cara merawat burung jalak nias bakalan

Cara Merawat Burung Jalak Nias Bakalan Agar Rajin Bunyi dan Aktif

Posted on

Burung jalak nias memiliki kepintaran dalam menirukan suara burung lainnya yang baik ( mimikri ), selain mampu menirukan suara burung lainnya, burung jalak nias juga mampu menirukan suara manusia seperti kata yang di ajarkan oleh pemiliknya.

Dan tentunya dalam hal kemampuan berkicau burung tersebut mampu berkicau dengan vareasi kicauan yang baik.

Dalam setiap perawatan burung jalak nias, tentunya memiliki perbedaan tersendiri, termasuk dalam merawat jalak nias yang masih bakalan,  sehingga dalam merawatnya cocok dengan umur burung, maka burung akan bisa berkicau dengan baik.

Cara Merawat Burung Jalak Nias Bakalan

Ada beberapa hal yang penting untuk di lakukan dalam perawatan burung jalak nias, seperti mengatur pemberian pakan, memandikan, menjemur, menjaga kebersihan kandang dan lain sebagainya.

Namun, jika burung jalak nias rekan-rekan masih baru di pelihara atau baru di beli, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membiasakan terlebih dahulu burung tersebut beradaptasi dengan lingkungan barunya, agar burung menjadi mudah jinak, sehingga proses perawatannya mudah untuk dilakukan.

Lihat Juga : Harga Burung Jalak Nias

  1. Jaga kebersihan kandang

Kesehatan burung merupakan modal utama untuk membuat burung menjadi aktif dan rajin berkicau, maka rajin-rajinlah menjaga keseberihan kandangnya untuk menghindari banyaknya bakteri dan kuman yang ada di kandang yang bisa menyerang kesehatan burung.

Jangan sampai kandang burung jalak nias kotor dan berbau, setiap 2 – 3kali dalam seminggu kandang di bersihkan, ganti pakan dan air minum yang bersih, karena penyakit juga bisa muncul dari pakan dan air minum yang kotor.

download suara burung

  1. Mandi dan jemur jalak Nias

Bukan hanya kandang burung jalak nias yang harus di bersihkan, akan tetapi tubuh burung itu sendiri perlu di rawat dengan cara memandikan dan menjemurnya agar burung jalak nias selalu segar bugar.

Mandikan pada pagi hari burung dimandikan, lalu di angin-anginkan dan setelah itu di jemur secukupnya hingga bulunya kering kembali.

  1. Pemasteran Jalak Nias

Untuk meningkatkan atau melatih kemampuan burung jalak nias lebih bervareatif suara kicauannya, maka burung perlu untuk di master.

Untuk memasternya cukup memutar suara masteran beberapa jam dalam sehari secara rutin, sehingga suara masteran yang sering di putar tersebut bisa di tirukan oleh jalak nias.

Lihat Juga : Suara Burung Jalak Nias

  1. Pakan Jalak Nias

Manajemen pakan pada burung jalak nias juga penting untuk di perhatikan, jika takaran yang di berikan setiap hari tepat, maka bukan membuat menjadi aktif, tapi akan rajin untuk berkicau pula.

  • Burung jalak nias sebaiknya di berikan pakan dari voer juga, dan jika belum terbiasa, maka tinggal latih saja untuk mau mengkonsumsinya. Dan sebaiknya pilih juga, pakan voer dengan kandungan protein yang tinggi
  • Pakan dari ekstrafooding seperti serangga, penting untuk di berikan setiap hari. Anda bisa memberikan 3 ekor ulat hongkong dan 3 ekor jangkrik yang di berikan pada pagi dan sore hari
  • Sediakan selalu pakan seperti pepaya dan pisang setiap harinya, sebagai asupan vitamin untuk burung

Nah, demikianlah tips kali ini kami sampaikan untuk perawatan burung jalak nias yang bisa di terapkan pada jalak nias kesayangan rekan-rekan sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *