Makanan Burung Nuri, Cara Merawat, Hingga Untuk Menjinakannya

Posted on

Makanan Burung Nuri – Siapa sih yang tidak tahu dengan burung peliharaan yang satu ini ? , selain memiliki warna yang indah dan bentuk tubuh yang menarik, suara dari kicauan dari burung ini menjadi daya tarik sendiri, karena dapat menirukan suara burung lainnya dan juga dapat menirukan suara manusia.

Mungkin sebagian dari kita mungkin pernah melihat burung nuri ini jinak dan terlihat akrab dengan pemiliknya dan ketika di perintahkan tertentu dapat menirukannya dengan baik.

Jika temen-temen sekalian ingin memelihara dan membuat burung nuri tersebut menjadi jinak dan menurut apa yang telah di ajarkan, maka membutuhkan tahapan untuk dilakukan agar bisa mendapatkan hasil seperti yang telah diinginkan.

Harga burung nuri tentunya cukup mahal, terlebih lagi burung tersebut sudah jinak dan terlebih memiliki suara kicauan yang baik.

Cara Memelihara Burung Nuri

cara menjinakan burung nuri

Cara menjinakan burung nuri

Cara menjinakan burung nuri, tentunya perlu melakukan tahapan yang rutin, salah satunya sering bercengkrama dengan banyak orang, terutama bagi pemiliknya, agar nantinya sudah terbiasa dengan manusia dan lama-kelamaan menjadi akrab dan menurut pada pemiliknya.

  1. Perhatikan kandang dan Lingkungan

Untuk melakukan perawatan burung nuri, perlu dilakukan karakteristik burung itu sendiri. Jika biasanya burung nuri hidup di alam liar, maka secara perlahan bisa dengan membuat kandang yang cukup luas dan simpan di tempat yang biasa cukup banyak orang.

Dengan terbiasa akan banyak orang, maka lambat laun akan terbiasa, meskipun pada awal di simpan di kandang dan lingkungan baru.

gambar burung nuri

  1. Memandikan Burung Nuri

Seperti manusia, burung nuri membutuhkan mandi setiap harinya untuk menjaga kesehatan,dan membuatnya menjadi segar setelahnya dan membersihkan kotoran yang menempel pada bulunya tersebut.

Untuk memandikannya hingga basah kuyup, bisa dengan mencampurnya dengan anti bakteri untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang akan pada bulunya pada pagi dan sore hari .

Selain itu, ketika burung dimandikan tentunya dapat membuat badannya menjadi dingin, dengan begitu banyak kalori yang dibakar, karena tubuh menyesuaikan diri untuk menghangatkan tubuhnya dan tentunya dapat membuatnya menjadi lapar setelah dimandikan.

gambar nuri pelangi

  1. Pemasteran

Nah, untuk melakukan pemasteran burung nuri sebaiknya lakukan pada saat sudah benar-benar jinak, karena akan mudah untuk menyerap suara kicauan yang nantinya bisa ditirukan.

Setiap burung memang membutuhkan pemasteran suara dari kicaun burung lainnya, karena memiliki banyak manfaat untuk menambah materi suara kicauan, melatih nafas burung nuri dan berbagai macam manfaat lainnya.

Untuk melakukan pemasteran bisa dengan menggunakan suara burung lainnya seperti yang anda inginkan atau menggunakan suara kicauan dari Mp3 yang bisa temn-temen download dinternet.

Makanan Burung Nuri

Untuk merawat burung nuri agar menjadi jinak, bukan hanya melakukan penjelasan di atas, maka tidaklah lengkap dengan memilih makanan yang disukainya atau biasa yang burung nuri konsumsi dan membuatnya jinak.

  1. Pakan Biji-bijian

gambar biji bijian untuk burung

Burung nuri memang menyukai mengkonsumsi makanan dari biji-bijian, meskipun ada beberapa yang tidak menykainya. Karena mungkin burung nuri memiliki paruh yang bengkok, sehingga akan kesulitan untuk mengkonsumsi makanan dari biji-bijian, terutama burung nuri tersebut baru pertama kali mengkonsumsinya.

Supaya terbiasa dan juga mudah memberikan pakan untuk burung nuri, maka bisa dengan membantu dengan menggenggan pakan tersebut secukupnya atau menggunakan tempat pakan yang cukup besar, agar burung nuri bisa memakannya dengan mudah ketika banyak pakan biji-bijian tersebut dalam jumlah banyak.

Adapun makan dari biji-bijian tersebut bisa temn-temen kicaumnia berikan, antara lain adalah : jagung, kacang, beras merah dan makanan dari biji-bijian yang lainnya.

  1. Bubur

gambar bubur buatan untuk burung nuri

Selain itu, pakan yang bisa diberikan adalah dengan memberikan pakan yang sudah dibuburkan dengan cara memblendernya, sehingga mudah untuk di santap oleh burung nuri.

Adapun bahan-bahan untuk membuat yang bisa dibikin adalah, pakan dari biji-bijian dari beras merah, jagung, dan bahan lainnya dari biji-bijian untuk melengkapi gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

  1. Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan untuk kesehatan burung nuri, sehingga bisa membuatnya menjadi lebih aktif dan tentunya menjadikannya rajin untuk berkicau.

Mungkin dalam pemberian pakan tidak mencukupi kebutuhan Vitaminnya, jika di lihat dari tanda-tanda burung kurang sehat, maka bisa berikan asupan tambahan dari suplemen untuk burung untuk melengkapi Gizi yang tidak tercukupi dari pakan yang di berikan.

  1. Pakan Dari Buah Dan Sayur

gambar sayuran dan buah segar untuk burung

Burung nuri juga suka mengkonsumsi pakan dari buah dan sayuran. Manfaat yang di dapatkan untuk burung salah satunya dari pemberian pakan adalah, dapat membantu pertumbuhan bulunya menjadi lebih bersih dan indah dan membuantya menjadi aktif karena kaya akan vitamin dan serat.

Adapun, pakan dari buah dan sayuran ini yang biasa disukai oleh burung nuri antara lain : buah apel, kacang hijau, tomat,kentang, pisang, papaya , brokoli dan pakan sejenis lainnya.

  1. pakan Voer

setiap burung ketika diberikan pakan yang itu-itu saja akan bosen lambat laun, dengan pemberian pakan dari Voer bisa dijadikan pakan lainnya diluar pakan yang seperti pada penjelasan diatas.

Selain itu, kandungan Gizi dari Voer biasanya mengandung beberapa kebutuhan Gizi campuran yang di butuhkan oleh burung nuri. Jika ingin membelinya, maka bisa dengan memperhatikan nilai ginya dari kemasan produknya.

Demikianlah beberapa makanan yang direcomendasikan untuk burung nuri, dan cara merawatnya hingga menjadikannya menjadi jinak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *