cara membedakan burung poksay hongkong jantan dan betina

Cara Membedakan Burung Poksay Hongkong Jantan dan Betina

Posted on

Peminat burung poksay hongkong dari ketahun-ketahun meningkat peminatnya, namun terkadang dalam hal membedakan burung poksay hongkong jantan dan betina bagi pemula akan sulit untuk di bedakan.

Penjual burung poksay hongkong biasanya di temukan, ada yang menjual mulai dari bakalan hingga yang sudah dewasa, jantan, betina hingga poksay yang masih giras dan juga yang sudah jinak.

Dan tetunya harga dari setiap poksay akan menjadi beragam dari berbagai macam jenisnnya tersebut, dan jantan yang sudah gacor secara umum harganya akan lebih mahal dari poksay hongkong bakalan dan betina.

Cara Membedakan Burung Poksay Jantan dan Betina

Untuk mengetahui jantan atau berina poksay betina cenderung cukup sulit, karena poksay hongkong memiliki kemiripan dari ciri fisik jantan dan betina.

Namun, meskipun memilki kemiripan secara fisik, poksay hongkong jantan dan betina memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan yang karakter itu sendiri yang akan kita bahas kali ini untuk membedakannya.

Biasanya, burung poksay yang sudah jinak dan sudah terawat, untuk membedakan betina dan jantan cukup mudah, karena biasanya burung yang sudah terawat, maka jantan poksay hongkong akan sering berkicau, jadi ketika burung tersebut sering berkicau dengan bervareasi di tempat anda akan membelinya , sudah di pastikan burung tersebut berjenis kelamin jantan.

Lihat : Harga Burung Poksay

  1. Menggunakan Cermin

Teknik ini untuk mengetahui reaksi burung poksay jantan ketika melihat dalam cermin ada burung poksay lain.

Cara melakukannya adalah dengan menyimpan kaca besar di dekat kandangnya , hingga burung mau mendekati kaca dan berkaca.

download suara burung

Setelah burung berkaca pada kaca yang telah di sediakan, lalu liat reaksi burung itu sendiri, jika poksay tersebut berdiri tegak, mengangkat sayapnya keatas dan mengeluarkan suara siulan dan erangan, maka bisa di pastikan burung tersebut berjenis kelamin jantan.

  1. Pancing dengan Suara Betina

Burung poksay hongkong jantan ketika mendengar suara betina akan lebih responship ketika mendengar suara betina. Jadi ketika di pancing dengan suara betina, maka perhatikan perilakunya.

Simpan burung di tempat yang nyaman sambil mengkrodong sangkarnya. Lalu putar suara betina, bisa melalui Mp3.

Jika burung poksay tersebut merespon dengan mengeluarkan suara erangan mirip suara kucing dan siulan, maka kemungkinan besar poksay hongkong tersebut berjenis kelamin jantan.

Namun jika burung Poksay Hongkong tersebut membalas dengan suara kicauan yang terdengar lemah, kemungkinan besar berjenis kelamin betina.

Lihat Juga : Suara Burung Poksay Hongkong

  1. Fostur Berdiri

Fostur tubuh burung poksay ketika berdiri bisa di jadikan patokan untuk menentukan burung tersebut berjenis kelamin jantan atau betina.

Biasanya, burung poksay jantan ketika bertengker akan terlihat tegak atau tidak membungkuk.

Selain itu, bentuk leher jantan poksay hongkong lebih panjang.

  1. Ciri Fisik

 Meskipun perbedaannya tidak terlalu kontras, biasanya burung poksay jantan memiliki ciri fisik, seperti : mata terlihat melotot, kepalanya besar, paruh panjang, bulu di sekitar paruhnya lebih tebal, warna abu-abu di bagian lehernya lebih luas hingga kebagian punggungnya.

Selain itu, poksay hongkong jantan sering mengembangkan bulu yang di sekitar pipinya yang bewarna putih.