suara burung robin

Burung Robin: Suara, Habitat, Mitos, Karakter, Makanan  dan Perawatannya

Posted on

Burung robin atau burung pekik robin (Leiothrix lutea ), tergolong burung yang cukup populer pada jamannya, dan sebagian pembaca mungkin ingin bernostalgia dengan burung ini untuk dipelihara.

Jika di lihat dari silsilahnya, burung robin, masih kerabat dekat dengan burung pancawarna (Leiothrix argentauris).

Pada kesempatan kali ini, Kicaumania.net akan memberikan Informasi seputar burung robin, seperti Mitos, Persebaran, Makanan, Habitat, perbedaan jenis kelamin, Perawatan dan Suara burung, yang sebentar lagi akan anda ketahui penjelasannya di bawah ini.

Mitos Burung Robin

Ketika bicara tentang burung robin, tentunya ada beberapa mitos yang beredar dari negara asalnya, seperti layaknya ikan arwana, dimana burung robin di anggap dapat mendatangkan keburuntungan  bagi yang memeliharanya.

Sehingga, meskipun burung robin memiliki suara yang tidak begitu bagus, namun burung tersebut dipelihara sebagai pembawa keberuntungan, sehingga banyak yang memeliharanya.

Persebaran Burung Robin

Persebaran burung robin terdapat di kawasan Indochina (Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan Laos), China wilayah timur dan selatan, Himalaya, sumatera dan semenanjung malaysia.

dengan berbagai macam mitos yang tersebar dan di percaya oleh etnis tionghoa yang ada di Indonesia dan di mancanegara, termasuk etnis tionghoa yang berada di Amerika dan Eropa, sehingga burung ini digemari juga oleh orang di Amerika dan eropa.

Perbedaan Burung Robin Jantan dan Betina

gambar burung robin jantan dan betina
Gambar burung robin jantan dan betina

Burung robin termasuk burung monoformik, dimana penampilan jantan dan betina sulit di bedaan jenis kelaminnya. Namun, dengan berbagai macam pengalaman kicaumania, hal ini bisa dijadikan cara untuk mengetahui perbedaan jantan dan betina burung robin.

  • Paruh jantan memiliki warna orange yang kemerahan, sedangkan betina memiliki warna paruh yang kekuningan
  • Suara kicauan jantan lebih bervariasi, sedangkan betina bersuara panggilan saja

Karakter Burung Robin

Burung robin memiliki karakter yang suka bersosial, dan bahkan burung robin bisa hidup berdampingan dengan burung lain, seperti burung kenari dan Finch.

Jadi, jika anda suka memelihara beragam burung dalam kandang koloni, maka burung robin bisa menjadi salah satu koleksi burung yang berada di dalam kandang koloni burung anda.

Burung robin yang masih muda memiliki kemampuan menirukan suara burung sejenis dan burung lain, dan bisa dilatih untuk memiliki variasi suara kicauan yang digunakan untuk mengamcam musum, menarik perhatian calon pasangan dan mempertahankan wilayah.

Ketika memasuki masa kawin, burung robin akan lebih agresif dan akan menyerang burung lain yang berada di dekat sarangnya.

Perawatan Burung Robin

Ketika di alam liar, burung robin biasanya mengkonsumsi buah-buahan,dan asupan pakan tambahannya berupa Ekstrafoofing seperti serangga.

Selain itu, burung ini juga ketika malam hari akan saling berdampingan satu sama lainnya, dan ketika pada pagi hari akan memisahkan diri dan bersembunyi di semak-semak.

Maka dari itu, untuk kebutuhan pakan, sebaiknya berikan pakan dari buah-buahan sebagai pakan utama, dan juga pakan serangga untuk menunjang kebutuhan gizinya.

Agar burung tidak bosan dari pakan yang di berikan, maka pemberian buah dilakukan secara bervareasi.

Begitu juga pakan dari serangga, kalian bisa memberikan cacing, ulat hongkong, jangkrik dan serangga kecil lainnya.

Lihat Juga : Harga Burung Robin 

Kumpulan Suara Burung Robin

Masteran Burung Robin Versi 1 | Download

Masteran Burung Robin Versi 2 | Download

Masteran Burung Robin Versi 3 | Download

Robin Pancawarna Versi 1 | Download

Robin Pancawarna Versi 2 | Download

kombinasi burung Robin dan Pancawarna | Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *