepat ( Dewasa dan Paud )

Posted on

Mendapatkan kicauan yang indah dari lovebird merupakan hal yang setiap orang inginkan, karena dengan memiliki suara yang indah dapat meningkatkan nilai jualnya, apalagi sampai menjuarai pada masa lomba.

Untuk mendapatkan suara yang indah dari burung lovebird ini tentunya di butuhan latihan yang rutin, seperti pemberian paan yang tepat, memandikan hingga untuk menjemurnya.

Namun , jika burung temen-temen masih terbilang giras dan tidak jinak, tentunya dalam perawatan tersebut akan mengalami kesulitan, boro-boro bisa dilatih, di dekatin ke kandangnya juga burung yang masih giras akan loncat-loncan untuk menjauhi si pemiliknya. Dan biasanya burung yang masih giras tersebut akan lebih jarang untuk mengeluarkan suara.

Nah, hal tersebut merupakan persoalan tersendiri yang harus dilakukan sebelum melatihnya, karena susahnya untuk menjinakan lovebird, maka terkadang seseorang menukarnya dengan yang sudah jinak.

Lovebird merupakan jenis burung yang mudah untuk menyesuaikan dengan situasi, artinya lebih mudah jinak dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Namun , meskipun begitu banyak orang yang mengalami kesulitan dalam melatihnya. Dan sebentar lagi, dengan membaca penjelasan dibawah ini kicau mania akan mengetahuinya dan untuk di praktekannnya di rumah.

Tahapan Cara Menjinakan Lovebird yang giras

Dalam melakukan menjinakan lovebird diperlukan asupan makanan dan teknik perawatan yang tepat, sehingga anda tidak terlalu pusing karena susah untuk bisa jinak.

  1. Perhatikan Makanan

Makanan memiliki pengaruh terhadap seseorang yang ingin membut lovebird menjadi lebih jinak, misalkan mengurangi makanan yang dapat mendorong birahi lovebird menjadi meningkat, karena dengan memiliki yang meningkat , terutama over biarahi itu sulit untuk di jinakan. Makanan lovebird yang sebaiknya temen-temen kurangi pemberiannya adalah, seperti jagung manis muda, kangkung,bayam, toge dan makanan sejenis lainnya.

  1. Persiapan

Sebelum memandikan lovebird, maka sebaiknya terlebih dahulu mempersiapkan lovebird dengan menggantangnya di tempat teduh. Namun sebaiknya jangan taruh burung ditempat panas, karena dapat meningkatkan suhu tubuhnya yang membuat meningkatkan birahi lovebird.

  1. Memandikannya

Sebagian dari temen-temen kicaumani tentunya sudah melakukan cara yang ini, dan memang cara yang ini banyak orang buktikan sendiri dapat membantu menjinakan lovebird secara perlahan.

Untuk melakukan dalam memandikan lovebird bisa dengan mengeluarkannya terlebih dahulu dari kandang dengan air yang mengalir sambil di pegang atau bisa baskom,  pancuran air, keran air, selang , baskom .

Sebaiknya untuk menghindari hidung lovebird kemasukan air, karena dapat membuat lovebird menjadi sakit nantinya.

  1. Pendekatan Lovebird dengan pemilik

Nah, selanjutnya untuk membiasakan diri antar si pemilih lovebird dan lovebird itu sendiri adalah dengan cara menaruh lovebird di atas sangkarnya. Karena ketika lovebird sedang basah kuyup karena habis dimandikan, maka tidak akan kabur. Namun bagi anda yang masih khawatir lovebird kabur, maka bisa dengan membiarkan lovebird bebas di dalam rumah yang tertutup.

  1. Beri pakan langsung

Jika sudah terbiasa dari perlakuan rutin pada penjelasan di atas dan burung terlihat tanda-tanda dimana tidak terlalu takut ketika temen-temen dekatin dan juga tidak terlalu giras, maka tahapan selanjutnya dengan melakukan pemberian pakan dengan menggunakan tangan temen-temen langsung.

Temen-temen bisa dengan memegang lovebird dan tangan satunya lagi sambil memegang pakan yang sukainya. Jika masih takut atau belum mau, maka bisa dengan cara menaruh burung di sangkar dan sambil anda kasih secara langsung ke burung pakannya dari luar sangkar.

Namun, terkadang ada juga cara tersebut masih belum bisa berhasil karena masih malu-malu atau takut dengan anda, maka dalam pemberian pakan dari kejauhan menggunakan lidi yang di sodorkan ke kandang lovebird, sehingga tidak terlalu takut.

Ketika lovebird sudah terbiasa dan sudah jinak, maka biasanya akan menggigit tangan anda dan tidak takut ketika dekat, dan siap untuk melatihnya untuk menjadikannya menjadi burung kicauan yang memiliki suara yang indah.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *